Kelebihan dan Kekurangan Samsung J4 SM-J400F 2018

Samsung Galaxy J4 2018 – Kali ini akan dibahas tentang apa sih kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J4 2018 SM-J400F. Harapannya, semoga dengan membaca informasi ini bisa memantapkan pilihan anda apakah membeli Samsung J4 atau berpaling ke merek lain.

Selain itu, didalam artikel ini juga ada perbandingan (perbedaan) antara Samsung J4 biasa dengan J4 Plus. Tidak hanya dari tampilan tapi juga dari komposisi hardware lain seperti Chipset, memori, baterai dll.

Oke kita langsung saja ke spesifikasi dari Samsung Galaxy J4

Spesifikasi Samsung Galaxy J4 2018 SM-J400F

  • Layar : 5.5”, Super AMOLED , Aspek Rasio 16:9
  • Resolusi Layar : HD 1280 x 720, 267 PPI
  • SoC : Samsung Exynos 7570 Quadcore 1.4 GHz ARM Cortex A53
  • GPU : Mali T720 MP2
  • Memori Penyimpanan : 16 dan 32 GB
  • RAM : 2 GB LPDDR3
  • Kamera : Utama 13 MP f/1.9, Selfie 5 MP f/2.2
  • Baterai : 3000 mAH
  • Versi Android : Oreo 8.0
  • Ketersediaan Port : Port Micro USB 2.0, Port Audiojack 3.5 mm
  • Konektifitas Nirkabel : Wifi 802.11 b/g/n, Wifi Direct, Hotspot ; Bluetooth® v 4.2, A2DP,LE
  • Sensor : Accelerometer, Proximity
Setelah mengetahui bagaimana spesifikasi dari Samsung Galaxy J4 SM-J400F, maka selanjutnya kita akan bahas kelebihan dan kekurangan masing-masing komponen yang dimulai dari layar.

Kelebihan dan Kekurangan Layar Samsung J4

Samsung J4 SM-J400F 2018

Didalam produk smartphone android Galaxy J4 ini komponen utama seperti layar Super AMOLED berukuran 5,5 inci beresolusi HD 1280x720 dan SoC Exynos semuanya merupakan Made In  Samsung.

Yang menarik perhatian dari Samsung J4 ini adalah penggunaan layar dengan panel Super AMOLED bukan IPS LCD seperti saudaranya Galaxy J4+.

Apa kelebihan layar Super AMOLED...?, sebelum dijawab harus tau dulu downk pengertiannya.

Pengertian Layar Super AMOLED

Layar Super AMOLED adalah layar yang tersusun atas lapisan film tipis yang akan bereaksi (menghasilkan warna) pada saat dialiri listrik. Pada saat tidak terlairi listrik, layar tetap menghasilkan warna yakni hitam (pekat).

Sejatinya, layar Super AMOLED adalah pengembangan selanjutnya dari LED dan OLED. Begitu juga dengan IPS yang sebenarnya pengembangan dari TFT milik Samsung. Hanya saja IPS pengembangannya dilakukan oleh LG.

Apa kelebihan Layar Super AMOLED...?

Pertama, Kontras Rasio tinggi. Perbandingan gelap dan terang lebih tinggi dari IPS. Seperti yang sudah disebutkan diawal tadi, layar Super AMOLED tidak memerlukan listrik untuk menampilkan warna hitam. Sementara IPS kebalikannya.

Manfaat kontras rasio yang tinggi sangat terasa saat hape digunakan membaca teks pada halaman web. fonts pada teks terlihat cukup jelas meski ukurannya tidak terlalu besar. Begitu pula saat menampilkan gambar, rasio kontras tinggi dapat meningkatkan ketajaman gambar secara signifikan.

Kekurangannya, karena Super AMOLED hanya unggul saat menampilkan warna hitam, pada saat menampilkan warna putih, hasilnya tidak maksimal. Bahkan banyak yang mengatakan kalau warna putih dari Super AMOLED itu kekuningan.

Kedua, Konsumsi daya Rendah . Keunggulan ini hanya berlaku pada saat layar menampilkan warna hitam. Penjelasannya seperti tadi, setiap titik pixel dari layar Super AMOLED bersifat mandiri, jadi tidak semua dialiri listrik seperti layar IPS.

