Fahami...3 Penyebab Anda Gagal Instal Driver Nvidia

Dengan meningkatknya fungsi sebuah laptop yang dulu hanya dijadikan alternative PC Desktop serta hanya dapat menjalankan aktifitas komputasi ringan. Kini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, Laptop edisi terbaru sepenuhnya bisa menangani segala tugas yang sebelumnya hanya dapat dijalankan oleh PC.

Laptop terbaru tidak hanya dibekali dengan spesifikasi seadanya seperti dulu. Saat ini banyak kita temukan laptop dengan spek Dewa, dimana baik CPU dan GPU yang digunakan sudah setara PC Gaming. Salah satu komponen utama yang sangat penting keberadaannya di era laptop modern saat ini adalah GPU.

GPU merupakan Prosesor dengan fungsi khusus yang mana bertugas mengolah gambar yang kita dapat lihat pada layar monitor. Saat ini ada 3 nama besar dalam industri Hardware pengolah Grafis yaitu : Nvidia, AMD dan Intel.

Nama pertama yang disebut yakni Nvidia mungkin terdengar paling superior dibanding dua nama lainnya berkat kualitas produk dan teknologi baru yang mereka kembangkan. Untuk itu ada banyak sekali kita laptop dari produsen laptop ternama yang menjadikan GPU dari Nvidia sebagai otak pemeroses gambarnya.

Disisi lain...

Untuk dapat bekerja dengan optimal, Kartu Grafis merk apapun membutuhkan perangkat lunak tambahan yang disebut Driver. Driver untuk Kartu Grafis biasanya disebut Driver VGA. Driver VGA bisa kita dapatkan didalam CD Driver bawaan Laptop atau Kartu Grafis atau bisa juga didownload manual disitus resmi Nvidia.

Supaya dapat meningkatkan performa GPU dalam meghandle baragam tugas yang diberikan, Driver VGA ini secara berkala perlu untuk diperbarui, baik itu saat Sistem masih stabil atau setelah selesai instal ulang.

Tapi ada satu masalah...

Karena kekurangan informasi, banyak pengguna yang kesulitan menginstal Driver VGA Nvidia kedalam Sistem seperti : muncul pesan Error seperti “ This computer does not meet the minimum requirements for installing the ...”.

Dari pengalaman pribadi menginstal ulang beragam merk dan jenis laptop, 3 hal yang akan saya jelaskan berikut ini menjadi penyebab umum mengapa Driver VGA Nvidia yang telah anda download dari situs resmi Nvidia tidak dapat terpasang dengan sempurna sehingga muncul pesan Error seperti diatas.

Apa saja ketiga masalah tersebut...? berikut penjelasannya.

3 Hal Yang Menyebabkan Anda Gagal Instal Driver Nvidia 

3 Penyebab Anda Gagal Instal Driver Nvidia

1. Driver Tidak Kompatibel Dengan Sistem Operasi

Laptop yang menggunakan GPU Nvidia yang berjalan dengan Sistem Operasi Windows XP tidak bisa dipasangi dengan Driver yang dibuat untuk Windows 10.

Mengapa...?

Karena masing-masing OS punya struktur sistem yang berbeda sehingga jika anda telah melakukan Upgrade Sistem Operasi, maka pastikan Driver VGA Nvidia yang anda akan instal adalah versi Windows 10.

Satu hal lagi :

Sistem Operasi Windows itu ada dua varian yakni 32 dan 64 bit. Kedua tipe Sistem Operasi ini selain memerlukan spesifikasi yang berbeda juga memerlukan Driver yang beda pula. Untuk itu, saat anda akan mengunduh Driver terbaru untuk Laptop atau Kartu Grafis anda, sebaiknya sesuaikan dengan Sistem Operasi beserta tipenya supaya tidak salah download karena ukuran driver VGA terbaru juga lumayan besar, berkisar 200-300 MB.

2. Driver Tidak Sesuai Spek VGA

Selain harus sesuai dengan Spesifikasi Sistem Operasi, hendaknya sebelum mendownload Driver Terbaru dari situs resmi Nvidia, anda telah mengetahui spesifikasi dari GPU yang laptop anda jalankan.

Mengapa ini penting...?

Karena Chipset GPU Nvidia tidak hanya satu, tapi banyak seri yang selama ini telah dirilis kepasaran misalnya Geforce 710, 720, 820 dll. Kesemua daftar GPU Nvidia tadi punya spesifikasi yang berbeda sehingga driver yang diperlukan beda pula sesuai dengan seri GPU.

Misalken..

Laptop anda menggunakan Windows 10 Pro 64 Bit dengan GPU Nvidia GeForce 920M. Maka pada saat masuk ke situs resmi Nvidia masukkan Query yang sesuai dengan Sistem dan Spek GPU laptop.

Perhatikan gambar berikut :

3 Penyebab Anda Gagal Instal Driver Nvidia

3. Driver Tidak Terpasang Sesuai Urutan

Seperti pengalaman pribadi saat selesai instal ulang Laptop Acer E1-470G yang menggunakan dua GPU yakni Intel HD Graphics dan Nvidia GeForce. Driver VGA dari Nvidia tidak bisa terpasang sebelum kita menginstal Driver VGA Intel terlebih dahulu, atau bisa saja terpasang tapi tidak punya pengaruh saat kita mengatur resolusi layar ke tingkat maksimal.

Hal ini mungkin disebabkan Intel HD Graphics disetting menjadi pengolah Grafis utama sementara Nvidia GeForce kedua.

Oleh sebab itu, jika anda menggunakan Laptop dengan dual GPU (Intel dan Nvidia) dahulukan terlebih dahulu memasang driver Intel HD Graphics, baru setelah itu anda memasang Driver Nvidia.

Demikian informasi tentang 3 penyebab umum driver nvidia tidak bisa terpasang denga sempurna pada sistem beserta solusinya. Semoga informasi singkat ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

close