Cara Merawat Harddisk Internal Laptop Tanpa Software

Selain Prosesor dan RAM, Harddisk (HDD) merupakan salah satu komponen yang menentukan baik buruknya performa sebuah laptop. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan harddisk dalam menulis dan membaca data maka semakin meningkat pula performa Laptop dalam menjalankan aplikasi.

Dengan begitu vitalnya sebuah fungsi dari HDD membuat harga baru dari komponen ini  cukup mahal serta memerlukan perawatan yang tepat supaya data yang ada didalamnya tidak hilang dan performa Laptop tetap kencang.

Terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya mau membagikan pengalaman tentang bagaimana cara merawat harddisk laptop agar awet hingga bertahun-tahun.

Cara yang akan diuraikan disini merupakan cara saya sehari-hari memperlakukan Laptop jadul Acer Aspire 4250 milik saya yang kini telah berusia lebih dari 7 tahun tanpa pernah mengganti HDD.

Apa saja langkah yang saya lakukan dalam merawat harddisk laptop sehingga bertahan begitu lamanya, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Merawat Harddisk Internal Laptop Tanpa Software

Cara Merawat Harddisk Laptop Biar Awet Hingga 7 Tahun

1. Selalu Kontrol Suhu 

Suhu tinggi merupakan musuh utama komponen inti dari laptop seperti : Prosesor, RAM, Baterai dan tentunya HDD.

Suhu panas laptop berasal dari aktifitas hardware yang ada didalamnya, terutama CPU yang menjadi otak yang akan memproses data sejak pertamakali laptop dihidupkan.

Guna mendinginkan suhu, diatas Prosesor terdapat heatsink dan kipas yang akan mengalirkan udara guna meredam panas yang dihasilkan CPU.

Udara panas dari dalam body laptop selanjutnya dialirkan keluar lewat pentilasi udara yang biasa berada dibawah / disamping bodi (Mainboard) laptop.

Tetapi terkadang, pengguna awam tidak mengerti akan pentingnya kelancaran sirkulasi udara panas yang berasal dari dalam laptop sehingga sembarangan meletakkan laptop pada tempat yang menurut saya “ Terlarang “ seperti kasur.

Kasur / busa sesungguhnya tidak mengalirkan panas, tetapi sebaliknya akan menyimpan panas tersebut sehingga suhu laptop jadi dua kali lebih panas karena dihantam dari dua sisi.

Jika sudah demikian, yang akan terjadi selanjutnya sudah bisa ditebak. Yang pasti laptop akan berjalan lambat kemudian Restart , atau laptop mati dengan sendirinya karena Harddisk yang jebol.

Dengan jebolnya harddisk, maka seluruh data yang ada didalamnya kemungkinan besar akan ikut terhapus. Selain data, sistem operasi yang terinstal didalam HDD juga hilang,  itu artinya laptop tidak bisa digunakan kembali.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan jika ingin laptop anda kembali normal adalah dengan ganti HDD baru.

Untuk itu, guna menghindari jebolnya HDD hindari meletakkan dan mengoperasikan laptop di kasur atau busa. Tetapi letakkanlah laptop pada permukaan yang keras dan rata seperti meja atau lantai agar suhu panas cepat diserap sehingga suhu laptop tetap stabil.

Cara Mendinginkan Laptop Dengan Cepat

Tips Pertama. Seperti yang sudah dijelaskan tadi pada saat mengoperasikan laptop letakkan selalu pada permukaan yang rata dan bertekstur keras.

Tips Kedua. Dua bulan sekali bersihkan saluran udara laptop agar udara panas yang dihasilkan CPU, RAM dan HDD dapat disalurkan keluar.

Tips Ketiga. Jika perlu, gunakan pendingin tambahan agar suhu laptop tetap dingin dan performa tetap terjaga meskipun digunakan dalam waktu lama.

2. Jaga Kemulusan Cakram

Didalam harddisk ada cakram yang menjadi tempat data dituliskan. Kerusakan berupa goresan pada cakram ini akan membuat data yang ada didalamnya hilang (terhapus).

Goresan pada HDD bisa disebabkan banyak hal seperti : gerakan tiba-tiba, terputusnya sambungan daya dan benturan.

Dari ketiga hal tadi, poin pertama mungkin yang paling sering dilanggar dimana kerap kali kita temukan orang yang menteng laptopnya dalam kondisi hidup.

Gerakan tidak normal pada saat menenteng laptop yang masih menyala dapat mengganggu proses penulisan data sehingga menimbulkan goresan.

Goresan ini seperti halnya pada keping CD bersifat permanen sehingga tidak ada cara untuk memperbaikinya.

Untuk itu mulai sekarang, jangan lagi anda pindahkan laptop dalam kondisi menyala. Jika memang pekerjaan anda memaksa anda melakukan hal tersebut, alangkah baiknya anda upgrade HDD ke SSD.

F.Y.I teman-teman...

SSD tidak memiliki cakram untuk menulis dan menghapus data tetapi telah menggunakan teknologi Flash seperti laiknya Flashdisk atau Micro SD sehingga aman terhadapat gerakan.

Selain itu, SSD memiliki kecepatan transfer lebih tinggi. Menurut informasi yang saya dapat SSD konon punya kecepatan transfer 10X lebih cepat dari HDD sehingga jalannya aplikasi jadi lebih cepat.

Tapi begitulah, karena menjanjikan performa yang tinggi perbandingan harga SSD dan HDD terpaut cukup jauh. SSD 64 GB harganya sama dengan HDD 500 GB. Itupun SSD merek EVO yang kualitasnya jauh dibawah Samsung atau Kingstone.

Tips Tambahan

Sebenarnya dengan menerapakan dua Tips diatas sudah dapat menjamin HDD laptop anda awet selama bertahun-tahun.

Merawat Harddisk Laptop Biar Awet

Tips Tambahan 1. Hindari Memformat HDD Terlalu Sering

Meskipun pendapat ini masih Mitos yang belum terbukti secara nyata kebenarannya, di berbagai forum disukusi masalah komputer terlalu sering memformat ulang HDD dapat mengakibatkannya cepat mengalami Bad Sector.

Untuk itu, instal ulang laptop sebaiknya tidak usah tiap minggu, tapi usahakan setahun mungkin sekali atau tidak pernah instal ulang lagi.

Karena banyak saya lihat teman yang bisa instal ulang sendiri, sedikit mendapat masalah misalnya program IDM tidak bisa di Crack, langsung Instal ulang saja. Padahal untuk masalah tersebut solusinya sangat gampang.

Tips Tambahan 2. Selalu Update Anti Virus dan Scan Sistem Rutin

Beberapa Virus tertentu menyerang bagian pertama dari harddisk yang dibaca oleh Sistem Operasi yakni Master Boot Record. Virus ini namanya Rombertik. Setelah berhasil menyerang MBR virus akan merusak semua data dalam Harddisk dan prkatis laptop tidak dapat digunakan samasekali.

Untuk melindungi harddisk laptop dari kerusakan yang ditimbulkan Virus seperti Rombertik, para pakar IT menganjurkan untuk memperbaharui program Anti Virus dengan versi terbaru dan rutin melakukan Scan Sistem secara mendalam secara berkala.

Yups...

Demikian informasi tentang Cara Merawat Harddisk Laptop Agar Awet yang biasa saya terapkan semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk anda.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

close