Klik...Cara Upgrade Firmware Android Asus Z008D ke Marshmallow

Hampir setiap tahun Google merilis versi Android terbaru. Belum puas dan masih belajar  menggunakan Android Pie, sudah beredar versi beta dari Android Q yang konon sebentar lagi akan dirilis resmi kepasaran dengan seabrek fitur dan pembaruannya.

begitu cepatnya Google melakukan update sistem operasi membuat perangkat yang masih menggunakan Android 5.0 lollipop seperti Asus Z008D jadi terlihat kuno. Padahal perilisan dari Asus Z008D tidak terlalu lama, tepatnya bulan Maret 2015.

Untungnya ZenFone 2 ZE550ML Z008D menjadi salah satu produk yang diberikan penyegaran sistem dari Asus dimana sekarang sudah tersedia file firmware yang berisi pembaruan OS ke Android Marshmallow 6.0.

Apa saja hal baru yang didapatkan dengan melakukan pembaruan sistem ke Android Marshmallow dan bagaimana cara menginstal Firmware Android 6.0 di Asus Z008D. Berikut penjelasan lengkapnya.

Yang Baru di Android Marshmallow

Firmware Android Asus Z008D

1. Lebih Sedikit Bloatware

Awalnya Asus Z008D menjalankan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop dengan balutan antarmuka ZenUI. Didalam sistemnya, Asus menjejali hape ini dengan begitu banyak aplikasi bawaan namun kurang berfaedah seperti : Omlet 1, Data Transfer, Photo Frame, ASUS Backup, Dr. Safety, What's next, Party Link, Remote Link, PC Link, Yahoo Shopping, EZ, TripAdvisor, Zinio, iReader, Dr. Eye, Google+, Puffin Browser dll.

Apakah anda pernah menggunakan salah satu dari aplikasi diatas di hape Asus anda...?

Untungnya, didalam paket pembaruan sistem yang didapat Asus Z008D aplikasi yang disebutkan namanya diatas sudah tidak ada lagi (dihapus). Tentunya ini menjadi kabar yang menarik sebab dapat memberi sedikit ruang tambahan pada memori internal Asus Z008D yang berkapasitas 16GB.

Sebagai pengganti, Asus menyematkan aplikasi bawaan Google seperti : Maps, Foto, Drive, Calender dll. Selain itu ada juga aplikasi jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook yang dapat berjalan bila diupdate versinya di Playstore.

2. Manajer Seluler Untuk Mempercepat Kinerja Hape Seketika

Seperti halnya manusia, setelah dioperasikan terlalu lama ponsel Android akan mengalami perlambatan performa yang disebabkan banyak hal. Salah satu diantaranya adalah tidak tersedianya memori RAM yang cukup untuk menjalankan sistem seperti biasa sebab banyak aplikasi lain yang berjalan dibelakang secara diam aktif mengkonsumsi RAM, Daya dan Data.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Asus membenamkan fitur baru yakni Manajer Seluler. Fitur ini akan menyelesaikan masalah perlambatan performa hape akibat kehabisan memori, membersihkan file sampah dan mematikan aplikasi yang menguas daya secara tersembunyi hanya dengan sekali klik saja.

3. Lebih Banyak Koleksi Tema dan Wallpaper di Theme Store

Saat masih menjalankan Android Lollipop, koleksi tema dan wallpaper yang ada di Asus Theme Store sangat terbatas. Kondisi ini membuat orang lebih tertarik untuk menggunakan Launcher fihak ketiga ketimbang ganti tema tapi yang tersedia hanya itu-itu saja.

Untungnya setelah menjalankan pembaruan sistem ke Android M, ada ribuan koleksi tema yang tersedia di Asus Theme Store, baik itu yang gratis maupun berbayar. Yang asik dari theme ZenUI adalah kita bisa mengkombinasikan beberapa tema sekaligus, dalam artian apakah anda ingin menerapkan icon-nya saja atau tampilannya saja.