Dengan demikian secara  otomatis pada saat sensor membaca objek yang mesti ditampilkan pada dan menyimpulkan ada area dengan warna hitam pada objek tersebut, maka bagian yang dimaksud (yang berwarna hitam) tidak akan teraliri listrik.

Tetapi, teknologi layar Super AMOLED ini ada kekurangannya...

Pada saat layar menampilkan beragam warna selain hitam (warna cerah) konsumsi dayanya sama saja dengan layar lain. Malahan menurut beberapa sumber, layar Super AMOLED sebenarnya lebih boros daya saat menampilkan gambar yang didominasi dengan warna cerah.

Tetapi masalah tingginya penggunaan daya ini bisa diakali dengan menerapkan fitur Dark Mode (Mode Gelap). Fitur dark mode sudah Samsung One UI berbasis Android Pie.

Firmware Android Pie Samsung J4 SM-J400F 2018


Untuk mengaktifkan Dark Mode atau di hape Samsung namanya NIGHT MODE, buka menu Setting → Display → Night Mode (Aktifkan Togle).

Nyerempet sedikit ke One UI Samsung.

Galaxy J4 SM-J400F resmi mendapatkan pembaruan sistem ke Android Pie yang mana didalam paket pembaruan , pengguna bisa mengaktifkan Night Mode guna menekan pengeluaran daya berlebih oleh layar.

Selain itu, anda bisa juga menerapkan tampilan gelap pada latarbelakang menu lewat aplikasi peluncur sistem besutan Xiaomi yakni Poco Launcher. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa menambah fitur latar belakang aplikasi jadi gelap seperti laiknya Stock Android.

Baca Juga :

Daftar Hape Samsung Yang Bisa Upgrade Ke Android Pie

Sementara untuk sudut pandang, baik itu Super AMOLED dan IPS punya sudut pandang yang sama baik dan enak digunakan menonton video bareng teman.

Kelebihan dan Kekurangan SoC Samsung J4

Gambar Chipset Samsung J4 SM-J400F 2018
Exynos 7570 

Sebagai otak dari Galaxy J4, Samsung membenamkan SoC Exynos 7570 yang terdiri dari empat buah core ARM Cortex A53 1.4 GHz. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 14 nanometer yang memungkinkan desain chips lebih kecil.

Seperti yang dijelaskan Samsung pada halaman situsnya, Exynos 7570 menjanjikan peningkatan performa hingga 70%. Tetapi konsumsi daya yang digunakan dapat ditekan lebih rendah hingga 30%.

Arsitektur Quadcore CPU dari Exynos 7570 murni dari ARM. Tidak ada modifikasi Core semisal big.LITTLE atau HMP andalan ARM yang mana tiap kumpulan Core terbagi atas Cluster-Cluster yang punya pembagian untuk Performa dan Hemat Daya.

Dari hasil pengujian menggunakan Aplikasi Benchmark Antutu, Samsung J4 SM-J400F hanya mampu meraih Score 37.035 poin.

Angka yang didapat Samsung J4 jauh dibawah Redmi 4A yang meraih lebih dari 40.000 poin serta hanya menggunakan SoC Snapdragon 425 yang secara kualitas lebih rendah dibanding Exynos 7570.

Setidaknya, nilai yang didapat dari Samsung J4 sedikit lebih baik dari saudaranya J4+ yang hanya mampu meraih 35.620 poin pada pengujian lewat Antutu V.7.



Sebelum beranjak ke spesifikasi kamera, sedikit info tentang memori Samsung J4 2018.

Dengan tingginya kebutuhan akan ruang penyimpanan yang luas, opsi memori internal berkapasitas 32 GB jadi pilihan terbaik. Meskipun Samsung J4 juga tersedia pilihan 16 GB, seperti yang dibilang tadi jumlah tersebut termasuk dibawah standar.

Selain varian 2/16 dan 2/32, Samsung J4 juga tersedia pilihan memori RAM dan ROM 3/32. Bagi yang merasa angka 32 GB tidak bisa memenuhi kebutuhan akan memori penyimpanan, Samsung menyediakan Slot Ekspansi untuk kartu memori tipe Micro SD yang dapat menampung hingga 256 GB.

