Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019

Pada bulan juni tahun 2017 Samsung resmi merilis generasi terbaru Smartphone Android seri J terbarunya yakni J5 Pro. Ponsel seri J ini hadir bersamaan dengan 2 varian seri J lain yakni J3 dan J7 Pro.

Ponsel Samsung J5 Pro selain mendapatkan aura baru dengan desain lebih menarik, ponsel ini juga resmi menanggalkan kesan murahan dengan beralih ke body aluminium dimana awalnya selalu menggunakan casing berbahan plastik.

Minat pasar terhadap produk Samsung seri J khsususnya J5 Pro ternyata sangat positif, dimana hape ini termasuk laris manis dipasaran tanah air. Yang lebih menarik lagi, jika anda berencana membelinya ditahun 2019, anda akan kaget sebab harga barunya ternyata turun cukup jauh dibanding diawal perilisan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan saya berikut ini tentang spesifikasi dan harga Samsung J5 Pro terbaru.

Baca Juga : Spesifikasi dan Kelebihan Samsung J2 Prime

Ulasan Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019

#1. Tampilan

Samsung J5 Pro hadir dengan desain baru dimana sekujur bodi perangkat dibalut casing berbahan alumunium yang membuatnya tampak elegan. Ukuran bodi yang tipis tampak serasi dengan bentang layar seluas 5,2 inci yang menggunakan layar Super AMOLED. Teknologi layar ini akan memberikan suasana bermain game HD, menikmati konten video online dengan lebih ciamik sebab gambar yang dihasilkan tampak lebih jernih dan tajam.

Layar samsung J5 Pro masih beresolusi 1280x720, meski demikian tampilan gambar hape ini tetap terlihat tajam serta detail saat memutar video YouTube 720P nampak jelas. Resolusi hape ini sengaja didesain sedemikian agar serasi dengan luas layar yang hanya 5,2 inci. Lain halnya jika layar Samsung J5 Pro ini berukuran lebih besar (6 inci misalnya), maka gambar dari video dengan resolusi 720P akan tampak biasa saja.

Untuk kerapatan Pixel pada layar, Samsung J5 Pro sudah terbilang tinggi dimana angkanya ada pada 282 PPI. Sedangkan untuk perlindungan layarnya, ada Gorilla Glass Versi 4 yang akan menjaga permukaan layar tetap aman dari goresan benda keras seperti kunci kendaraan saat berada disaku celana.

#2. Prosesor

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019
Ilustrasi SoC Samsung Exynos

Samsung tampaknya ingin membuktikan jika tanpa menggunakan CPU Snapdragon dari Qualcomm, perangkat besutannya masih bisa memberikan performa yang hebat. Samsung J5 Pro ditenagai SoC Exynos 7870. SoC yang sama dengan J7 Prime, J7 Core dan A2 Core yang beberapa waktu lalu dirilis.

Exynos 7870 terdiri dari 8 buah core prosesor (Octa Core) dengan arsitektur ARM Cortex A53 yang mampu dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 1,6 GHz. Untuk urusan grafis, Exynos 7870 terintegrasi dengan GPU Mali T830 guna menampilkan grafis beresolusi tinggi untuk kebutuhan gaming maupun image dan video editing. SoC ini mendukung penggunaan memori LPDDR3 dengan konfigurasi dual chanel berkecepatan 700 MHz.

Perangkat yang menjalankan Exynos 7870 seperti Samsung Galaxy J Series dipastikan mampu dipasangi dengan kamera ganda berkat Image Signal Processor (ISP) dari SoC ini sanggup menghandle single kamera hingga 16 MP atau kombinasi double camera 8+8 MP. Tidak cukup sampai disitu, Exynos 7870 juga merekam  video dengan resolusi Full HD (1080P) serta mendukung penggunaan layar dengan resolusi hingga1920x1200P.

Yang menarik dari Exynos tidak cukup sampai disitu, chipset ini mendukung jaringan 4G LTE Cat 6 untuk menyediakan akses internet super cepat hingga 300 MBPS download dan 50 MBPS Upload.

  #3. Memori

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019

Sebenarnya Samsung J5 Pro dirilis dengan baragam varian spesifikasi memori. Khusus untuk wilayah Asia Tenggara J5 Pro yang tersedia menggunakan memori RAM sebesar 3 GB LPDDR3 dan ROM 32 GB.

Dengan spesifikasi yang sedemikian (3/32) Samsung J2 Pro dipastikan tidak akan kesulitan menjalankan beberapa judul game MOBA populer seperti PUBG, AOV, ML, Free Fire dll. Perlu anda ingat jika angka 32 GB yang tertera pada tabel spesifikasi Samsung J5 Pro tidaklah sepenuhnya dapat dipakai seluruhnya. ROM 32 tadi akan dikurangi oleh sistem yang umumnya memakan 5 GB, sedangkan aplikasi bawaan yang sudah terinstal bersama sistem seperti Google App dan Samsung App akan menghabiska 3-4 GB.