4. Tidak Mendukung APP2SD

Sebagai informasi untuk anda, aplikasi akan berjalan dengan lebih cepat bila file datanya diletakkan di memori internal, bukan di SD Card. Untuk itu, pada pembaruan sistem ke Android M yang didapat Asus Z008D ini, fitur memindahkan aplikasi ke SD Card dihapus.

Kondisi ini memang dapat membuat aplikasi diload lebih cepat. Namun memori internal perangkat bakalan cepat penuh bila terlalu banyak data yang disimpan. Terlebih lagi bagi yang tidak menggunakan memori tambahan.

5. Menu Setting Tampilan Baru

Menu setting Asus Z008D edisi Android m dibuat lebih berwarna dengan tampilan icon baru. Beberapa label pada sub menu pengaturan juga ada yang mengalami perubahan seperti sub menu PENYIMPANAN menjadi PENYIMPANAN DAN USB.

Langkah-Langkah Upgrade Firmware Asus Z008D

  1. Pertama, pastikan perangkat anda terkoneksi internet yang cepat dan stabil sebab file pembaruan yang akan diunduh berukuran sekitar 1,6GB ;
  2. Pastikan pula tersedia cukup daya pada baterai cukup untuk menjalankan proses download firmware dan pemasangannya ;
  3. Buka menu Pengaturan → Tentang Ponsel → Pembaruan Sistem, lalu tap tombol Cek Pembaruan ;
  4. Bila tersedia, lanjutkan dengan mendownload file yang diperlukan hingga selesai yang kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan ;
  5. Sistem akan meminta restart dan pemasangan sistem baru dapat memakan waktu lebih dari 10 menit. Jangan panik bila booting awal akan lebih lama sebab sistem akan memindai hardware dan software terlebih dahulu.
Dalam beberapa kasus, seringkali perangkat tidak menemukan file update yang seharusnya didapatkan. Sehingga cara alternative yang bisa ditempuh adalah dengan mengunduh firmware secara mandiri kemudian menginstalnya.

Penginstalan firmware juga mudah, anda tinggal menyalin firmware yang sudah didownload ke memori internal Asus Z008D. Nantinya akan muncul tanda seru di notification bar yang menginformasikan adanya paket pembaruan tersedia.

Klik pembaruan tersebut lalu perangkat akan Restart dan mulai menginstal firmware lewat Recovery Mode.

Asus Z008D Bootloop

Anda juga bisa menginstal pembaruan sistem meskipun perangkat Asus Z008 sedang mengalami masalah sistem seperti bootloop.

Bootloop adalah kondisi dimana perangkat gagal masuk sistem tetapi mentok sampai logo Asus kemudian restart kembali dan terus berulang.

Untuk mengatasi perangkat Asus Z008D yang bootloop sekaligus memasang pembaruan sistem ke Android M, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pertama Download Firmware Zenfone 2 Z008D yang sesuai dengan SKU lalu simpan di SD Card, bisa juga dengan OTG.
  2. Setelah itu, matikan perangkat dengan cara melepas baterai ( kalau bisa) lalu masuk ke Sistem Recovery dengan menekan tombol POWER + VOLUME BAWAH
  3. Gunakan TOMBOL VOLUME untuk memindahkan kursor dan TOMBOL POWER untuk memilih opsi yang tersedia Recovery Mode seperti: REBOOT TO SYSTEM NOW, APPLY UPDATE FROM ADB, WIPE DATA / FACTORY RESET, WIPE CACHE PARTITION, APPLY UPDATE FROM SD CARD.
  4. Bersihkan sistem terlebih dahulu dengan cara WIPE DATA / FACTORY RESET
  5. Lalu Pilih opsi APPLY UPDATE FROM SD CARD kemudian cari firmware yang telah didownload tadi yang diletakkan di SD Card atau Flashdisk va OTG. Gunakan TOMBOL POWER untuk memilih opsi install dan tunggu hingga proses instalasi Firmware selesai.
Proses pemasang firmware dapat berlangsung lumayan lama (sekitar 10 s/d 15 menit).

Demikian informasi tentang Cara Upgrade Firmware Asus Z008D secara online maupun offline. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

close