Cara Reset Galaxy V Bootloop Mentok Logo, Lupa Pola (PIN)

3 Cara Reset Galaxy V Yang Lupa Pola (PIN),Bootloop Mentok Logo - Bagi anda yang sedang mendapati masalah-masalah berikut pada Samsung Galaxy V seperti : Bootloop, Lupa Pola atau PIN, Lelet dan Aplikasi sering tertutup sendiri silahkan baca panduan ini sampai selesai karena semua masalah tersebut akan dijelaskan selusinya dengan lengkap diartikel ini.

Bootloop merupakan istilah yang ditujukan kepada perangkat android yang bermasalah pada perangkat lunak sistem dengan gejala seperti perangkat gagal masuk (booting) kedalam sistem dengan sempurna tapi hanya sampai logo kemudian restart dan terus berulang.

Cara Reset Galaxy V Bootloop Mentok Logo, Lupa Pola (PIN)

Penyebab dan Cara Mengatasi Hape Android Bootloop

Ada dua tipe bootloop pada ponsel Android Samsung yang harus kamu tahu yaitu : Bootloop ringan dan Berat.

Bootloop ringan mungkin disebabkan masalah antara sistem android itu sendiri dengan hardware, yang sekali lagi mungkin disebabkan perangkat yang terlalu lama sehingga perlu rehat sejenak.

Sedangkan bootloop berat disebabkan karena aktifitas user yang melakukan kesalahan pada saat mengedit sistem android seperti :
  1. Instalasi Firmware yang tidak sempurna karena firmware baru bentrok dengan data system lama
  2. Rooting untuk mendapatkan hak akses perubahan sistem secara penuh
  3. Melakukan Tweak Pada Sistem (memasang Xposed)
  4. Kesalahan pada saat mengedit Build.Prop
  5. Salah dalam memberikan permision pada File System.

Cara1. Istirahatkan Ponsel Androidmu

Cara ini hanya berlaku apabila ponsel android samsung galaxymu mengalami bootloop ringan. Bootloop ringan yang disebabkan perangkat terlalu lelah.

Cara mengistirahatkan ponsel tidak cukup dengan hanya mematikan perangkat, tapi diikuti dengan membuka baterai (jika bisa dibuka) melepaskan SIM Card dan Kartu Memory Eksternal (SD Card) lalu diamkan selama satu jam.

Jika memang benar perangkat Samsung Galaxy milikmu mengalami bootloop ringan,maka setelah semua komponen hape dipasang kembali ponsel akan normal seperti sediakala.

Jika tidak...maka kriteria bootloopnya sudah ada di level berat yang bisa kamu atasi dengan 3 (tiga) cara alternative berikut ini.

Cara 2. WDFS (Wipe Data Factory Reset)

Wipe Data Factory Reset (WDFR) adalah istilah lain dari Setel Ulang Perangkat Ke Pengaturan Pabrik dimana semua pengaturan yang telah kamu buat beserta file, aplikasi, akun yang tertaut dengan aplikasi akan terhapus seperti laiknya hape baru.

Melakukan WDFR selalu direkomendasikan apabila telah melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi karena cara ini akan membersihkan Penyimpanan Sistem dari sampah sistem OS sebelumnya sehingga tidak bentrok yang bisa menyebabkan Bootloop.

Cara Melakukan Wipe Data Factory Reset (WDFR)  

  • Langkah 1. Matikan perangkat lalu masuk Mode Perbaikan (Recovery Mode) dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Home + Volume Atas.
  • Langkah 2. Gunakan tombol volume untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol power untuk memilih salah satu opsi.
  • Langkah 3. Pilihlah opsi WIPE DATA FACTORY RESET yang kemudian dilanjutkan dengan memilih DELETE ALL USER DATA.
  • Langkah 4. Setelah proses pengembalian ke pengaturan pabrik ( opsi delete all user data ) selesai, kembali kemenu utama lalu Restart perangkat dengan memilih menu REBOOT SYSTEM NOW.
  • Langkah 5. Lakukan setting awal perangkat anda seperti laiknya hape baru.

Cara diatas anda lakukan jika didalam perangkat anda belum terinstal Custom Recovery seperti ClockWorkMood atau TWRP.

