2 Cara Mudah Booting Dari USB Laptop Lenovo G405

Dibandingkan dengan menggunakan keping DVD, instalasi Sistem Operasi menggunakan media Flashdisk dua kali lebih cepat.

Dari beberapa kali percobaan, instalasi Windows 10 pada Laptop Lenovo G405 memakan waktu 15 menit saja, sedangkan dengan DVD sekitar 30-45 menit.

Namun ada yang menarik saat pertamakali melakukan instalasi Windows pada Laptop Lenovo G405 ini, dimana saya kesulitan untuk Booting dari USB Flashdrive.

Tidak seperti laptop merk lain yang untuk masuk kedalam BIOS atau mengatur First Boot Device cukup dengan satu tombol saja, seperti F1, Delete, F2 dll.

Jika anda memiliki masalah yang sama, berikut ini adalah cara termudah yang bisa anda lakukan agar Lenovo G405 bisa Booting dari USB Flashdisk maupun DVD.

2 Cara Mudah Booting Dari USB Laptop Lenovo G405

2 Cara Mudah Booting Dari USB Laptop Lenovo G405

Cara 1. Lewat BIOS

Untuk dapat masuk kedalamBIOSLenovo G405, gunakan tombol kombinasi “Fn” dan “F2” secara bersamaan ketika menghidupkan laptop pertama kali.

Sedangkan untuk varian laptop Lenovo lain seperti ThinkPad menggunakan kombinasi tombol “Fn + F1”. Sedangkan untuk  seri IdeaPad menggunakan tombol “F1”.

Setelah masuk kedalam BIOS anda bisa melakukan pengaturan pada First Boot Device, atau Hardware yang pertamakali dibaca oleh BIOS sehingga kita dapat masuk ketahap instalasi.

Pengaturan First Boot Device yang dimaksud diawal tadi ada di tab “ BOOT “ dengan menekan tombol panah kanan pada keybord.

Gunakan kombinasi tombol “ Fn+F5 ” atau “ Fn+F6 “ untuk memilih hardware yang akan dibaca pada saat Booting pertama. Misalnya kalau anda ingin instal ulang dengan Flashdisk, pilihlah nama Flashdisk tersebut.

Jika sudah gunakan kombinasi tombol “Fn+F10” untuk menyimpan pengaturan yang telah kita buat, dan andapun bisa melanjutkan aktifitas install ulang laptop anda.

Perlu untuk diketahui jika cara pertama ini sifatnya tetap dan tidak akan berubah sampai kita rubah terlebih dahulu.

Cara ini kurang efektive karena biasanya saat menginstall windows laptop akan melakukan restart otomatis apabila proses copy file kedalam Local Disk C selesai.

Bila pengturan BIOS masih menempatkan media installer sebagai perangkat yang dibaca pertamakali, maka proses instalasi akan mengulang kembali dari awal.

Untuk itu saya lebih merekomendasikan cara kedua berikut ini.

Cara 2. Menggunakan Novo Key

Novo Key

Novo Key adalah tombol mini berbentuk bulat dengan gambar tanda panah melengkung ditengahnya.Tombol ini berada disebelah kanan tombol power.

Cara menggunakannya adalah, tekan tombol Novo Key agak sedikit lama dalam kondisi laptop mati. Tunggu beberapa saat sampai muncul 4 buah opsi yang ditampilkan yaitu :

1. NORMAL : Masuk Kedalam Sistem Seperti Biasa.
2. BIOS :  Masuk Kedalam Bios.
3. BOOT : Untuk Mengatur Boot Device
4. RECOVERY : Untuk Masuk Kedalam Menu Recovery.

Saat ingin instal ulang Windows dari Flashdisk / DVD gunakan opsi BOOT lalu pilih perankgat keras yang dinginkan.

Demikian informasi tentang cara Boot dari Flashdisk / DVD pada laptop Lenovo G405, semoga bermanfaat.

Jika ada informasi yang dirasa salah atau kurang jelas, silahkan tanyakan dikolom komentar.
Terimakasih.
close