Cocok...5 Kelebihan PC All In One dibanding PC Desktop Biasa

Komputer tipe All in One hadir menjadi jalan tengah bagi mereka yang ingin memiliki komputer yang tetap nyaman digunakan bekerja selayaknya menggunakan PC Desktop, tapi memiliki kelengkapan fitur konektivitas yang lengkap seperti halnya sebuah Notebook. Makanya jika anda berkunjung kesitus jual beli online seperti Lazada misalnya, variasi produk PC AIO lebih lengkap dibandingkan varian PC Desktop biasa.

Lalu...

Apa yang menyebabkan orang sekarang ini memilih berpindah ke PC AIO ketimbang tetap menggunakan PC Desktop biasa dan mengapa pula hampir semua perusahaan komputer sepertinya mulai mengurangi prduksi PC Dekstop dengan monitor terpisah...?
Berikut penjelasannya.

Kelebihan PC All in One dibanding PC Desktop Biasa


1. Tidak Makan Tempat

Karena bentuknya yang ringkas, PC AIO jadi tidak memakan terlalu banyak tempat saat diletakkan pada meja kerja yang sempit. Komputer tipe AIO hanya terdiri dari : Mouse, Keyboard dan monitor yang didalamnya sudah sepaket dengan komponen lain.

Berbeda dengan PC Desktop biasa yang selain meminta ruang untuk monitor, anda juga harus rela berbagi meja kerja dengan mesin komputer itu sendiri yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai CPU.

Belum lagi jika komputer desktop tersebut memiliki Speaker, Printer dan UPS, tambah sempit lagi meja kerja anda jadinya.

2. Pemasangan Mudah

Untuk melakukan setup komputer desktop biasa ada beberapa tahapan pemasangan seperti : Menghubungkan mesin PC ke monitor, Mencolokkan kabel Mouse dan Keyboard ke Port USB dan Menyambung kabel Power ke colokan listirik. Jika punya UPS sambung dulu kabel power ke UPS baru dari UPS ke colokan listrik.

Sedangkan PC AIO, cukup sambungkan colok kabel power ke sumber colokan daya listrik, klik tombol power langsung kerja.

Selain itu Port USB untuk Mouse dan Keyboard PC AIO biasanya terpisah sehingga tidak menggunakan Port USB untuk hardware lain seperti Printer dan Flashdisk.

3. Lebih Portable

PC AIO meskipun tidak segampang laptop untuk dibawa kemana-mana, tetapi berkat bentuknya yang simpel dan ramping PC AIO mudah dipindahkan misalnya dari satu meja ke meja lainnya. Anda hanya perlu melepas kabel power, mouse dan keyboard.

Beda halnya dengan PC dekstop biasa, dari awal memasangnya agak sedikit ribet, untuk memindahkannya pun sama.

Kabel yang menghubungkan monitor harus dilepas dulu, mouse dan keyboard juga. Begitu pula dengan kabel power. Apalagi jika anda juga memiliki UPS, bisa memakan waktu agak lama untuk memasang komponen-komponen tersebut saat PC telah selesai dipindahkan.

4. Kokektifitas Lengkap

Komputer tipe AIO biasanya sudah dilengkapi dengan konektifitas lebih lengkap dibandingkan PC Desktop biasa.

Rata-rata PC AIO sudah ada Wifi Adapternya sehingga tidak perlu beli lagi. Untuk yang versi murah sekalipun biasanya PC AIO sudah ada Bluetooth jadi tidak perlu menyalin file dari ponsel Android menggunakan kabel data.

Untuk melakukan videocall, PC AIO sudah tersedia kamera Web sedangkan PC Desktop biasa harus beli Webcam dulu baru bisa digunakan videocall dengan Skype dan aplikasi sejenisnya.

5. Layar PC AIO Rata-rata Lebih Luas

PC AIO dengan rentang haraga 4 jutaan sudah memiliki layar 20 inci keatas. Sedangka PC Dekstop biasa biasanya dengan rentang harga 4 jutaan monitor yang didapat ukurannya lebih kecil.

Kekurangan PC All in One

Selain 5 kelebihan PC AIO, ternyata komputer tipe ini juga punya kekurangan yang sebaiknya jadi pertimbangan anda sebelum membeli.

Berikut penjelasannya.

1. Susah Upgrade

Seperti halnya laptop, setelah membeli PC AIO kita harus menerima performa yang diberikan oleh hardware penyusun PC yang ada karena sebagian besar komponennya susah untuk diganti. Kecuali untuk beberapa bagian seperti RAM dan Harddisk.

Berebeda halnya dengan PC Desktop biasa yang dengan mudah diupgrade, baik itu RAM, VGA dan HDD. Bahkan Procesor pun bisa diganti jika anda tidak puas dengan performa yang diberikan.

Kita juga bisa menambahkan komponen hardware tambahan seperti Webcam dengan kualitas yang terbaik jika ingin PC desktop dapat digunakan melakukan panggilan Video. Sedangkan PC AIO harus pasrah menerima kualitas kamera yang ada.

2. Sistem Pendingin Kurang Maksimal

Karena desain body yang ramping pastinya segala komponen hardware PC AIO didesain lebih kecil juga. Hal ini menyebabkan sistem pendingin PC AIO kurang maksimal sehingga pada saat digunakan bekerja lebih keras, panas yang dihasilkan membuat performa PC cepat sekali drop.

PC Desktop memiliki ruang cukup luas didalam box mesinnya (CPU) sehingga anda bisa menambahkan pendingin tambahan jika rencananya komputer tersebut ingin digunakan untuk menjalankan program berat yang menuntut procesor bekerja lebih keras.

3. Tidak Bisa Menggunakan Dua Monitor

Menggunakan PC Desktop kita bisa menambah 2-3 montor sekaligus jika pekerjaan kita menuntut hal itu. Sedangkan PC AIO anda harus cukup dengan monitor yang ada dan harus sigap menekan CTRL+ALT+TAB untuk berpindah aplikasi.

Perbandingan Harga PC AIO dan PC Desktop Biasa

Baik itu PC AIO dan PC Desktop biasa harga yang ditawarkan tidaklah berbeda terlalu jauh meskipun banyak yang mengatakan PC AIO lebih malah. Tinggi rendahnya harga sebuah komputer bukan karena modelnya tetapi itu semua tegantung dari speisifikasi hardware masing-masing produk PC.

Baca Juga : 7 PC HP AIO Terbaik Harga 6 Jutaan.

Penutup

Itulah kelebihan dan kekurangan dari PC AIO dibandingkan dengan PC desktop biasa. Semoga informasi ini bisa memberikan perbedaan yang jelas antara kedua tipe komputer tersebut sehingga anda bisa memilih komputer tipe apa yang terbaik untuk menjadi partner anda bekerja.

Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

close