β Supaya Komputer Desktop Bisa Menangkap Sinyal Wi-Fi

Supaya Komputer Desktop Bisa Menangkap Sinyal Wi-Fi

Laptop punya banyak Kelebihan dibanding perangkat komputer desktop (PC) seperti ukurannya yang lebih ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, Laptop punya kemampuan menangkap sinyal Wi-Fi langsung. Sedangkan komputer desktop memerlukan perangkat keras tambahan.

Meski saat ini sudah ada Motherboard keluaran terbaru yang memiliki kemampuan menangkap sinyal Wi-Fi. Namun sayangnya fitur tersebut hanya tersedia pada produk Motherboard kelas atas saja yang harganya jutaaan.

Nah...supaya komputer desktop dengan Motherboard biasa (murah) juga bisa menagkap sinyal Wi-Fi kita perlu memasang komponen tambahan yang dinamakan Wi-Fi Adapter. Apa itu Wi-Fi Adapter...?

Pengertian Wi-Fi Adapter Untuk PC

Wi-Fi Adapter adalah komponen perangkat keras jaringan yang berfungsi memancarkan, membagi dan menerima sinyal Wi-Fi. Artinya, selain dapat menerima sinyal Wi-Fi, perangkat ini juga dapat memancarkan sinyal Wi-Fi keperangkat lain.

Secara umum, Wi-Fi Adapter berdasarkan peruntukannya dibedakan menjadi dua yakni Wi-Fi Adapter untuk komputer Desktop dan Wi-Fi Adapter untuk perangkat mobile seperti : Laptop dan Smartphone.

Wi-Fi Adapter pada perangkat mobile biasanya sudah langsung terpasang didalam Motherboard. Sedangkan Wi-Fi Adapter untuk komputer desktop dipasang belakangan.

Jenis Wi-Fi Adapter Untuk PC Desktop

Gambar Jenis Jenis Wifi Adapter
Jenis-Jenis Wi-Fi Adapter Untuk PC
Wi-Fi Adapter untuk PC ada dua tipe yakni tipe PCI yang dipasang pada slot PCI Motherboard dan tipe USB yang dicolokkan pada Port USB komputer.

Wi-Fi Adapter yang paling mudah instalasi dan pengoperasiannya adalah tipe USB sebab anda tidak perlu bongkar casing komputer, tapi cukup dicolokkan pada Port USB yang ada.

Cara Pasang Wi-Fi Adapter Tipe PCI dan USB Pada PC

  • Langkah Pertama. Matikan komputer dan cabut kabel power untuk memutus aliran listrik ke Motherboard.


Gambar Tombol Power PC

  • Langkah Kedua. Lepaskan antena Wi-Fi Adapter yang akan dipasang bila dari dalam kemasan kondisinya sudah terpasang, jika sudah terpisah lanjut kelangkah selanjutnya.


Wifi Adapter

  • Langkah Ketiga. Buka casing PC dengan menggunakan obeng, lalu perhatikan slot PCI pada di Motherboard yang letaknya berdekatan dengan slot VGA Card tapi ukuran lebih kecil.


Wifi Adapter

  • Langkah Keempat. Buka pelindung panel bagian belakang sebagai tempat antena.

Wifi Adapter

  • Langkah Kelima. Tancapkan Wi-Fi Adapter dengan perlahan sampai masuk dengan sempurna dan jangan lupa mengencangkannya dengan memasang baut.


Wifi Adapter

  • Langkah Keenam. Tutup kembali casing PC dan pasang antena luar Wi-Fi Adapter.

Wifi Adapter

  • Langkah Ketujuh. Install Driver lewat DVD ROM apabila perangkat disertai dengan CD Driver atau download terlebih dahulu disitus resmi.

Wifi Adapter

Langkah Kedelapan. Restart Komputer untuk menyelesaikan instalasi driver hardware
Wifi Adapter

Langkah-langkah instalasi Wi-Fi Adapter Tipe USB

  1. Langkah Pertama. Hidupkan komputer dengan menekan tombol power.
  2. Langkah Kedua. Tancapkan Wi-Fi Adapter pada Port USB yang tersedia lalu tunggu proses pembacaan hardware oleh sistem.
  3. Langkah Ketiga. Install Driver lewat DVD ROM bila perangkat disertai dengan CD Driver atau download terlebih dahulu disitus resmi. 
  4. Langkah Keempat. Restart perangkat komputer untuk menyelesaikan proses instalasi hardware dan driver.
  5. Langkah Kelima. Tes koneksi dengan menghubungkan komputer ke jaringan Wi-Fi yang dapat ditangkap oleh PC.