Berbicara tentang aplikasi, Samsung J5 Pro dijejali dengan banyak aplikasi bawaan yang menurut banyak pengguna hanya menghabiskan ruang penyimpanan saja sebab sangat jarang digunakan. Sebut saja Samsung Browser, kebanyakan pengguna menggunakan Google Chrome menjelajah internet.

Sebenarnya aplikasi bawaan ini bisa dihapus dari sistem, namun ada resiko sistem menjadi tidak stabil sehingga perlu untuk dipertimbangkan kembali.

#4. Baterai

Samsung J5 Pro bekerja dengan dukungan tenaga dari baterai dengan kapasitas 3000mAH tipe Li-ion Non Removable. Talk Time yang tergolong tinggi dimana mampu menyentuh angka 21 jam pada jaringan 3G dan 83 jam ketahanan saat digunakan memutar musik tanpa henti.

Banyak yang menyayangkan Samsung J5 Pro tidak memiliki fitur pengisian daya cepat, namun hal tersebut sebenarnya bukan masalah sebab tegangan charger bawaan dari hape ini lebih besar sehingga daya akan lebih cepat terisi.

Tingginya daya tahan baterai dari Samsung J5 Pro didukung pula oleh Sistem Android yang dijalankannya seperti adanya fitur Device Maintainance yang akan mengatasi masalah pada sistem seperti : menghapus Junk file seketika serta mematikan proses aplikasi-aplikasi  yang aktif menggunakan daya walau tidak diperlukan.

#5. Kamera

Samsung J5 Pro memiliki dua buah kamera dengan resolusi yang sama yakni 13 MP. Kamera belakang (utama) telah dilengkapi dengan flash untuk menunjang pengambilan gambar saat cahaya kurang. Tidak hanya itu, kamera Samsung J5 Pro telah dilengkapi dengan fitur HDR, Panorama serta bisa merekam video dengan resolusi 1080P 30 FPS.

Meski memiliki resolusi yang sama antara kamera depan dan belakang, banyak pengguna yang merasa kecewa dengan kamera utama (belakang) Samsung J5 Pro, dimana saturasi warna lebih rendah dibanding kamera Selfie serta foto yang dihasilkan cenderung pucat.

#6. Jaringan

Koneksi internet yang cepat menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone aktif. Sebab, aktifitas yang berhubungan dengan internet tidak akan berjalan dengan optimal bila koneksi internetnya lambat.

Untungnya Samsung J5 Pro sudah memiliki spesifikasi jaringan yang terbaru seperti dukungan akan jaringan 4G LTE sehingga aktifitas jualan lewat media sosial, Streaming YouTube, Videocall lewat WA atau aplikasi sejenisnya akan tetap lancar.

Satu hal lagi yang membuat Samsung J5 Pro menarik...!

Ponsel ini dibekali dengan fitur Signal MAX Samsung yang akan membuat sinyal yang diterima perangkat tetap stabil. Sebagai informasi, kondisi jaringan yang buruk merupakan salah satu penyebab mengapa daya baterai cepat habis.

#7. Konektifitas

Selain koneksi internetnya yang cepat, fitur konektifitas Samsung J5 Pro juga lengkap. Ada Bluetooth 4.2 dengan kemampuan streaming audio ke hardware lain seperti pemutar musik portable dengan kualitas stereo atau yang dikenal dengan istilah Advanced Audio Distribution Profiel (A2DP).

Koneksi internet dengan jaringan Wi-Fi dengan Samsung J5 Pro dijamin makin cepat karena menggunakan standar 802.11AC yang merupakan standar terbaru dan tercepat saat ini.

Port yang tersedia pada J5 Pro juga lengkap seperti Audio Jack 3,5 serta port USB 2.0 yang mendukung penggunaan USB OTG sehingga memudahkan anda mentransfer data dari perangkat USB (Flashdisk) ke hape atau sebaliknya.

#8. Sensor

Samsung J5 Pro dilengkapi beberapa sensor utama seperti :
  1. Proximity untuk mengamankan layar sentuh pada ponsel sehingga menghindarkannya dari sentuhan tidak perlu pada saat melakukan panggilan.
  2. Eccelerometer yang digunakan oleh aplikasi Google Maps saat dipakai untuk menemukan lokasi tertentu sehingga aplikasi dapat memberitahukan jarak kita dengan tujuan.
  3. Gyroscope yang akan mendeteksi orientasi layar secara otomatis. Sensor ini kerap kita gunakan pada saat hape digunakan bermain game, terutama game balap.

