Cara Baru Update Otomatis Driver AMD Radeon

Cara Update Driver VGA AMD Radeon - Setelah selesai melakukan install ulang  Sistem Operasi Windows anda belum bisa menggunakan laptop tersebut untuk menjalankan tugas berat seperti nonton video HD, Main Game, edit Foto dll.

Masih ada satu tugas lagi yang harus anda selesaikan yaitu menginstall driver VGA yang sesuai dengan spesifikasi dari VGA laptop . Kalau untuk sekedar memutar MP3 dan mengetik menggunakan Ms. Office pastinya bisa, karena kedua tugas tersebut termasuk ringan.

VGA adalah komponen hardware yang bertugas mengurusi gambar yang tampil dilayar laptop. Didalam VGA itu sendiri ada GPU yang merupakan prosesor pengolah gambar.

GPU komputer modern saat ini diisi oleh 3 nama besar yakni Intel, AMD dan Nvidia. Dulu pernah ada produsen GPU SIS yang saya temukan di laptop AXIO Neon, tapi sudah tidak mengeluarkan produk lagi hingga kini.

Khusus bagi anda yang menggunakan laptop dengan GPU AMD Radeon, saya punya tips yang akan memudahkan anda mendapatkan Driver VGA kompatibel sesuai dengan spesifikasi dengan mudah.

Kita hanya menggunakan sebuah program Pendeteksi Otomatis yang dikembangkan AMD. Jadi, anda cukup menekan Next dan Next, masalah Driver Langsung beres.

Untuk Laptop dengan VGA Intel dan Nvidia akan dijelaskan dilain kesempatan.

Perhatian...!

Untuk dapat menggunakan Program AMD Auto Detect, anda harus memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, karena dalam prosesnya nanti program yang kita gunakan akan mengunduh sendiri driver yang diperlukan.

5 Langkah Update Driver AMD Radeon Otomatis

Cara Baru Update Otomatis Driver AMD Radeon

Langkah 1. Download AMD Auto Detect

Langkah 2. Setelah program selesai anda download, jalankan sebagai Administrator.

Langkah 3. Setelah selesai mendeteksi VGA AMD yang laptop anda jalankan, akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Cara Baru Update Otomatis Driver AMD Radeon

Program ini akan memberikan informasi tentang Driver terbaru yang tersedia untuk laptop anda beserta software tambahan dari AMD yang akan meningkatkan performa gaming laptop anda.

Langkah 4. Klik “ Recomended Driver” untuk mendownload driver yang diperlukan. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses update tergantung kecepatan koneksi internet anda.

Langkah 5. Apabila proses download file driver telah selesai, ikuti arahan (Instal Wizard) aplikasi untuk memasang driver lalu akhiri dengan restart laptop.

Sampai saat ini proses update driver AMD anda telah selesai.

Kekurangan AMD Auto Detect

Menggunakan program AMD Auto Detect sangat membantu sekali bagi orang yang tidak begitu faham tentang VGA dan GPU. Tetapi karena tidak semua orang punya akses internet yang cepat, mendownload driver kadangkala menghabiskan waktu yang cukup lama meskipun ukuran file yang diunduh hanya 300 MB. Program ini juga tidak kompatibel dengan sistem operasi selain Windows seperti Linux dan OS X. meskipun demikian, driver VGA AMD untuk linux juga tersedia untuk anda download disini.

Selain itu...

Dengan menggunakan AMD Auto Detect kita tidak punya cadangan driver yang kelak dapat kita gunakan bila melakukan instal ulang laptop kembali. Untuk itu, mau tidak mau anda perlu mendownload driver AMD untuk laptop anda secara manual disitus resmi AMD atau situs dukungan resmi Laptop yang anda gunakan.

Demikian informasi tentang Cara Update Driver VGA AMD Radeon Terbaru Otomatis, semoga bermanfaat.
close