Redmi 6A, Spek dan Harga Terbaru 2019 [Kelebihan dan Kekurangan]

Xiaomi kembali merilis perangkat Smartphone Android kelas entry level terbarunya yakni Redmi 6A secara global pada bulan juni 2018. Ponsel ini ditujukan untuk user dengan penggunaan komunikasi harian, bersosial media, foto-foto serta sedikit bermain game.

Seperti apa spesifikasi yang diusung Redmi 6A dan apa saja fitur dan kelebihannya...? berikut ulasannya.

Redmi 6A, Spek dan Harga Terbaru 2019

Spesifikasi Utama Xiaomi Redmi 6A

Tampilan Layar 5,45 inci IPS LCD, 1440x720, 295 PPI
Prosesor Mediatek MT6761 Helio A22 Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53, GPU PowerVR GE8320
Memori 2/16, 3/32 Support Micros SD Hingga 256 GB
Baterai 3000 mAH
Kamera Utama 13 MP dengan LED Flash dan fitur Panorama, Kamera Belakang 5 MP
Jaringan GSM,CDMA, HSPA,LTE
Konektifitas Bluetooth 4.2 : A2DP,LE ; Wifi 802.11 a/b/g/n; Micro USB V.2.0
Sensor Accelerometer, Proximity, Kompas
Perangkat Lunak Android 8.1 (Oreo), rencananya bisa upgrade Android 9.0 (Pie); MIUI 9.0
Pilihan Warna Black, Grey, Blue, Gold, Rose Gold

Ulasan Redmi 6A

Redmi 6A memiliki bentang layar 4.5 inci lebih lebar dibanding pendahulunya dijajaran Redmi A series yakni Redmi 5A dimana ponsel ini mempunyai bentang layar 5,45 inci. Sepsifikasi layar yang lebih lebar ini akan memberikan pengalaman menikmati konten multimedia yang lebih baik. Terlebih lagi layar dari Redmi 6A sudah beresolusi HD 1440x720 serta kerapatan layar 295 PPI, spesifikasi layar sedemikian membuat Redmi 6A bakalan dapat menampilkan gambar jernih dan tajam.

Gambar Penjelasan Bentang Layar Redmi 6A

Untuk urusan desain body, Redmi 6A tidaklah memiliki banyak perbedaan dengan Redmi 5A. Hanya terdapat beberapa perubahan desain pada bagian depan dimana Redmi 6A sudah tidak memiliki tombol fisik alias full view. Bentuk sudut yang didesain agak melengkung tetap sama seperti produk redmi kebanyakan. Hanya pada bagian belakang desain speaker dibuat berbentuk titik berjejer dan memberi kesan unik pada casing alumunium yang membungkus bagian belakang dari Redmi 6A.

Peletakan tombol masih sama, dimana tombol volume dan power berada disebelah kanan dan sebelah kiri terdapat slot SIM 1 dan Micro SD yang berdekatan letaknya dengan slot SIM 2 bertipe Nano. Redmi 6A bisa menampung memori eksternal hingga 256 GB apabila ruang penyimpanan internal yang ada dirasa kurang. Sedangkan dipasaran sendiri, produk hape ini tersedia dalam dua varian memori yakni varian 2/16 dan 3/32.

Gambar Letak Tombol Redmi 6A

Prosesor Redmi 6A

Bila berbicara tentang performa sebuah Smartphone Android maka orang pasti akan menanyakan apa prosesor yang digunakan. Redmi 6A menggunakan SoC (System on Chip) kelas Entry Level dari produsen Chips MediaTek yakni Helio A22, bukan Snapdragon seperti halnya Redmi 5A.

MediaTek Helio A22 dirancang untuk kebutuhan sistem sebuah Smartphone Android kelas mainstream yang bisa diandalkan guna melibas segala aktifitas harian seperti mengakses sosial media, chating, foto-foto dan sedikit barmain game.

SoC MediaTek Helio A22 diproduksi menggunakan proses fabrikasi 12nm. SoC ini memiliki empat buah inti (Quad Core) ARM Cortex-A53 hingga 2.0 GHz dengan GPU IMG PowerVR GE, dan LPDDR4x berkecepatan tinggi atau LPDDR3 yang hemat biaya. Jadi, kinerja CPU dan GPU menjanjikan capai 30 persen dan 72 persen lebih cepat dibandingkan pesaing di kelasnya.

Chipset MediaTek Helio A22 juga mendukung dalam efek pengambilan foto bokeh pada kamera belakang ganda Redmi 6A. Selain itu, melalui sistem kamera MediaTek ImagIQ juga memungkinkan pengguna mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, mengurangi noise multi-frame, dan menghasilkan zoom gambar yang jernih.

Tidak cukup sampai disitu, chipset ini juga menghadirkan dukungan SIM 4G dengan dukungan IMS (VoLTE/ViLTE/WFC), HPUE, eMBMS, serta 4G dengan kecepatan Cat-7/13.

