Memori Samsung J2 Prime Anda Cepat Penuh…? Berikut Solusinya

Memang agak susah kalau punya hape yang memori internalnya hanya memori internal 8 GB seperti Samsung Galaxy J2 Prime yang . Kondisi ini membuat penggunanya jadi tidak leluasa menginstal aplikasi dan menyimpan foto dalam jumlah banyak. Kalau nekat simpan foto banyak-banyak nanti bakalan muncul pesan “ Memori Hampir Penuh ”.

Sebenarnya issue memori internal yang cepat penuh ini telah dibahas di artikel 7 Kelebihan dan Kekurangan  J2 Prime, namun penjelasan yang ada diartikel tersebut terbatas sehingga harus diperjelas lagi dengan artikel yang fokus mengatasi masalah tersebut.

Memori Samsung J2 Prime Anda Cepat Penuh

Kalau diteliti lebih jauh legi, sebenarnya angka 8 GB memori internal yang tertera pada box Samsung J2 Prime adalah angka kotor. Memori yang 8 GB tadi belum dikurangi beberapa GB untuk sistem, belum lagi aplikasi bawaan yang apabila ditotal semuanya akan menghabiskan 5-6 GB. Itu artinya hanya tersedia sekitar 3 GB saja ruang pada memori internal yang dapat digunakan menyimpan data.

Memori sejumlah 3 GB inilah yang akan anda maksimalkan untuk menyimpan data, baik itu data aplikasi yang anda instal dari Playstore, data yang anda download dari internet, foto dan video hasil jepretan kamera dll. Namun kebanyakan pengguna tidak bisa mengontrol penggunaan memori dengan sehingga sadarnya selalu belakangan saat aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri atau ponselnya restart tiba-tiba.

Guna mengatasi masalah memori internal yang kecil dan cepat penuh tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi masalah kurangnya ruang penyimpanan internal pada Samsung J2 Prime anda sementara anda menyiapkan memori eksternal (Micro SD).

7 Cara Mengatasi Memori Samsung J2 Prime Cepat Penuh

  1. Hapus Atau Nonaktifkan Bloatware
  2. Gunakan Browser Untuk Mengakses Media Sosial
  3. Perkecil Resolusi Gambar Hasil Jepretan Kamera
  4. Jangan Menyimpan File MP3 di Memori Internal
  5. Aktifkan Layanan Penyimpanan Online
  6. Sinkronkan Samsung J2 Prime Dengan Google Foto
  7. Bersihkan Cache Secara Berkala Berikut Penjelasan Lengkapnya...!

1. Hapus Atau Nonaktifkan Bloatware Untuk Menambah Ruang Pada Memori

Samsung seperti halnya produsen hape lainnya menyematkan beberapa aplikasi bawaan seperti Browser, aplikasi Email, Pemutar Musik dll. Selain aplikasi yang dikembangkan Samsung, ponsel terkini juga selalu dijejali dengan aplikasi dari Google yang beberapa diantaranya tidak terlalu penting.

Supaya ada tambahan sedikit ruang untuk aplikasi baru yang rencananya akan anda instal sebaiknya hapus Bloatware tersebut. Berikut adalah beberapa aplikasi yang aman untuk anda hapus dan tidak menggangu sistem yakni : Samsung Browser, FM Radio, Gmail, Google Search, Maps, Market Updater, Memo, Music Player, MyFiles, Network Location, Samsung Keyboard, Calculator dll. Selengkapnya anda bisa baca disini.

Untuk menghapus aplikasi sistem, anda bisa menggunakan aplikasi System Remover dengan syarat Samsung J2 Prime telah di Root. Untuk cara Rootingnya sendiri dapat anda baca Panduan Root J2 Prime 5 Menit.

2. Gunakan Browser Untuk Mengakses Media Sosial

Ada puluhan juta pengguna jejeraing sosial di indonesia dan sebagian besar dari mereka tidak hanya memiliki satu akun jejaring sosial sehingga menyebabkan mereka menginstal semua aplikasinya. Selain memberatkan sistem karena sudah terbukti jika aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram memakan banyak RAM. Aplikasi ini juga menggunakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit.

Untuk itu, jika anda ingin mendapatkan ruang tambahan ekstra dari memori internal sebaiknya anda uninstal aplikasi jejaring sosial anda dan beralih menggunakan browser untuk menjalankannya. Browser seperti Chrome memiliki kemampuan yang sangat baik saat digunakan mengakses Facebook, Twitter dan Instagram, jadi anda tidak perlu instal aplikasi lain lagi.