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung varian dan di Toko mana anda belinya. Berikut daftar harga terbaru Samsung J4 2018 SM-J400F seperti yang dikutip dari TokoPedia.
  • Varian 2/16 : Rp.1.950.000
  • Varian 2/32 : Rp. 2.100.000
  • Varian 3/32 : Rp.2.330.000

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Samsung J4

Kamera Samsung J4 SM-J400F 2018

Samsung J4 2018 dibekali dengan dua buah kamera yang masing terletak dibelakang dan didepan. Kamera utama yang berada dibelakang beresolusi 13 MP dengak aperture f/1.9. sudah dilengkapi dengan flash.

Pada aplikasi kameranya sendiri sudah tersedia mode HDR yang dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi meski dalam kondisi minim cahaya. Serta ada Mode panorama untuk mengambil gambar 360 derajat.

Sedangkan untukbagian depannya sendiri, Samsung J4 dibekali dengan kamera dengan resolusi 5 MP + bukaan f/2.2. Kamera selfie dari hape ini juga dibekali dengan LED Flash yang membantu menghasilkan foto Selfie yang cerah meski berada diruangan yang cahayanya kurang.

Kualitas perekaman dari dua kamera milik Samsung J4 sudah sangat baik, keduanya mampu merekam video full HD 1080P 30 FPS. Meski demikian, hape ini tidak punya sensor OIS yang bisa membantu menstabilkan gambar saat merekam video.

Rangkuman Plus Minus Samsung J4 2018

Kelebihan Samsung J4 2018

  • Layar Super AMOLED menghasilkan gambar lebih tajam serta punya kontras rasio tinggi sehingga enak digunakan membaca teks pada website atau PDF.
  • SoC Exynos performanya sangat baik menjalankan aplikasi harian, serta lebih hemat daya hingga 30%
  • Mendapat pembaruan Sistem ke Android Pie yang mempunyai fitur Night Mode untuk membantu mata tetap nyaman mengoperasikan hape dimalam hari dengan kondisi ruang gelap
  • Dua kameranya dilengkapi LED Flash untuk membantu pengambilan gambar dengan kondisi minim cahaya
  • Aplikasi kamera dilengkapi dengan beragam Mode dan Filter menarik seperti mode Focus untuk Bokeh.
  • Punya slot memori ekspansi terdedikasi hingga 256 GB tipe Micro SD
  • Mendukung penggunaan USB OTG

Kekurangan Samsung J4 2018

  • Body bagian belakang terbuat dari plastik yang memberi kesan murahan
  • Masih menggunakan tombol fisik sementara hape merek lain sudah beralih ke Gesture atau tombol virtual
  • Sistem banyak Bloatware yang menghabiskan banyak memori
  • SoC Exynos tidak cukup kuat untuk game beresolusi tinggi
  • Kamera tidak punya penstabil gambar saat merekam (OIS)

Perbedaan Samsung J4 2018 SM-J400F Dengan J4 Plus 2018 SM-J415F

  • Perbedaan Layar. Layar Samsung Galaxy J4 berukuran 5,5 inci dengan Panel Super AMOLED, beresolusi HD 1280x720 aspek rasio 16:9 dan kerapatan layar 267 PPI. Sedangkan J4+ layarnya berukuran 6 inci panel IPS LCD, beresolusi 1480x720 HP+ aspek rasio 18:9, kerapatan layar 274 PPI.
  • Perbedaan SoC. Samsung J4 menggunakan SoC Exynos 7570 1.4 GHz Quadcore ARM Cortex A53 dengan fabrikasi 14 nanometer. Sedangkan J4+ menggunakan Chispet Qualcomm Snapdragon 425 Quadcore ARM Cortex A53 1.4 GHz dengan fabrikasi 28 nanometer (Hasil benchmark cek di kelebihan dan kekurangan SoC J4 diatas).
  • Perbedaan GPU. Pengolah Grafis yang digunakan Samsung J4 adalah Mali T720 dengan speed 650 MHz, sedangkan J4+ menggunakan Adreno 308 dengan kecepatan 450 MHz.
  • Perbedaan Baterai. Samsung J4 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAH sedangkan j4+ 3300 mAH.

0 komentar:

Posting Komentar

close