Redmi 6A Minus Finger Print Tapi Punya Face Unlock

Gambar Fitur Face Unlock Redmi 6A

Untuk masalah keamanan, Redmi 6A tidak kalah canggih dengan produk Ponsel Pinter iPhone yang dibekali dengan fitur Face ID sebab Redmi 6A memiliki fitur serupa yang dinamakan Face Unlock. Anda dapat mengaktifkan kunci layar dengan menghadapkan wajah anda dikamera selfie. Kecepatan sensor membaca wajah pemilik terhitung cukup cepat sehingga sangat direkomendasikan untuk segera diaktifkan.

Bermain Game PUBG di Redmi 6A

Meskipun Redmi 6A tergolong produk Smartphone kelas bawah yang peruntukannya bukanlah untuk bermain game berat semisal PUBG. Bukan berbarti ponsel Redmi 6A ini tidak bisa digunakan bermain PUBG atau game sejenis seperti Free Fire, AOV dan Mobile Legend.

Redmi 6A varian RAM 2 GB dengan SoC MediaTek Helio A22 sudah memenuhi standar minimum agar bisa menjalankan game PUBG. Meskipun untuk kualitas grafis anda sebaiknya tidak terlalu berharap bisa di settingan HIGH (Wajib LOW).

Tidak ada lag saat memainkan game PUBG pada settingan tersebut alias lancar jaya baik pada saat loading pertamakali, pergerakan kursor dan player saat war juga gesit tanpa lag dan gangguan yang berarti.

Tidak sampai disitu...

Posisi speaker Redmi 6A yang ada dibelakang bodi membuat suara game terdengar jelas sebab tidak tertutup jaringan tangan seperti halnya pada produk Redmi sebelumnya yang menempatkan speaker diantara port USB.

Satu lagi....

Selain menggunakan SoC MediaTek Helio A22 yang diproduksi dengan fabrikasi 12 nanometer yang sudah pasti makin hemat daya, Redmi 6A makin optimal digunakan bermain PUBG dalam waktu relatif lama sebab MIUI sendiri ada semacam fitur penghematan daya sehingga saat dipakai bermain PUBG selama 1 jam hanya menghabiskan daya sekitar 14% saja.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 6A

Ada beberapa kelebihan Redmi 6A yang bisa dijadikan alasan untuk membelinya ditahun 2019 ini seperti layarnya yang kekinian, dukungan modem pada chipset yang telah support 4G LTE serta dukungan perangkat lunak Android terbaru.

Sejak tahun 2018 tren penggunaan Smartphone dengan layar diatas 5 inci semakin marak, hal ini bisa anda buktikan sendiri dengan semakin jarangnya kita melihat hape yang dirpoduksi dengan layar dibawah 5,5 inci.

Redmi 6A sendiri sudah punya bekal untuk dijadikan pilihan pengguna kekinian sebab layarnya sudah terbilang cukup luas, serta mempunyai aspek rasio 18:9. Bingkai yang ada disamping kiri dan kanan terlihat tipis dan efeknya dapat dinikmati saat menonton video secara full screen, pandangan lebih luas meski dilihat dari berbagai sudut.

Redmi 6A sudah mendukung jaringan internet 4G LTE semua operator yang ada di indonesia sehingga aktifitas Browsing, Chating, Vloging, maupun komunikasi secara live lewat fitur Videocall jadi lebih lancar. Pilihan operator juga tidak terbatas pada Telkomsel, XL, Indosat, Axis dan Three namun bisa juga dipasangi Operator seperti Smartfren yang mulai naik daun dengan promo Internet 4G Unlimited-nya.

Beralih ke sisi software, Redmi 6A dari pabriknya telah menjalankan sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan balutan MIUI 10. Menurut kabar, Redmi 6A termasuk produk yang rencananya bakalan mendapatkan pembaruan os ke Android Pie, walaupun sampai artikel ini diterbitkan software update tersebut belum juga dirilis.

Sedagkan untuk minus dari Redmi 6A sendiri sebenarnya tidak ada sebab sudah disesuaikan dengan Harga jual. Banderol Harga yang ditawarkan untuk Redmi 6A yang begitu terjangkau tentu memiliki konsekuensi adanya beberapa fitur atau pemangkasan kemampuan seperti tidak adanya pemindai sidik jari.

Sensor Gyro juga luput dari Redmi 6A dan yang membuat calon pembeli bertanya-tanya, fihak Xiaomi tidak menjelaskan tentang spesifikasi pelindung layar  Gorilla Glass yang disematkan.

Harga Terbaru Redmi 6A Tahun 2019

Dari penelusuran ke beberapa situs jual beli online, Anda bisa mendapatkan Redmi 6A varian 2/16 seharga Rp.1.156.000 di Lazada, sedangkan untuk varian 3/32 sekitar Rp.1.545.000.

Demikian informasi tentang Spesifikasi, fitur dan Kelebihan Redmi 6A, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

close