Cara Matikan Windows Update Permanen

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi jika yang dimaksud adalah produk ciptaan manusia, pasti ada saja kurangnya.

Begitu pula dengan sistem Operasi Windows 7 yang akan resmi dimatikan Microsoft pada tahun 2020 mendatang. Sistem Operasi ini boleh jadi menjadi favorite banyak orang karena tampilannya yang simpel dan kompatibel dengan banyak hardware.

Meski demikian OS ini tetap perlu untuk diupdate agar terbebas dari Bug serta meningkatkan keamanan sistem dari perangkat lunak berbahaya.

Namun ada juga lho pengguna Windows 7 yang gerah dengan adanya fitur pembaruan sistem ini sehingga mereka mencari cara bagaimana menghentikan proses update tersebut.

Alasan Mematikan Update Windows

Cara Matikan Windows Update Permanen

Ada 3 penyebab umum mengapa banyak pengguna Windows 7 ingin mematikan fitur update perangkat lunak diantaranya:

1. Menghabiskan Kuota Internet

Proses update sistem berjalan dilatarbelakang sehingga kita tidak tahu berapa banyak dan seberapa besar ukuran file yang didownload.

Kawan saya pernah mengalami kondisi dimana paket data internet 1 GB yang rencananya dia gunakan untuk bersosial media ludes dalam semalam setelah dijadikan hotspot untuk internetan via PC.

Setelah di cek, paket data yang rencananya untuk digunakan di hape habis untuk mendownload pembaruan sistem Windows 7 tanpa disadari.

2. Lisensi Bajakan Hilang

Menjalankan update sistem akan meningkatkan kemampuan dari Windows 7 itu sendiri guna melindungi diri dari program penyusup seperti Software Aktivator Windows 7.

Setelah file update berhasil diinstal System yang tadinya telah teraktivasi akan kembali menjadi Trial 30 hari.

3. Membuat Booting Jadi Lama

Seperti yang telah dijelaskan tadi, Windows update itu prosesnya berlangsung dilatar belakang. Proses instalasinya juga tidak langsung tetapi akan dilaksanakan pada saat komputer dihidupkan (Booting).

Proses instalasi file update yang berlangsung pada saat komputer dihidupkan ini kerap kali berlangsung cukup lama sehingga bikin KZL mereka yang buru-buru ingin bekerja.

5 Langkah Mematikan Windows Update

Langkah 1. Buka Control Panel\System and Security\Administrative Tools \ Services.

Cara Matikan Windows Update Permanen
Double Click Pada Service


Langkah 2. Cari “ Windows Update” lalu pilih dua kali atau Enter

Cara Matikan Windows Update Permanen
Pilih Windows Update


Langkah 3. Tekan tombol Stop pada Service Status

Cara Matikan Windows Update Permanen


Langkah 4. Perhatikan “Startup Type” pilih “ Disable”.

Cara Matikan Windows Update Permanen


Langkah 5. Aplly dan restart komputer untuk lebih barokahnya.

Kerugian Mematikan Update Windows

Kerugian yang akan anda dapatkan jika menonaktifkan pembaruan perangkat lunak untuk sistem adalah semakin rentannya komputer anda terjangkit malware.

Seperti yang kita tahu bersama bahwasanya penyebaran malware melalui jaringan internet masive terjadi.

Satu hal lagi...

Selain masalah keamanan, ada beberapa aplikasi tertentu yang hanya bisa berjalan jika sistem operasi Windows 7 yang komputer anda jalankan telah menginstal pembaruan sistem.

Untuk itu demi kenyamanan dan keamanan data pribadi anda sebaiknya masalah ini dipertimbangkan kembali sebelum menjalankan panduan yang ada didalam artikel ini.

Penutup

Demikian informasi tentang cara menghentikan update otomatis pada sistem operasi Windows 7 lengkap dengan alasan dan akibat yang ditimbulkan.

Semoga informasi yang dijelaskan dalam artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Terimakasih.
close