Samsung J4 Plus 2018 SM-J415, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2019

Samsung Galaxy J4+ 2018 SM-J415. Kali ini akan dibahas tentang spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy J4+ 2018 SM-J415 serta daftar kelebihan yang membuat perangkat ini berbeda serta punya nilai plus dibanding saudaranya Galaxy J4 biasa.

Dan tidak lupa, ada informasi harga terkini Samsung J4+ tahun 2019 yang didapat dari beberapa situs jual beli online terkenal seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak.

Spesifikasi Samsung J4 Plus 2018 SM-J415

  • Layar : 6.0”, Panel IPS LCD , Aspek Rasio 18:9
  • Resolusi Layar : HD+ 1480 x 720, 274 PPI
  • SoC : Qualcomm Snapdragon 425 Quadcore 1.4 GHz ARM Cortex A53
  • GPU : Adreno 308
  • Memori Penyimpanan : 16 dan 32 GB
  • RAM : 2 GB LPDDR3
  • Kamera : Utama 13 MP, Selfie 5 MP
  • Baterai : 3300 mAH
  • Versi Android : Oreo 8.0
  • Ketersediaan Port : Port Micro USB 2.0, Port Audiojack 3.5 mm
  • Konektifitas Nirkabel : Wifi 802.11 b/g/n 2.4G, Bluetooth® v 4.2,ANT+
  • Sensor : Accelerometer, Proximity, Light Sensor, GPS, Glonass

Review Samsung Galaxy J4 Plus 2018 SM-J415

Samsung merilis Galaxy J4 Plus pada bulan Septermber 2018 secara global. Smartphone Samsung Generasi terakhir dari seri J ini hadir dengan banyak keunikan serta hal baru yang menarik untuk dibahas, terutama dari segi spesifikasi.

Secara konsep memang Samsung Galaxy J4+ 2018 SM-J415 sangat pas diberi julukan ponsel multimedia terbaik. Hal ini didukung oleh  spesifikasi utama seperti layar dan kualitas audio yang mumpuni . Mari kita bahas satu-persatu.

Pertama, Yang sangat menarik untuk dibahas tentu saja layarnya. Samsung Galaxy J4 plus hadir dengan layar seluas 6 inci. Desain layarnya sendiri sudah full view dengan aspek rasion 18:9 dan resolusi HD+.

Samsung J4 Plus 2018 SM-J415, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2019


Desain full view pada Samsung J4+ mengakibatkan hilangnya tombol fisik lalu diganti dengan tombol navigasi virtual pada layar yang dapat menutup sendiri secara otomatis saat kita menjalankan aplikasi tertentu .

Desain full view ini memungkinkan bezel dikedua belah sisi dibuat jadi lebih tipis. Sehingga  pandangan mata jadi lebih luas, terutama saat hape dipakai untuk memutar konten multimedia.

Menikmati konten multimedia di Samsung J4 Plus bakalan jadi lebih seru. Sebab, walaupun posisi  pandang tidak terlalu ditengah, gambar masih dapat dilihat dengan jelas dan tajam.

Semua ini berkat penggunaan panel IPS LCD pada Samsung J4+ . Panel IPS selain punya sudut pandang lebih luas, juga mampu menghasilkan gambar tajam sebab reproduksi warna dari panel IPS lebih banyak dibanding panel TFT yang dipakai ponsel android generasi sebelumnya.

satu hal lagi, kontras rasio warna gelap yang dihasilkan dari panel IPS juga lebih baik namun  menghabiskan daya lebih sedikit dibandingkan panel TFTsehingga daya pada baterai tidak cepat habis meski digunakan menonton video seharian.

Menikmati konten multimedia tanpa dibarengi dengan audio yang bagus seperti pakai baju tanpa celana. Walau perumpamaannya kurang pas, tetapi  hal itu sedikit mempresentasikan betapa pentingnya keberadaan audio yang berkualitas pada smartphone android.

Samsung Galaxy J4+ hadir dengan audio berkualitas Dolby Atmos. Saat menyebut Dolby, anda pasti sudah membayangkan bagaimana enaknya mendengarkan playslist musik anda diperjalanan.

Tetapi perlu anda ingat, jika mendengarkan musik saat mengemudi dan naik motor itu dilarang. Jadi jangan salahkan Samsung atau fihak Dolby bila anda ditilang polisi saat ketahuan mendengarkan musik sambil berkendara.

Satu hal lagi, audio berkualitas dolby ini hanya akan aktif bila anda menggunakan headset baik itu kabel dan nirkabel yang mendukung dolby atmos dan mengaktifkan fitur tersebut dipengaturan perangkat.

Performa SoC Samsung Galaxy J4+

Untuk urusan tenaga, Samsung Galaxy J4+ dibekali dengan SoC dari qualcomm yakni snapdragon 425. Secara umum SoC ini cukup bertenaga untuk menjalankan aplikasi harian. SoC yang dipakai Samsung J4+ ini ternyata berbeda dengan yang digunakan saudaranya Samsung J4 biasa yang ternyata menggunakan SoC Exynos.

