Samsung J2 Core SM-J260F, Spesifikasi dan Kelebihan

Samsung J2 Core – Tingginya permintaan akan produk smartphone android murah di negara Berflower seperti India dan Indonesia membuat google segera menyusun project baru dengan menggandeng pabrikan ponsel ternama seperti Samsung dan Xiaomi.

Buah hasil dari kerjasama Google dan Samsung memunculkan produk smartphone 1 jutaan seperti Samsung J2 Core SM-J260F.

Dengan mengusung Android Go Edition sebagai sistem operasinya, ponsel android murah ini diharapkan dapat mengisi celah pasar yang sangat potensial dan belum tergarap dengan baik.

Target marketing dari projek kerjasama Google dan pabrikan ini menyasar UKM yang aktifitasnya berkutat di aplikasi komunikasi seperti WhatsApp dan Facebook untuk keperluan promosi dan transaksi produk.

Lalu seperti apa spesifikasi yang diusung Samsung J2 Core SM-J260F...? berikut ulasannya...!

Spesifikasi Samsung J2 Core SM-J260F 

  • Body : Bar, Plastik
  • Layar : PLS TFT 5 inci, Resolusi 540x960, Aspek Rasio 16:9, 220 PPI, Corning Gorilla Glass
  • Chipset : Samsung Exynos 7570 Quadcore ARM Cortex A53 1.4 GHz, Mali-T720 650 MHz
  • Memori Penyimpanan : 8 GB, Slot Memori Terdedikasi tipe Micro SD Hingga 256 GB
  • RAM : 1 GB LPDDR3
  • Kamera : 8 MP f/2.2 dan 5 MP f/2.2
  • Baterai : 2600 mAH
  • Sensor : Acceleromoter, Proximity, Light
  • Kelengkapan Port : USB tipe Micro V.2.0, Audiojack 3.5 mm
  • Perangkat Lunak Android : Android Oreo Go Edition
  • Konektifitas  : WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot ; Bluetooth 4.2, A2DP ; GPS, with A-GPS, GLONASS, BDS ; FM radio

Review Samsung Galaxy J2 Core SM-J260F

Samsung J2 Core SM-J260F

Samsung J2 Core mempunyai layar seluar 5 inci beresolusi 540x960 dengan kerapatan layar 220 PPI. Panel layar yang digunakan adalah PLS TFT.

Mendengar ada hape keluaran terbaru yang masih menggunakan panel layar TFT, dalam fikiran pengguna awam langsung terbayang hape boros daya, kualitas tampilan gambar rendah, sudut pandang terbatas dan body hape tebal.

Apakah benar Samsung J2 Core demikian...?

Jawabannya salah...!

Apa Itu Layar Panel PLS TFT...?

Layar PLS adalah panel layar yang dikembangkan dan diproduksi oleh Samsung dengan memanfaatkan teknologi Thin Film Transistor (TFT) . Panel PLS ini diproyeksikan sebagai pesaing panel IPS milik LG.

Secara kemampuan, panel PLS dan IPS kurang lebih sama, baik itu dari akurasi warna dan reproduksi warnanya, kontras rasio serta sudut pandang. Yang membuat PLS unggul adalah ongkos biaya produksinya yang lebih murah dari IPS sehingga kedepannya mungkin bakalan banyak pabrikan yang menggunakan layar PLS.

Casing belakang dari Samsung J2 Core terbuat dari   plastik, bukan body metal seperti ponsel Samsung kebanyakan. Pertimbangannya mungkin untuk menekan biaya produksi sehingga hape ini bisa dijual dengan harga lebih terjangkau.

Layarnya menggunakan pelindung Gorilla Glass. Namun yang bikin KEZEL itu tidak ada informasi yang jelas Gorilla Glass versi berapa yang digunakan.

Beralih ke sektor dapur pacu...

Exynos 7570
Chipset Exynos 7570 1.4 GHz

SoC Exynos 7570 lagi-lagi digunakan Samsung di dibeberapa produk Smartphone kelas Entry Levelnya seperti  Galaxy J2 Core dan SM-J400F yang sudah dibahas sebelumnya. Chipset yang dibangun dengan fabrikasi 14 nanometer ini memiliki 4 Core ARM Cortex A53 berkecepatan 1.4 GHz.

