Istilah dan Fitur Prosesor Intel Terbaru Yang Harus Anda Tahu...!

Intel merupakan perusahaan teknologi yang menciptakan produk Prosesor PC terbaik saat ini. Meskipun saat ini masih ada AMD yang menjadi saingan, namun nama besar dan teknologi dari Intel sepertinya sulit untuk dikalahkan.

Produk prosesor terbaru dari Intel terus dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan komputasi masa kini yang makin kompleks.

Untuk itu, pada postingan kali ini akan dijelaskan beberapa istilah dan fitur baru yang ada pada Prosesor terbaru Intel.

Istilah dan Fitur Terbaru Prosesor Intel Terbaru

Istilah dan Fitur Terbaru Prosesor Intel Terbaru

Core adalah istilah perangkat keras yang menerangkan jumlah unit pemrosesan pusat mandiri dalam satu komponen komputasi (keping atau chip).

A Thread, or thread of execution, adalah istilah perangkat lunak untuk urutan instruksi terurut dasar yang dapat dilewati atau diproses dengan CPU satu core.

Frekuensi Dasar Prosesor menunjukkan kecepatan transistor prosesor membuka dan menutup. Frekuensi dasar prosesor adalah titik operasi di mana TDP ditetapkan. Frekuensi diukur dalam gigahertz (GHz), atau miliar siklus per detik.

Frekuensi turbo maksimum adalah frekuensi maksimum yang mampu dijalankan prosesor berinti tunggal menggunakan Intel® Turbo Boost Technology, dan jika tersedia, Intel® Thermal Velocity Boost. Frekuensi diukur dalam gigahertz (GHz), atau miliar siklus per detik.

Cache CPU adalah area memori cepat yang ada di prosesor. Intel® Smart Cache mengacu pada arsitektur yang memungkinkan semua inti berbagi akses secara dinamis ke cache tingkat terakhir.
Bus adalah subsistem yang mentransfer data antar komponen komputer atau antar komputer. Tipe yang ada mencakup bus sistem depan (front side bus atau FSB), yang membawa data antara CPU dengan hub pengendali memori; antarmuka media langsung (direct media interface atau DMI), yang merupakan interkoneksi antar titik antara pengendali memori terintegrasi Intel dengan hub pengendali I/O Intel pada papan induk komputer; dan Quick Path Interconnect (QPI), yang merupakan interkoneksi antar titik antara CPU dengan pengendali memori terintegrasi.

Thermal Design Power (TDP) merepresentasikan daya rata-rata, dalam watt, yang dikeluarkan prosesor saat beroperasi pada Frekuensi Dasar dengan semua core aktif di bawah beban kerja dengan kompleksitas tinggi yang ditetapkan Intel. Lihat Lembar Data untuk persyaratan solusi termal.

Bandwidth Memori Maksimum adalah laju maksimum di mana data dapat dibaca dari, atau disimpan ke dalam memori semikonduktor oleh prosesor (dalam GB/dtk).

Mendukung Memori ECC menunjukkan dukungan prosesor untuk memori Error-Correcting Code (Kode Perbaikan Kesalahan). Memori ECC adalah jenis memori sistem yang dapat mendeteksi dan memperbaiki jenis korupsi data internal umum. Ingatlah bahwa dukungan memori ECC memerlukan dukungan prosesor dan chipset.

Grafis Prosesor menunjukkan adanya sirkuit pemrosesan grafis yang terintegrasi ke prosesor, sehingga dapat memberikan kemampuan grafis, komputasi, media, dan layar. Intel® HD Graphics, Iris™ Graphics, Iris Plus Graphics, dan Iris Pro Graphics menghadirkan konversi media yang disempurnakan, kecepatan bingkai tinggi, dan video Ultra HD 4K (UHD). Untuk informasi selengkapnya, lihat halaman Intel® Graphics Technology.

Jumlah maksimum memori yang dapat diakses oleh grafis prosesor. Grafis prosesor beroperasi pada memori fisik yang sama seperti CPU (tergantung pada keterbatasan OS, driver, dan sistem lainnya).

DirectX menunjukkan dukungan untuk kumpulan API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) Microsoft versi tertentu agar dapat menangani tugas komputasi multimedia.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) multiplatform lintas bahasa untuk rendering grafis vektor 2D dan 3D.

Intel® Quick Sync Video menyajikan konversi cepat video untuk pemutar media portabel, berbagi online, dan pengeditan dan penulisan video.

Intel® InTru™ 3D Technology memberikan pemutaran Blu-ray* 3-D stereoskopis dalam resolusi 1080p penuh melalui HDMI* 1.4 dan audio premium.

Intel® Clear Video HD Technology, seperti pendahulunya, Intel® Clear Video Technology, adalah serangkaian teknologi dekode dan pemrosesan gambar yang ditanam ke dalam grafis prosesor terintegrasi yang meningkatkan pemutaran video, sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam, dan warna yang lebih alami, akurat, jernih, serta gambar video yang jelas dan stabil.

Intel® Clear Video HD Technology menambahkan peningkatan kualitas video dengan warna dan corak warna tampilan yang lebih realistis.

Intel® Clear Video Technology adalah serangkaian teknologi dekode dan pemrosesan gambar yang ditanam ke dalam grafis prosesor terintegrasi yang meningkatkan pemutaran video, sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam, warna yang lebih alami, akurat, jernih, serta gambar video yang jelas dan stabil.