#9. Perangkat Lunak Android

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019

Samsung J5 Pro berjalan menggunakan perangkat lunak Android Nougat 7.1 yang memiliki beragam fitur bermanfaat seperti kemampuan berpindah aplikasi dengan cepat Quick Switch, fitur Multi Window untuk menonton video dan videocall secara bersamaan dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Informasi terbaru, Samsung J5 Pro telah resmi mendapatkan pembaruan perangkat lunak ke Versi Android Oreo yang merupakan penyempurnaan dari Nougat. Anda bisa melakukan Upgrade ke Android terbaru secara online OTA atau menginstal firmwarenya manual menggunakan program Odin.

Cara yang paling mudah tentu saja secara online, anda cukup menghubungkan perangkat Samsung J5 Pro anda ke internet maka secara otomatis sistem akan mendapa notifikasi adanya pembaruan sistem.
Tugas anda tinggal mendownload file update yang berukuran 1,5 GB lalu menginstalnya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan oleh sistem. Yang perlu anda ingat adalah, pastikan anda memiliki paket data yang cukup saat melakukan upgrade OS secara online atau menggunakan jaringan Wi-Fi yang cepat serta stabil.

#10. Warna

Samsung hadir dalam 4 pilihan warna yakni Blue, Pink, Gold dan Black.

Tabel Spesifikasi Utama Samsung J5 Pro

Tampilan Layar 5,2 inci tipe Super AMOLED, Resolusi 1280x720
Prosesor Exynos 7870 1.6 GHz Octa Core ARM Cortex A53, GPU MALI T830
Memori 3 GB LPDDR3, ROM 32 GB
Baterai 3000 mAH
Kamera Utama 13 MP dengan Flash dan Kamera Selfie 13 MP, Fitur HDR dan Panorama
Jaringan GSM,HSPA, LTE
Konektifitas Bluetooth 4.2 A2DP, Wifi 802.11 AC; Micro USB V.2.0
Sensor Accelerometer, Proximity, Gyro
Perangkat Lunak Android 7 bisa Upgrade ke 8.0 Oreo
Warna Black, Blue, GOld, dan Pink

Kelebihan Samsung J5 Pro

  1. Desain baru dengan body aluminium membuat Samsung J5 Pro terlihat elegan.
  2. Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur Fast Charging, Samsung J5 Pro memiliki charger yang bertegangan lebih besar sehingga daya baterai bisa terisi lebih cepat.
  3. Samsung  J5 Pro bisa merekam video 30 frame per detik sehingga hasil rekaman live vlogging lebih tajam.
  4. Mendapatkan pembaruan Firmware ke Android Oreo dengan beragam fitur menarik yang makin memudahkan pengoperasian Samsung J5 Pro.
  5. Samsung J5 Pro dilengkapi dengan Fitur Signal MAX yang akan meningkatkan kemampuan perangkat menangkap sinyal sehingga komunikasi tetap lancar.

Kekurangan Samsung J5 Pro

  1. Kamera belakang Samsung J5 Pro tidak dibekali dengan kualitas yang sama dengan kamera depan sebab hasil jepretan kamera belakang terasa rendah saturasi sehingga warna yang dihasilkan terlihat pucat.
  2. Samsung J5 Pro terlalu banyak Bloatware yang mana memiliki ukuran cukup besar sehingga menghabiskan terlalu banyak ruang .

Harga Baru dan Bekas J5 Pro Tahun 2019

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019

Sejak dirilis pada tahun 2017, penurunan harga Samsung J5 Pro sangat signifikan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kehadiran produk smartphone terbaru dari Samsung seperti J2 Prime, J4, J6 dan J8.
Pada saat dirilis kepasaran, Samsung J5 Pro dibanderol dengan harga yang tergolong mahal yakni tiga jutaan. Setelah dua tahun berlalu, penurunan harganya mencapai 50%.

Harga termurah untuk Samsung J5 Pro dapat anda temukan di Lazada dimana ponsel ini dibanderol dengan harga Rp.1.799.000. sedangkan untuk harga bekasnya berkisar antara Rp.950.000 s/d Rp.1.450.000 dengan kondisi mulus dan normal.

Samsung J5 Pro. Spesifikasi ,Harga Baru dan Bekas Tahun 2019


Anda bisa mendapatkan variasi harga yang lebih baik dengan mencarinya di Forum Jual Beli Facebook di wilayah anda.

Penutup

Demikian informasi spesifikasi, kelebihan dan kekurangan serta harga baru dan bekas tahun 2019 Samsung J5 Pro yang dirilis tahun 2017.

Semoga bermanfatt, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

close