Asus Z008D, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Smartphone Android Asus Zenfone 2 Z008/Z008D ZE550ML dirilis secara resmi pada bulan maret tahun 2015 secara global (berarti sudah 4 tahun yang lalu), baru kemudian masuk ke Indonesia beberapa bulan setelahnya.

Asus Z008D atau Zenfone 2 ZE550ML dilepas kepasaran bukan untuk sekedar mampang tetapi mereka bermaksud untuk memutus dominasi Samsung yang menguasai pangsa pasar Smartphone Android di dunia.

Seperti apa spesifikasi dan harga dari Asus Z008D Zenfone 2 ZE550ML, berikut penjelasan lengkapnya.

Asus Z008D, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019


Gambar Asus Z008D

Layar IPS LCD 5,5 Inch

Tidak seperti kebanyakan Smartphone dimasanya yang masing banyak menggunakan layar dengan pabel TFT, Asus Z008D mengusung layar 5,5 Inci dengan panel IPS LCD yang secara konsumsi daya dan sudut pandang terhitung lebih baik dari TFT.

Bentang layar Asus Z008D yang seluas 5,5 inci dengan rasio perbandingan antara layar dan body sekitar 70.8% maka boleh dibilang ponsel ini sangat cocok digunakan untuk menikmati beragam konten hiburan, baik itu menonton video bersama keluarga misalnya atau untuk bermain game HD.

Berbicara tentang game dengan kualitas HD, resolusi layar dari Asus Z008D ada diangka 1280x720. Sedangkan layarnya punya kerapatan pixel cukup tinggi dimana berdasarkan informasi produk yang didapat dari situs resmi Asus, ponsel ini mempunyai kerapatan layar 267 PPI.

Satu lagi...layar dari ponsel Asus z008D sudah dilindungi pelindung Gorilla Glass Generasi ke-3. Jadi anda tidak perlu keluar biaya lagi untuk memasang Tempered Glass yang harganya lumayan sebab Gorilla Glass 3 seperti yang dijelaskan fihak Corning memiliki daya tahan 30% lebih baik terhadap goresan dibanding generasi sebelumnya.

Body Melengkung Anti Selip

Gambar Asus Z008D
https://cdn.gsmarena.com/vv/reviewsimg/asus-zenfone-2-ze551ml/gal/gsmarena_010.jpg

Tidak seperti produk Smartphone Android kebanyakan yang mana memiliki bentuk bagian belakang rata, Bodi Asus Z008D pada bagian belakangnya dirancang melengkung mengikuti kontur telapak tangan saat memegang hape.

Efeknya tentu saja hape jadi lebih nyaman dipegang dan tidak mudah selip (jatuh) meskipun dioperasikan dengan sebelah tangan. Sebagai informasi Cover belakang dari Asus Z550ML ini terbuat dari plastik bukan logam.

Meski demikian, bila dibanding dengan produk besutan merek lain dengan bahan plastik, Asus Z008D terasa padat dan presisi.

Selain bentuk bodi bagian belakang yang anti Mainstream, peletakan tombol ponsel besutan Asus juga berbeda jauh dibandingkan dengan produk dari pabrikan lain.

Tombol Volume diletakan dibagian belakang, lebih tepatnya dibawah kamera utama beresolusi 13MP yang telah dilengkapi dengan Flash serta mempunyai Mode HDR dan Panorama.

Satu hal lagi...

Yang hobi foto-foto, Asus Z008D cukup bisa diandalkan terlebih ada Mode Kedalaman Bidang yang disematkan pada aplikasi kamera sehingga bisa mengambil foto bokeh dengan mudah meski hape ini sebenarnya hanya punya satu buah kamera belakang beresolusi 13 MP sedangkan kamera Selfie 5 MP.

Peletakan speaker Asus Z008D juga sudah tepat dimana speaker utama diletakkan dibagian belakang sehingga saat digunakan bermain game dengan mode landscape speaker tidak tertutup oleh telapak tangan.

Letak Tombol Terbalik

Gambar Asus Z008D
https://cdn.gsmarena.com/vv/reviewsimg/asus-zenfone-2-ze551ml/gal/gsmarena_005.jpg

Selain harus membiasakan diri dengan letak tombol volume yang ada dibagian belakang, anda juga harus terbiasa dengan letak tombol Recent Apps dan Back yang terbalik dimana Recent Apps ada disebelah kanan dan Back sebelah kiri.

Untuk tombol power juga demikian, diletakkan diatas berdekatan dengan Port Audio 3.5 dan berbentuk memanjang.

Intel Atom Z3560

Prosesor Asus Z008D

Sebagai bentuk kerjasama dengan Intel maka Asus membenamkan SoC Intel Atom Z3560 yang sekaligus sebagai sarana bagi Intel untuk unjuk gigi ke pesaingnya ARM yang sudah lebih dulu terjun ke ranah prosesor Mobile.

Intel Atom Z3560 hadir dengan empat buah inti (Core) dan empat buah thread yang masing-masing berkecepatan 1.8 GHz. Sedangkan untuk pengolah grafisnya dipercayakan kepada PowerVR G6430 yang punya speed 533 MHz yang mana GPU ini digunakan pula oleh Apple untuk Grafis dari Chipset A7 untuk perangkat iPhone.

Dukungan memori untuk prosesor ini terbatas hingga 4 GB LPDDR3, sedangkan Asus Z008D sendiri hanya memiliki RAM 2 GB disandingkan dengan ruang simpan sejumlah 16 GB tanpa ada pilihan memori lebih tinggi. Meski demikian, Asus Z008D memiliki slot memori eksternal tipe Micro SD yang dapat menampung SD Card hingga 256 GB.