Samsung memberi penjelasan jika Exynos 7570 dengan desain fisik yang lebih kecil dapat menekan penggunaan daya hingga 30% dan peningkatan performa meningkat hingga 70%. Sebagai pengolah grafisnya masih menggunakan GPU bawaan dari ARM yakni Mali T720 650 MHz.

Untuk urusan performa,  Samsung J2 Core SM-J260F dengan SoC Exynos 7570 berhasil memberikan poin maksimal dengan meraih skor yang cukup impresif lewat hasil pengujian aplikasi Antutu dimana ponsel ini meraih 36.000 poin.

Hebatnya, skor yang didapat dari J2 Core hanya terpaut 1000 poin dari Samsung Galaxy J4 yang spesifikasi hardware lebih tinggi seperti pada RAM, Resolusi Layar, Penyimpanan dll.

SoC Exynos 7570 telah terintegrasi dengan konektifitas lengkap seperti Modem dengan dukungan LTE CAT 4 yang menghasilkan Downlink hingga 150 MBPS dan Uplink 75 MBPS. Selain itu, sudah terintegrasi pula Sistem Kemanan, Sistem Multimedia dan konektifitas Nirkabel lain seperti Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi 802.11 b/g/n standar.

Bila memperhatikan trend produk smartphone android terkini, spesifikasi yang diusung semakin menggila. Mulai dari RAM, Layar dan Resolusi, serta Ruang Penyimpanan yang disediakan sudah melebihi spesifikasi yang diusung sebuah PC. Harganya pun semakin mahal dari waktu ke waktu.

Kondisi ini sebenarnya dipengaruhi juga oleh kebutuhan spesifikasi hardware sistem android itu sendiri yang makin meningkat pada tiap edisinya.

Peningkatan standar spesifikasi tersebut bertujuan agar bisa menopang tampilan UI Android yang semakin kesini makin menarik dengan animasi disegala sudut yang sudah pasti butuh tenaga lebih untuk meloadnya dengan sempurna.

Google melakukan terobosan dengan menekan penggunaan memori sehingga sebuah perangkat smartphone android dengan Sistem Operasi yang dapat berjalan mulus meski hanya menggunakan RAM minimal 512 MB.

Samsung J2 Core sendiri memiliki RAM sejumlah 1 GB LPDDR3 dan ruang penyimpanan 8 GB.

Spesifikasi ini mirip-mirip produk kelas menengah Samsung disekitaran tahun 2013. Namun yang membuat beda adalah Sistem Operasi Android yang dijalankan yakni Android Go Edition.

Apa pula itu Android Go Edition...?

Android Oreo Go Edition

Android Go Edition
Android Oreo Versi Go

Android Go Edition yang dijalankan Samsung J2 Core adalah versi ringan dari Android Oreo yang merupakan generasi ke 8 Android. Perbedaan mendasar dari Sistem Operasi ini adalah ukuran dan kebutuhan sistem yang lebih sedikit dari Android standar.

Perangkat dengan OS ini tidak memerlukan ruang penyimpanan yang terlalu besar sebab Google menekan konsumsi memori hingga 50% lebih hemat.

Taktik penghematan yang dilakukan adalah dengan mereduksi fitur yang tidak perlu kemudian mengganti aplikasi bawaan Google sepeti : Browser, Email, Maps, Youtube dll dengan aplikasi versi Go yang ukurannya hanya beberapa MB, bahkan ada yang ratusan KB.

Jadi meski kapasitas memori internal  yang dimiliki Samsung J2 Core cuma 8 GB, kapasitas ruang untuk menyimpan file /data terasa bertambah lebih banyak. Dengan kemampuan ini pengguna tidak perlu lagi memasang memori tambahan yang mengakibatkan ada tambahan biaya didalamnya.

Walau demikian, Samsung tetap menyediakan slot memori ekspansi tipe Micro SD terdedikasi bagi yang ingin meningkatkan jumlah ruang penyimpanan hingga 256 GB.