Kelebihan dan Kekurangan PC Adapter Tipe PCI dan USB

Wi-Fi Adapter tipe PCI dari penjelasan diatas kekurangannya ada ada tehnis pemasangan yang ribet dimana kita harus bongkar kasing PC terlebih dahulu.

Namun Wi-Fi Adapter tipe PCI tidak menghabiskan Port USB yang jumlahnya terbatas sehingga masih ada Port lagi untuk flashdisk, keyboard, mouse speaker dll yang membutuhkan Port USB.

Dari segi harga, Port PCI agak sedikit lebih mahal namun daya tangkap sinyalnya lebih kuat.

Untuk Wi-Fi Adapter tipe USB kelebihannya ada pada pemasangannya yang simpel sebab tinggal mencolokkannya pada Port USB yang tersedia.

Namun seperti yang sudah disebutkan diawal tadi, Wi-Fi Adapter tipe ini bakalan mengurangi jumlah Port USB kosong yang seringkali digunakan untuk flashdisk, headphone dll.

Harga untuk seperangkat Wi-Fi Adapter tipe USB sangat terjangkau namun kualitas tangkapan sinyal lebih lemah.

Cara Menggunakan USB / PCI Wi-Fi Adapter

  • Langkah Pertama. Perhatikan icon sinyal bar yang ada dipojok kanan bawah, bila berwarna kuning seperti gambar dibawah ini berarti PC telah berhasil menangkap sinyal Wi-Fi (saya menggunakan windows 7, OS lain silahkan disesuaikan).
Komputer Desktop Bisa Menangkap Sinyal Wi-Fi

  • Langkah Kedua. Klik icon sinyal bar tersebut sehingga tampil daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia kemudian klik “Connect “.

Komputer Desktop Bisa Menangkap Sinyal Wi-Fi

  • Langkah Ketiga. Masukkan PIN atau Password yang benar maka secara otomatis perangkat akan tersambung dengan jaringan yang dimaksud icon signal bar akan berwarna putih.

Komputer Desktop Bisa Menangkap Sinyal Wi-Fi

Masalah Pada Wi-Fi Adapter Yang Sering Dialami

Sistem Tidak Membaca Adanya Hardware

Solusinya periksa Port Wi-Fi Adapter apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak. Cabut Wi-Fi Adapter kemudian bersihkan slot PCI dari debu dan kotoran lain yang mungkin menempel dan menghalangi hardware terpasang semuprna.

Untuk Wi-Fi Adapter tipe USB coba pindahkan ke Port USB yang lain karena mungkin saja Port USB yang digunakan tadi bermasalah.

Hardware Terbaca Namun Spesifikasinya Tidak Jelas

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh driver yang tidak terpasang dengan sempurna. Bila anda sudah menginstal driver hardware dari CD sebelumnya, lakukan instalasi driver secara manual lewat DEVICE MANAGER.

Pertama, Salin isi dari CD driver ke harddisk kemudian letakkan dalam satu folder yang mudah ditemukan misalnya Desktop.

Buka DEVICE MANAGER → NETWORK ADAPTER kemudian klik kanan lalu pilih opsi UPDATE DRIVER AND SOFTWARE.

Pilih opsi kedua “ BROWSE MY COMPUTER FOR DRIVER SOFTWARE “ lalu arahkan ke folder isi CD driver yang sudah disalin tadi dan tunggu proses pemasangan selesai.

Komputer Terhubung Tapi Ada Tanda Seru Kuning (No Internet Acces)

Bila anda menggunakan hotspot hape android pastikan kuota internetnya cukup (tersedia).

Apabila kuota internet ada tapi tanda seru terus muncul dan saat mencoba browsing, reset Wi-Fi anda lewat CMD. Buka ALL PROGRAM  →ACCESORIES → COMMAND PROMPT lalu RUN AS ADMINSTRATOR.

Ketikkan “netsh winsock reset “ tanpa tanda petik lalu restart komputer anda lalu restart.

Penutup

Nah...itulah penjelasan tentang cara memasang Wi-Fi Adapter pada PC sehingga dapat menangkap sinyal Wi-Fi seperti Laptop.

Jangan lupa Like dan Share jika artikel ini bermanfaat dan jangan lupa komentarnya bila ada yang belum dimengerti dari penjelasan yang kurang tepat sehingga akan dikoreksi secapatnya.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

close