Untuk performa dari Intel Atom Z3560 untuk ukuran sekarang (2019) masih terhitung cukup kuat menghandle aplikasi harian seperti aplikasi Chating semisal WhatsApp dan sejenisnya. Anda juga bisa memainkan game HD kekinian semisal PUBG Mobile dengan setting Low.

Dapat Pembaruan Firmware Ke Android Marshmallow

Asus Zenfone Z008D awalnya menjalankan Android Versi 5.0 Lollipop. Berselang beberapa tahun kemudian, perangkat ini resmi mendapatkan pembaruan ke Android 6 Marshmallow yang mana ada beberapa perubahan penting khususnya terkait dengan Bloatware yang begitu menumpuk pada saat masih menjalankan Android 5.0.

Setelah melakukan upgrade android ke marshmallow, begitu banyak aplikasi bawaan Asus yang dihilangkan sebab kurang diminati pengguna dan dianggap menghabiskan memori penyimpanan.

Aplikasi yang dihilangkan setelah upgrade ke android Marshmallow antaralain : Omlet 1, Data Transfer, Photo Frame, ASUS Backup, Dr. Safety, What's next, Party Link, Remote Link, PC Link, Yahoo Shopping, EZ, TripAdvisor, Zinio, iReader, Dr. Eye, Google+, Puffin Browser, Mirror dan Google Settings.

Setelah firmware Marshmallow terpasang, anda akan menemukan aplikasi bawaan lain namun berasal dari Google seperti : Google Foto, Drive, Maps, Kalender, Hangout dll.

Satu hal lagi...!

Fitur yang dapat memindahkan aplikasi ke SD Card juga dihilangkan setelah upgrade ke Android Marshmallow, sehingga anda sebaiknya memindahkan kembali aplikasi yang ada di SD Card ke memori Internal.

Kelebihan Asus Z008D Zenfone 2 ZE550ML

  1. Memiliki desain bodi argonomis yang bentuk belakangnya melengkung sehingga enak digenggam dan tidak mudah selip meski dioperasikan dengan satu tangan ;
  2. Sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk internetan lebih kencang terutama saat dipakai bermain game online semisal Mobile Legend atau Free Fire ;
  3. Layar telah dilindungi pelindung Gorilla Glass 3 guna mencegah layar tergores saat bersentuhan dengan benda keras seperti kunci motor atau koin logam ketika dimasukkan kesaku ;
  4. Mendapatkan pembaruan sistem ke Android M yang dilengkapi dengan baragam fitur seperti penghemat daya (Doze Mode) ;
  5. Kamera sudah mendukung mode HDR dan Panorama serta memungkinkan untuk mengambil foto mode Bokeh lewat aplikasi kamera bawaan sebab telah tersedia mode kedalaman bidang sehingga tidak perlu menginstal aplikasi Google Kamera.

Kerusakan Umum Pada Ponsel Asus Z008D

Asus Z008D, Spesifikasi dan Harga Bekas Terbaru 2019

Karena merupakan produk lama yang diproduksi sekitar 4 tahun silam sangat sulit menemukan produk Asus Z008D baru yang masih dalam kondisi baik. Komponen seperti LCD dan Baterai menjadi dua buah kompone hardware yang kerap kali mengalami kerusakan.

#1. Asus Z008D Rusak LCD

Kerusakan LCD biasanya disebabkan oleh perangkat pernah mengalami benturan (terjatuh). Sedangkan untuk harga LCD untuk Asus Z008D sendiri berkisar antara Rp.150.000 s/d Rp.180.000. Kerusakan pada LCD Touchscreen memang fatal sebab tidak ada cara untuk memperbaiki. Satu-satunya solusi dengan ganti LCD Touchscreen.

Harga komponen layar yang disebut tadi diatas belum termasuk ongkos kirim dan pasang, kalau bisa pasang sendiri tentu lebih baik. Yang mau belajar bongkar-bongkar Asus Z008D miliknya dapat belajar dari video berikut.



#2. Asus Z008D Baterai Drop

Penopang daya dari Asus Z008D adalah baterai Li-Po dengan kapasitas 3000 mAH yang pastinya untuk penggunaan normal seperti : Browsing Internet, Streaming Video dan sedikit bermain game dapat bertahan hingga seharian.

Bila hendak ganti baru karena baterai sudah Drop, situs jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak menyediakan banyak stock baterai yang kisaran harganya ada diangka Rp.60.000 s/d Rp.80.000 saja.

#3. Asus Z008D Bootloop

Untuk masalah kerusakan sistem seperti Z008D Bootloop atau hilang IMEI disebabkan adanya kerusakan pada sistem Android akibat perangkat dioprek. Sebagian besar penyebab Bootloop memang dari pengguna, sebab hanya mereka yang bisa utak-atik sistem untuk keperluan Root, Unlock Bootloader dll.

Untuk masalah Bootloop dan hilang IMEI dapat diatasi dengan melakukan Wipe Data Factory Reset yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Harga dan Ketersediaan

Seperti yang sudah diceritakan diawal tadi, Asus Z008D atau Zenfone 2 merupakan produk lama yang diproduksi tahun 2015 silam sehingga sangat sulit menemukan perangkat yang dijual dalam kondisi baru.

Harga bekasnya sendiri sangat beragam, tergantung dari kondisi barang apakah masih dalam kondisi baik atau sudah mengalami kerusakan pada hardware seperti LCD, Baterai atau Sistem Androidnya.

Berdasarkan informasi harga yang didapat dari beberapa situs jual beli Online seperti Bukalapak, Tokopedia dan OLX, Asus Z008D atau Zenfone 2 ZE550ML berkisar antara Rp.550.000 s/d Rp.700.000.

0 komentar:

Posting Komentar

close