Berikut adalah spesifikasi Snapdragon 425

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 425 

Gambar Snapdragon 425

  • CPU : Quadcore (4) CPU ARM Cortex A53 berkecepatan 1.4 GHz.
  • GPU : Adreno 308
  • Modem : Qualcom X6 LTE Cat 4 dengan Downlink hingga 150 Mbps dan Downlink 75 Mbps
  • ISP : mendukung kamera 16 MP 
  • DSP : qualcomm Hexagon DSP
  • Wi-Fi  dan Bluetooth: 802.11ac Wave 2, 802.11a/b/g, 802.11n ; Bluetooth 4.1
  • Penyimpanan :eMMC 5.1

*Spesifikasi yang ada di SoC tidak selalu sama saat diterapkan di hape, tujuannya agar harga produk dijual lebih terjangkau.

Dari data spesifikasi Snapdragon 425 diatas, diketahui jika SoC ini hanya memiliki core sejumlah empat yang dibangun dengan rangkaian CPU ARM Cortex A53 murni tanpa mendapatkan custom Core seperti Qualcom Kryo atau rangkaian arsitektur core pintar big.LITTLe bawaan ARM.

Dengan arsitektur core yang dimiliki, perangkat dengan dengan Snapdragon 425 SANGAT BISA diandalkan untuk menghandle apliksi yang umum digunakan pengguna smartphone android saat ini seperti aplikasi Chating , sosial media dan browser internet.

Sedangkan untuk penggunaan gaming 3D yang membutuhkan banyak tenaga CPU, GPU dan memori sebaiknya anda tidak berekspektasi terlalu tinggi. Fabrikasi yang masih 28 nanometer tergolong cukup cepat mengalami peningkatan suhu sehingga memaksa sistem menurunkan laju CPU guna menghindari Overheat.

Pengolah grafis yang bertanggung jawab atas tampilan gambar yang kita lihat dilayar diserahkan kepada Adreno 308 yang secara tenaga hanya mentok diangka 400/450 Mhz.

Analisa diatas dibuktikan pula dengan skor Antutu yang didapat dari Samsung J4+ yang mana hanya mendapatkan skor 35.620. sialnya, angka yang didapat J4+ masih lebih rendah dibandingkan dengan Redmi 4A yang sama-sama menggunakan Snapdragon 425 dan RAM yang sama yakni 43.689.

Optimalisasi pada sistem yang diberikan pada Redmi 4A dengan MIUI-nya menjadi pembeda yang menyebabkan Redmi 4A unggul saat di test menggunakan Antutu.

Kualitas Kamera Samsung Galaxy J4+

Bagus tidaknya foto yang dihasilkan kamera pada smartphone android dipengaruhi oleh kualitas dari lemen  lensa dan ISP yang digunakan.

Samsung J4+ sendiri memiliki kamera utama (belakang) beresolusi 13 MP yang juga dilengkapi dengan LED Flash untuk membantu mengambil gambar pada kondisi kurang cahaya.

ISP yang merupakan prosesor yang memproses gambar dari kamera akan membantu memetakan posisi objek dengan algoritma khusus dan menentukan titik fokus ideal supaya gambar yang dihasilkan sempurna.

Secara kualitas, ISP dari qualcomm yang ditanamkan pada Chipset Snapdragon 425 ini cukup baik. Mendukung pengambilan gambar diberbagai kondisi.

Kamera belakangnya sendiri memiliki bukaan cukup besar yakni f/1.9 dan f/2.0 pada kamera depan. Aperture besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke lensa untuk mempercerah gambar hasil jepretan.

Karena menyasar anak muda yang suka fotografi, Samsung memberi perhatian khusus pada aplikasi kamera . Didalamnya telah ditambahkan beragam Mode dan Filter yang dapat memacu kreatifitas pengguna untuk menghasilkan foto terbaik.

Ada Mode Focus untuk menghasilkan gambar Bokeh, opsi penggunaan Filter untuk berbagai situasi, penambahan Sticker lucu secara langsung dari kamera tanpa memperlukan aplikasi fihak ketiga.

Kamera depan yang beresolusi 5 MP tidak ketinggalan pula dibekali samsung dengan fitur menarik yang tidak ditemukan di ponsel merek lain direntang harga yang sama.

Fitur yang dimaksud adalah LED Flash Tiga Level untuk mengambil foto pada saat kondisi cahaya minim. Anda bisa menentukan tingkatan Level cahaya dari LED Flash sesuai keinginan.

Dan yang tidak kalah keren, ada Floating Shutter yang memudahkan mengambil gambar. Posisinya bisa anda atur sesuai keinginan dan mudah dijangkau jari anda.

Gambar fitur Kamera J4+


Satu hal lagi...

Anda kini bisa mengaktifkan perangkat cukup dengan memandang kearah kamera selfie. Samsung J4 Plus 2018 SM-J415 dilengkapi dengan sensor pemindai wajah berkat dukungan DSP Hexagon dari Qualcomm.

Sensor ini dapat memindai ratusan titik wajah secara akurat sehingga orang tidak bisa menggunakan hape atau menyalin file penting di memori hape anda tanpa izin.