Begitu pula dengan RAM, Android Go Edition berbasis Oreo ini punya keunggulan pada penggunaan RAM minim dengan menekan pemakaian RAM dari aplikasi yang jarang digunakan.

Sistem juga dapat mempelajari perilaku pengguna dan dapat memprioritaskan alokasi RAM hanya untuk aplikasi yang rutin digunakan.

Gambar Fitur Android Go Edition
Kelebihan Android Go Edition


Beralih ke sektor kamera dimana Samsung J2 Core dibekali dengan kamera utama beresolusi 8 MP.

Kamera utama ini telah dilengkapi dengan LED flash untuk memberi tambahan cahaya saat mengambil gambar didalam ruangan dengan intesitas cahaya minim.

Kamera utama punya fitur Panorma dan HDR serta dapat merekam video dengan resolusi 1080P 30FPS. Walaupun cukup disayangkan kamera yang digunakan tidak dilengkapi dengan OIS yang bisa memabantu menstabilkan gambar saat perekaman video.

Untuk kamera depannya sendiri beresolusi 5 MP dengan aperture sama seperti kamera belakang yakni f/2.2. Hasil foto yang didapat dengan kamera depan terbilang standar dimana fitur yang diberikan standar saja.

Alasannya mungkin karena J2 Core merupakan produk hape murah, dan target pasarnya pengguna biasa yang tidak terlalu dipusingkan dengan masalah teknis semisal spek kamera. Asal bisa foto masalah beres.

Konektifitas dan Jaringan

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Wifi : Wifi 802.11 b/g/n dengan fitur dukungan utama seperti Wifi Direct dan Hotspot
  • Bluetooth : 4.2 yang mendukung fungsi A2DP untuk streaming Audio berkualitas stereo keperangkat keras audio lain.
  • Sensor : Ligth Sensor, Proximity, Accelerometer
  • GPS : GPS, Glonass, BDS
  • USB : Micro USB tipe 2.0 untuk pengisian daya dan mendukung USB On The Go (OTG)

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J2 Core

Kelebihan Samsung J2 Core

  1. Layar 5 inci berpanel PLS TFT yang cukup luas menampilkan beragam konten multimedia dengan baik serta sudut pandang luas dan warna tajam
  2. Chipset Exynos 7570 cukup bertenaga menjalankan aplikasi harian (bukan gameHD) serta mempunyai kemampuan hemat daya tinggi
  3. Tersedia slot memori ekspansi terdedikasi hingga 256 GB tipe Micro SD
  4. Sudah menjalankan Android Oreo Go Edition yang rencananya bisa upgrade ke Android Pie
  5. Minim Bloatware yang memakan banyak memori penyimpanan
  6. Jaringan sudah mendukung 4G LTE Category 4 dengan Downlink 150 MBPS
  7. Mendukung penggunaan USB OTG untuk transfer file langsug ke Flashdisk lewat adapter atau flashdisk tipe Micro USB
  8. Kamera punya fitur HDR yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas gambar tajam meski didalam kondisi minim cahaya.

Kekurangan Samsung J2 Core

  1. Bodi plastik sehingga kelihatan murahnya
  2. Spesifikasi pelindung layar Gorilla Glass yang digunakan tidak jelas versinya
  3. Baterai hanya berkapasitas 2600 mAH
  4. Kamera tidak dilengkapi dengan OIS
  5. Fitur kamera standar saja.
  6. Tidak pilihan spesifikasi 

Harga Samsung J2 Core SM-J260F (2019)

Samsung Galaxy J2 Core SM0J260F hadir dengan 3 pilihan warna menarik yakni : Hitam, Emas dan Lavender. Sedangkan untuk harganya sendiri bervariasi tergantung Toko yang menyediakan.

Dari hasil penelusuran di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan BliBli.com berikut perkiraan harga Samsung J2 Core terbaru ditahun ini.
  • Tokopedia : Rp.990.000
  • Bukalapak : Rp.1.000.000 
  • BliBli.com : Rp.1.225.000
  • Lazada : Rp.1.018.000
*Harga hanya dapat berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan.

0 komentar:

Posting Komentar

close