Kalau anda merasa menggunakan browser terlalu ribet, anda bisa beralih menggunakan aplikasi Lite yang sekarang ini sudah tersedia seperti Facebook dan Messenger Lite, Twitter Lite, Line Lite dll.

3. Perkecil Resolusi Gambar Hasil Jepretan Kamera

Semakin tinggi resolusi kamera maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkannya. Tetapi hal ini mengakibatkan munculnya masalah lain seperti ukuran foto yang semakin besar. Jika satu file gambar hasil jepretan kamera berukuran 3 MB, maka untuk 100 foto akan menghabiskan 300 MB.
Supaya foto-foto tersebut tidak terlalu banyak memakan memori hapus saja sebagian yang tidak terlalu penting atau memiliki kualitas gambar yang jelek. Dan tidak lupa untuk mengatur ulang kualitas gambar hasil jepretan kamera ke angka yang lebih rendah supaya hape dapat menampung lebih banyak foto.

4. Jangan Menyimpan File MP3 di Memori Internal

Sebagian besar orang pastinya suka mendengarkan musik lewat hape, tetapi  sialnya mengoleksi file MP3 dalam jumlah banyak ternyata memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Kalau anda pernah menghitung, satu file MP3 dengan kualitas bagus biasanya berukuran 4-5 MB, sehingga kalau anda menyimpan 100 lagu maka akan menghabiskan memori sebanyak 400-500 MB.

Lumayan kan…?

Solusinya adalah, anda bisa mencoba beralih mendengarkan MP3 lewat aplikasi streaming musik seperti JOOQ atau Spotify. Saya pribadi lebih merekomendasikan JOOQ karena dapat digunakan saat perangkat sedang Offline.

5. Aktifkan Layanan Penyimpanan Online

Google telah memasang aplikasi Google Drive pada semua perangkat android yang mana tersedia 15 GB ruang penyimpanan gratis untuk satu akun yang aktif. Jika anda termasuk yang belum sadar akan keberadaan aplikasi ini sebaiknya aktifkan paket gratisan google drive anda sekarang sehingga anda dapat menyimpan data penting seperti foto dan video dengan aman. Anda juga bisa tetap mengakses file-file yang telah anda upload ke Google Drive lewat perangkat apapun dengan cara login menggunakan akun yang sama dengan yang anda gunakan untuk mengupload file.

6. Sinkronkan Samsung J2 Prime Dengan Google Foto

Google foto merupakan aplikasi penyimpanan file jenis image dan video secara online. Aplikasi ini memungkinkan foto dan video yang ada diperangkat Samsung J2 Prime dibackup secara otomatis sehingga tidak perlu lagi menyimpannya di memori hape. Anda sebaiknya menggunakan google foto sejak awal karena secara default aplikasi ini sudah terpasang bersama aplikasi google lain seperti Maps, Gmail, dan Playstore.

Mengapa harus Google Foto...?

Sebenarnya ada juga sih aplikasi sejenis yang menyediakan layanan yang sama, tetapi Google foto punya dua kelebihan seperti :
  • Google foto sudah ada di semua perangkat android jadi tidak perlu download kecuali diperbaharui versinya. 
  • Google foto menyediakan ruang penyimpanan 15 GB secara gratis, sementara layanan lain hanya sanggup menyediakan 2 GB ruang penyimpanan saja (untuk versi gratis).
Lalu bagaimana cara menggunakan google foto...?

Buka aplikasi google foto. Kalau aplikasi ini belum pernah digunakan sebelumnya, sistem biasanya akan meminta update ke versi terbaru agar fitur-fiturnya bisa dipakai semua.

Setelah diperbaharui, login menggunakan akun Google yang sama dengan email untuk masuk ke perangkat android setelah itu Buka MENU yang ada di pojok kiri atas .

Lalu buka SETELAN ->BACKUP DAN SINKRONISASI kemudian Tap untuk mengaktifkan fiturnya backupnya. Nantinya, semua foto dan video yang ada di folder DCIM / Camera akan dicadangkan di Google Foto secara otomatis tanpa mengganggu jalannya aplikasi lain.

Satu lagi…

Banyak yang ogah menggunakan aplikasi Google foto karena takut Paket Data Internet Cepat Habis. Padahal anda bisa mengatur sendiri file apakah backup menggunakan data seluler atau hanya pada saat perangkat terhubung dengan jaringan Wifi.

7. Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi.

Sumber : https://blogs.opera.com/indonesia/2016/10/cara-bersihkan-cache-pada-android-dan-opera-mini/

Tapi ada satu masalah, Cache jika tidak dihapus akan menyebabkan masalah seperti ponsel menjadi lamban. Jika ponsel Android terasa lamban dan tidak mengerti apa penyebabnya, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh ukuran Cahce yang terlanjur besar sehingga sistem tidak punya ruang lagi untuk membuat Cache baru. Untuk itu, hapuslah cache aplikasi secara berkala misalnya saja 1X seminggu agar jalannya sistem pada ponsel android anda selalu lancar.

Mengapa Cache dihapus secara berkala, tidak setiap saat...?

Jika Cache dihapus setiap saat, maka pada saat membuka aplikasi prosesnya membutuhkan waktu lebih lama serta memakan banyak daya baterai dan RAM.

Cara Menghapus Cache
  • Buka menu Settings dan pilih Storage
  • Tekan informasi “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi
  • Tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus
Cara Menghapus Cache Aplikasi

Jika anda mendeteksi ada masalah pada aplikasi tertentu (Facebook misalnya) anda dapat menghapus Cache dari aplikasi Facebook saja tanpa mengganggu Cache aplikasi lain.

Caranya...
  • Buka menu Settings, pilih Apps atau Application Manager
  • Pilih Aplikasi yang ingin anda hapus cache-nya
  • Tekan tombol Clear untuk menghapusnya

Cara Reset Samsung J2 Prime

Apabila hp Samsung J2 Prime anda dirasa memiliki sistem yang terlalu kotor (karena telah dir Root, Oprek dsb) ada baiknya melakukan Reset pada hape Samsung J2 Prime anda lalu memulai dari awal 7 tips yang telah dijelaskan diatas.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J2 Prime Mode Recovery

  • Pertama anda harus memastikan bahwa kondisi baterai pada Samsung J2 Prime minimal berada di 40 persen ke atas
  • Selanjutnya, anda dapat langsung menonaktifkan atau mematikan Samsung Galaxy J2 Prime yang masih menyala
  • Kemudian, anda dapat langsung menekan tombol Home + Power + Volume Atas
  • Nantinya anda dapat melepas tombol Power apabila telah muncul logo di layar, namun anda masih harus tetap menekan tombol Home + Volume Atas hingga muncul logo Android berbentuk robot
  • Setelah semua tombol dilepas maka secara otomatis anda akan masuk ke dalam mode recovery
  • Pada saat berada di mode recovery maka anda dapat menekan kembali tombol Volume Atas + Power hingga muncul menu pilihan
  • Selanjutnya, anda dapat memiliki Wipe data/factory reset dengan menekan tombol Volume dan mengonfirmasi dengan tombol Power
  • Kemudian, anda dapat memilih Yes untuk mengonfirmasi bahwa akan melakukan reset
  • anda dapat menunggu proses pengembalian Samsung Galaxy J2 Prime ke setelah pabrik atau awal selama beberapa saat
  • Apabila proses sudah selesai maka anda dapat memilih menu Reboot System Now dan secara otomatis akan terjadi restart atau booting
  • Biasanya proses booting pertama kali akan memakan waktu kurang lebih 5 menit
  • Setelah proses beres maka anda akan dihadapkan kembali pada menu-menu awal seperti ketika membelinya sejak pertama kali

Cara Hard Reset dengan Menu Pengaturan

  • Pertama, anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi baterai dengan minimal 40 persen ke atas
  • Selanjutnya, nyalakan  Galaxy J2 Prime dan anda dapat membuka aplikasi atau menu Setelan
  • Pada halaman Setelan, anda dapat memilih menu Buat cadangkan & setel ulang
  • Kemudian, anda dapat memilih menu Kembalikan setelah pabrik dan langsung pilih Setel ulang perangkat
  • Terakhir, anda dapat memilih menu Hapus Semua
  • Selanjutnya, anda dapat menunggu proses reset berlangsung beberapa saat
  • Setelah proses reset selesai maka Galaxy J2 Prime akan melakukan reboot atau restart secara otomatis
Itulah solusi yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah memori internal Samsung Galaxy J2 Prime yang cepat penuh akibat kapasitasnya yang kecil. jangan lupa untuk share ke orang terdekat anda jika artikel ini bila dirasa bermanfaat.

Terimakasih 

0 komentar:

Posting Komentar

close