Merekam video untuk dokumentasi wisata juga tidak masalah sebab baik kamera depan dan belakang mampu merekam video dengan resolusi Full HD 30fps.

Sayangnya, kamera utama Samsung J4 Plus 2018 SM-J415 tidak memiliki sensor OIS yang membantuk menstabilkan gambar pada saat perekaman video.

Memori Penyimpanan 

Samsung merilis Galaxy J4+ dalam beberapa varian RAM dan ruang penyimpanan. Ada varian 2/16, 2/32 dan 3/32. Selisih harga antar varian sekitar seratus ribuan, sehingga saat membeli SamsungJ4+ akan lebih baik bila anda memilih varian dengan memori lebih besar ketimbang yang pas-pasan seperti 16 GB lalu memasang SD Card.

Berbicara tentang SD Card, Samsung memberikan opsi Upgrade ruang penyimpanan hingga 1 TB  bila anda merasa memori simpan yang ada dirasa tidak cukup. Tipe memori eksternal yang digunakan Micro SD.

Slot Micro SD Samsung J4+ itu dedicated, bukan tipe Hybrid yang harus mengorbankan salah satu SIM Card bila ingin pasang memori eksternal.

Perangkat Lunak Android Samsung J4+

Samsung Galaxy J4+ dari pabriknya sudah menjalankan Android 8.0 Oreo yang sudah sangat baik dalam memberi kenyamanan penggunaan dan optimalisasi hardware. Android Oreo yang dijalankan bukan Stock tetapi dibalut antarmuka khas Samsung.

Pada tanggal 27 Juni 2019 lalu Samsung merilis resmi pembaruan perangkat lunak Sistem untuk Galaxy J4+ sehingga versi androidnya naik menjadi 9 (Android Pie) dengan balutan One UI.

Gambar Firmware Android J4+


Cara melakukan pembaruan sistem bisa lewat menu Pengaturan / Tentang Ponsel. Anda bisa langsung mendownload pembaruan sistem yang diberikan dari perangkat. Ukuran file update biasanya lebih dari 1,5 GB sehingga pastikan tersedia koneksi internet yang cepat dan stabil.

Selengkapnya tentang pembaruan sistem ke Android Pie pada ponsel Samsung Galaxy dapat anda baca di Artikel ini.

Yang menarik dari pembaruan sistem ini adalah adanya beberapa fitur baru seperti Night Mode (Mode Malam) dan Gesture.

Dark Mode yang dipopulerkan Google mulai diterapkan mitra-mitranya seperti Samsung, tetapi dengan istilah dan konfigurasi yang berbeda. Anda bisa mengubah tampilan sistem menjadi gelap dengan mengakses pengaturan tema.

Selain menjadi hal baru di hape samsung, mode malam ini membantu mengurangi penggunaan daya secara signifikan. Berbicara mengenai baterai, Samsung Galaxy J4+ ditenagai 3300 mAH tipe Non Removable yang bisa bertahan seharian penuh.

Beralih dari tombol fisik ke tombol virtual pastinya butuh adaptasi yang tidak terlalu sulit sebab hanya peletakannya saja yang berbeda. Bila ingin lebih kekinian anda bisa mencoba navigasi dengan cara Gesture yang lebih mudah.

Navigasi Mode Gesture ini hanya menggunakan tiga jari untuk membuka layar, gerakan menggesek untuk kembali ke home, mengakses ulang, dan kembali juga.

Fitur ini tidak benar-benar sempurna, tetapi sangat intuitif tentunya. Plus, anda masih dapat menggunakan tombol home yang sensitif terhadap tekanan atau sentuhan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J4 Plus 2018

Kelebihan Samsung J4+ 2018

  1. Ukuran layar luas kekinian untuk multimedia
  2. Menjalankan versi android terkini 
  3. Kamera punya dual flash untuk pengambilan gambar pada ruangan minim cahaya
  4. Support OTG untuk transfer file dari atau ke flashdisk
  5. Kamera punya banyak mode dan filter menarik
  6. Kualitas audio sangat baik dengan Dolby Atmos
  7. Punya Dedicated Micro SD dan mendukung eksternal memori hingga 1 TB
  8. Daya tahan baterai tinggi
  9. Tidak ada Notch

Kekurangan Samsung J4+ 2018

  1. Kamera Utama Tidak Memiliki OIS Untuk Menstabilkan Gambar
  2. CPU Masih Quadcore sehingga tidak cocok untuk game berat dengan resolusi tinggi
  3. Tidak Punya Sensor Gyro
  4. Tanpa Perlindungan Layar Gorilla Glass

Harga Samsung Galaxy J4 Plus 2018 Tahun 2019 

Berikut adalah daftar harga Samsung Galaxy J4+ 2018 Baru dibeberapa situs belanja online :
  • Lazada : Rp.1.700.000 s/d Rp.1.799.000 (Varian 2/32)
  • Tokopedia : Rp.1.550.000 s/d Rp.1.685.000 (Varian 2/32)
  • Bukalapak : Rp.1.680.000 s/d Rp.1.800.000 (Variaon 2/32)

0 komentar:

Posting Komentar

close