Memori Intel® Optane™ adalah memori non-volatil kelas baru revolusioner yang berada di antara memori sistem dan penyimpanan untuk mempercepat performa dan kemampuan respons sistem. Bila digabungkan dengan Intel® Rapid Storage Technology Driver, memori ini dapat dengan mudah mengelola beberapa tingkatan penyimpanan sekaligus menyediakan satu drive virtual ke OS, memastikan bahwa data yang sering digunakan berada di tingkatan penyimpanan tercepat. Memori Intel® Optane™ memerlukan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak spesifik. Untuk persyaratan konfigurasi, kunjungi www.intel.com/OptaneMemory.

Intel® Turbo Boost Technology secara dinamis meningkatkan frekuensi prosesor sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan ruang panas dan daya untuk memberi Anda dorongan kecepatan ketika dibutuhkan, dan efisiensi energi ketika tidak dibutuhkan.

Intel® vPro™ Technology adalah satu set keamanan dan kemampuan pengelolaan yang dibangun di prosesor yang ditujukan untuk mengatasi empat area kritis dalam keamanan TI: 1) Manajemen ancaman, termasuk proteksi dari rootkit, virus, dan malware 2) Proteksi identifikasi dan titik akses situs web 3) Proteksi data pribadi dan bisnis yang bersifat rahasia 4) Pemantauan jarak jauh dan lokal, remediasi, dan perbaikan PC serta stasiun kerja.

Intel® Hyper-Threading Technology (Intel® HT Technology) menghadirkan dua thread pemrosesan per inti fisik. Aplikasi yang memiliki thread tinggi dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak secara paralel sehingga tugas selesai lebih cepat.

Intel® Virtualization Technology (VT-x) memungkinkan satu platform perangkat keras berfungsi sebagai beberapa platform “virtual”. Teknologi ini menawarkan kemampuan pengelolaan yang lebih baik dengan cara membatasi downtime dan mempertahankan produktivitas dengan mengisolasi berbagai aktivitas komputasi ke dalam beberapa partisi terpisah.

Enhanced Intel SpeedStep® Technology merupakan cara canggih dari pengaktifan kinerja sangat tinggi sembari memenuhi kebutuhan konservasi daya dari sistem bergerak. Conventional Intel SpeedStep® Technology mengalihkan baik tegangan maupun frekuensi secara bersamaan di antara tingkat tinggi dan rendah dalam merespons beban prosesor. Enhanced Intel SpeedStep® Technology memanfaatkan arsitektur tersebut menggunakan berbagai strategi perancangan seperti Separasi antara Perubahan Tegangan dan Frekuensi, serta Partisi Clock dan Pemulihan.

Intel® Identity Protection Technology adalah teknologi dengan token keamanan tertanam yang membantu memberikan metode sederhana dan tahan gangguan untuk melindungi akses ke pelanggan dan data bisnis secara online dari ancaman dan penipuan. Intel® IPT memberikan bukti berbasis perangkat keras dari PC pengguna unik ke situs web, institusi keuangan, dan layanan jaringan; memberikan verifikasi bahwa bukan malware yang sedang mencoba login. Intel® IPT dapat menjadi komponen penting dalam solusi otentikasi dua-faktor untuk melindungi informasi Anda saat masuk situs web dan bisnis.

Intel® SIPP (Intel® Stable Image Platform Program/Program Platform Image Stabil Intel®) dapat membantu perusahaan mengenali dan menggunakan platform standar image PC yang stabil setidaknya selama 15 bulan.

Intel® SGX (Intel® Software Guard Extensions) memberikan aplikasi kemampuan untuk menciptakan perlindungan eksekusi terpercaya dengan dukungan perangkat keras untuk data dan aktivitas yang peka terhadap aplikasi. Intel® SGX memberi pengembang cara mempartisi kode dan data mereka ke CPU yang diperkuat dengan TEE (trusted execution environments).

Intel® Memory Protection Extensions (Intel® MPX) memberikan serangkaian fitur pada perangkat keras yang dapat digunakan perangkat lunak dalam kaitannya dengan perubahan compiler untuk memastikan referensi memori yang dituju pada waktu kompilasi tidak menjadi berbahaya saat runtime karena terlalu tinggi atau rendahnya buffer.

Intel® Trusted Execution Technology untuk komputasi yang lebih aman adalah serangkaian perluasan perangkat keras yang serba guna untuk prosesor dan chipset Intel® yang memperkuat platform kantor digital dengan kemampuan keamanan seperti peluncuran terukur (measured launch) dan eksekusi terlindungi (protected execution). Teknologi ini menghadirkan suatu lingkungan tempat aplikasi dapat berjalan di ruangnya sendiri, terlindungi dari semua perangkat lunak yang ada di sistem.

Execute Disable Bit adalah fitur keamanan berbasis perangkat keras yang dapat mengurangi pemaparan terhadap virus dan serangan kode berbahaya serta mencegah perangkat lunak berbahaya dijalankan dan disebarluaskan pada server atau jaringan.

Intel® Device Protection Technology dengan Boot Guard membantu melindungi lingkungan pra-OS sistem dari serangan virus dan perangkat lunak berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

close