Jika perangkat anda menggunakan Custom Recovery TWRP, berikut langkah-langkah cara melakukan WDFR...
  • Langkah 1. Matikan perangkat dan masuk ke Sistem Recovery TWRP dengan menekan tombol kombinasi POWER + HOME + VOLUME ATAS.
  • Langkah 2. Pilih menu WIPE yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih opsi FORMAT DATA.
  • Langkah 3. Akan muncul peringatan bahwa aktifitas WIPE DATA akan menghapus semua data didalam perangkat namun abaikan saja lalu swipe tombol kekanan dan tunggu proses selesai.
  • Langkah 4. Setelah itu mulai ulang perangkat dengan milih menu REBOOT -> SYSTEM

Cara 3. Flash Firmware Galaxy V Menggunakan Odin

Untuk dapat menjalankan proses flashing pada perangkat Android Samsung  dengan aman tanpa meninggalkan masalah dibelakang hari pastikan kamu telah melakukan persiapan yang matang dengan menyediakan alat dan bahan seperti :
  • Persiapan 1. Mendownload Firmware yang sesuai dengan Versi PITA DASAR / NOMOR VERSI perangkat Samsung yang akan di Flash ( itu lho yang ada tulisan HXCU / DXU / XXU dll ). Untuk mengetahui versi Pita Dasar buka menu : SETTING -> TENTANG PERANGKAT -> INFORMASI PERANGKAT LUNAK, perhatikan pada VERSI PITA Dasar atau NOMOR VERSI. Ponsel Android dengan PITA DASAR / NOMOR VERSI Firmware HXCU hanya dapat terpasang pada Ponsel dengan Pita Dasar HXCU juga. Jika  memaksakan untuk memasang Firmware yang berbeda, akan terjadi ERROR pada aplikasi Odin.
  • Persiapan 2. Download kemudian instal Driver USB Samsung agar ponsel android bisa terbaca oleh komputer.
  • Persiapan 3. Download aplikasi Odin yang akan membantu kita menginstal Firmware kedalam perangkat Android Samsung .
  • Persiapan 4. Komputer dengan Sistem Operasi Windows, bisa Windows 7, 8 dan 10. Direkomendasikan menggunakan Laptop ketimbang Komputer Desktop untuk menghindari kejadian terhentinya proses Flashing akibat Listrik mati.
  • Persiapan 5. Kabel Data Original bawaan hape yang masih dalam kondisi baik. Hindari menggunakan kabel data milik hape dengan merek yang berbeda. 
  • Persiapan 6. Pastikan daya baterai dalam kondisi 100 % atau setidaknya 60%. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perangkat kehabisan daya pada saat proses pemasangan sistem sedang berjalan.
  • Persiapan 7. Back Up (mencadangkan) file-file penting seperti kontak, video, foto dll ke memory eksternal atau ke harddsik komputer. Meskipun dalam proses flashing nanti tidak akan menghapus data tapi sebagai persiapan saja siapa tahu perangkat mengalami masalah dan perlu di FFR (Format Factory Reset.

Langkah-Langkah Flash Samsung Galaxy V Dengan Odin

  • Langkah 1 : Instal Samsung USB Driver pada komputer. Jika  sudah terinstal Samsung KIES di komputer  maka lewati langkah ini. Driver USB berfungsi agar Sistem Operasi windows dapat membaca ponsel android.
  • Langkah 2 : Sekarang, aktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB lalu centang juga Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas). Sedangkan untuk menampilkan menu opsi pengemban Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).
  • Langkah 3 : Matikan daya perangkat Samsung lalu masuk ke Mode Download dengan cara tekan dan tahan tombol VOLUME BAWAH + HOME + TOMBOL POWER. Pada saat handphone bergetar lepaskan tombol power tapi tetap tekan tombol volume bawah dan home.  
  • Langkah 4 : Pada Download Mode  akan melihat tanda peringatan segitiga berwarna kuning lalu tekan tombol VOLUME ATAS untuk melanjutkan.
  • Langkah 5 : Jalankan program Odin lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer. Tampilan Odin akan tampak seperti gambar berikut :



  • Langkah 6 : Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB dan ID:COM berwarna BIRU. Pada Message Box akan muncul pesan “ADDED” sesaat setelah Ponsel Android tersambung dengan komputer. Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auot Reboot” dan” F. Reset Time “
  • Langkah 7 : Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian pilih file tar.md5 yang telah diekstrak.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari banyak file seperti gambar diatas, perhatikan kode awal file seperti AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. 

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File. Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

  • Langkah 8 : Sekarang, klik pada tombol START di Odin untuk memulai proses Flashing
  • Langkah 9 : Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan kabel USB dari perangkat (selama proses ini, perangkat  akan mengalami restart secara otomatis).

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi terbaru pada perangkan .

Apabila setelah instalasi melakukan Wipe Data Factory Reset (WDFR) kamu akan melakukan SET UP awal seperti layaknya hape baru. Jika tidak sistem akan langsung masuk kemenu utama dengan akun dan aplikasi yang sebelumnya ada di perangkat .

Wipe Data Factory Reset (WDFR) diperlukan untuk membersihkan Sistem Android baru dari sisa-sisa sistem yang lama agar tidak bentrok sehingga muncul masalah baru seperti kembali mengalami Bootloop.

Belum ada Komentar untuk "Cara Reset Galaxy V Bootloop Mentok Logo, Lupa Pola (PIN)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close