Pengalaman Seru Lacak Hape Android Hilang Hingga Ketemu Secara Online

Pengalaman Seru Lacak Hape Android Hilang Hingga Ketemu Secara Online

Kali ini saya mau bagikan pengalaman seru melacak hape android hilang secara online sampai ketemu yang kejadiannya kurang lebih dua minggu yang lalu.

Sebenarnya bukan hape saya, tapi hape adik yang mereknya Samsung J7 Pro dan saya ikut menemaninya mencari hape tersebut hingga jam 1 pagi sampai ketemu dengan bantuan GPS.

Menurut keterangan adik saya, hape tersebut jatuh entah dimana. Yang jelas yang punya baru sadar hapenya tidak ada saat akan mengisi ulang daya (Ngecharge) sekitar jam 21:00.

Karena pukul 19:00 adik saya sudah kerumah, dia menelepon menggunakan nomor suaminya dan menanyakan apakah hapenya ketinggalan dirumah.

Setelah saya cari diruang tamu dan halaman depan rumah, saya bilang sama adik saya kalau hapenya tidak jatuh atau ketinggalan disini. Supaya lebih jelas, saya minta dia kerumah saja supaya kita lacaknya lewat satelite via Google Find My Device.

Singkat cerita dia datang dengan wajah was-was sebab hape tersebut merupakan fasilitas utama yang dia punya untuk mempromosikan dagangannya.

Memang sih bisa beli baru dan nomor hape yang sama, namun yang namanya barang hasil keringat sendiri tentu rasa kehilangannya beda sama yang diberikan orangtua.

Setelah mencari informasi secara online, ternyata google punya fitur Find My Device yang berfungsi melacak hape yang hilang lewat aplikasi Maps.

Dari keterangan adik saya, dia sudah mencoba menghubungi nomor hape yang ada di ponsel android tersebut hingga lebih 50 kali dan nyambung tapi tidak pernah diangkat.

Tapi saya melarangnya menelpon nomor tersebut kembali karena takutnya nanti baterainya habis sebab bakalan sulit untuk melacaknya lagi.

Cara Menemukan Hape Android Yang Hilang Dengan Gmail

Lacak Hape Android Hilang

Untungnya adik saya termasuk orang yang concern terhadap keamanan hape, dimana dia mengaktifkan  sistem pengunci  layar Sebagai informasi, perangkat Samsung yang dikunci layarnya akan meminta PIN saat akan dimatikan kecuali panggilan.

Terimakasih Samsung...!

Untuk menemukan hape yang hilang ada syaratnya seperti :

1. Mengetahui Akun Gmail dan Password Yang Dicantumkan Diperangkat

Karena pada setup hape pertamakali adik saya ini bikin emailnya sembarangan. Makanya saat login ke akunnya lewat hape saya, dia salah memasukkan password hingga beberapakali.

Makanya bagi anda yang beli hape baru jangan lupa untuk mencatat email yang digunakan untuk aktifasi supaya kejadian seperti yang adik saya alami tidak menimpa anda.

2. Data Seluler dan GPS Aktif

Sebagai seorang pedagang yang jualan via FB adik saya selalu mengaktifkan data seluler guna memudahkan pembeli melakukan pemesanan atau sekedar tanya harga lewat Mesenger. Untungnya saat hapenya hilang data seluler dalam kondisi aktif sehingga kita bisa melacaknya dengan GPS lewat aplikasi Google Find My Device.

3. Perangkat Masih Hidup

Saya akhirnya mengerti mengapa produsen hape android sekarang ini tidak lagi membuat produk yang baterainya bisa dilepas. Hal tersebut terasa sekali manfaatnya ketika mengalami kejadian yang saya ceritakan ini.

Seandainya baterai hape Samsung J7 Pro tersebut bukan hape tanam, orang yang menemukannya tinggal melepas baterai dan mereset sistemnya kalau memang berniat tidak mengembalikan.

Untuk melacak hape android yang hilang buka Find My Device lewat Browser . Bisa pakai Hape android lain atau dari komputer yang terkoneksi internet tentunya.

Masukkan email dan password lalu verifikasi jika diminta. Setelah syarat yang saya sebut tadi lengkap maka Google langsung dapat menemukan lokasi perangkat saat itu juga.

Pada halaman utama Google Find My Device ada tersedia 3 (tiga) pilihan yakni : PUTAR SUARA, AMANKAN PERANGKAT, dan HAPUS PERANGKAT.

Tetapi saya langsung menekan logo ponsel hijau pada peta yang kemudian mengarahkan kita ke Google Maps. Disana  kita tinggal mencari petunjuk arah kelokasi dimana hape tersebut berada.

 Lacak Hape Android Hilang
Tanda Hijau Menunjukkan Lokasi Hape

Dan setelah melakukan pencarian selama  25 menit akhirnya sampai juga dilokasi dimana hape yang hilang itu terdeteksi seperti yang ditunjukkan oleh Google Maps.

Yang bikin tegang itu ternyata lokasinya disebuah rumah sementara waktu sudah menunjukkan pukul 000:15. Karena masih rejeki yang punya, hape Samsung J7 Pro yang hilang masih berada di sekitar Kelurahan jadi masih tahu orang yang punya rumah meski tidak kenal betul.

Saya coba salam sampai lima kali dan yang empunya rumah keluar. Kebetulan yang keluar suaminya. Saya jelaskan masalahnya dan saya sempat minder sebab suaminya bilang tidak tahu menahu soal hape sebab dia baru pulang katanya.

Saya jelaskan pelan-pelan dengan memperlihatkan Google Maps yang menunjukkan lokasi hape dan lokasinya tepat dirumahnya. Namun si suami ini sepertinya sudah mau ngotot tidak tahu menahu tentang masalah hape yang saya tanyakan.

Saya coba klik tombol putar suara yang ada dimenu Google Find My Device tapi tidak ada suaranya terdengar sampai keluar. Adik saya memutuskan melakukan panggilan hingga beberapakali sampai...

Dari dalam rumah tiba-tiba keluar istrinya dengan membawa hape Samsung J7 Pro....

Ini dek hapenya katanya dengan nada agak malu dan dia beralasan tidak mau angkat panggilannya sebab takut. Padahal kalau kita berniat balikin hape mengapa harus takut ya gumamku dalam hati.

Mempersingkat waktu saya terima Samsung J7 Pro yang baterainya sudah tinggal 2%. Karena sudah larut malam dan takutnya nanti pemilik rumah tersinggung saya dan adik saya pamit pulang dengan lega.

Pesan Yang Ingin Saya Sampaikan Dari Pengalaman Ini

  1. Saat Setup akun (Gmail) pertama kali pada hape android catat alamat dan passwordnya dan verifikasi dengan nomor hape lain.
  2. Jangan suka gonta ganti email supaya mudah melacaknya dengan Gmail secara online.
  3. Selalu aktifkan sistem keamanan hape anda misalnya Pemindai Sidik Jari, Kunci Layar dengan PIN, Pola atau Password.
  4. Aktifkan Data Seluler selalu dan GPS agar memudahkan melacaknya jika nanti hilang atau jatuh. 

0 komentar:

Posting Komentar

close