5 Hal Yang Menyebabkan Samsung J2 Prime Sering Restart Sendiri

Dalam kurun waktu tertentu ponsel android secanggih apapun spesifikasinya pastinya akan mengalami masalah. Tidak terkecuali Samsung Galaxy J2 Prime yang hanyalah sebuah produk Entry Level dari Samsung serta dibekali spek Hardware standar.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Samsung J2 Prime Selain Memori Cepat Penuh adalah seringkali Restart sendiri. Untuk permasalahan memori internal yang cepat penuh sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Pertanyaannya, Mengapa Samsung Galaxy J2 Prime seringkali mendadak Restart meskipun tidak diapa-apakan. Berhubung banyak teman yang bertanya tentang masalah tersebut, Berikut penjelasan yang didapat dari berbagai sumber terpercaya dikombinasikan dengan pengalaman pribadi.

Baca Juga : Cara Mempercepat Internet J2 Prime Dengan Lock Jaringan

5 Penyebab Samsung J2 Prime Restart Sendiri

1. Perangkat Mengalami Overheat. Overheat adalah kondisi dimana sebuah perangkat elektronik mencapai suhu diatas batas normal yang ditentukan. Seperti halnya sebuah komputer, ponsel Android yang mengalami Overheat akan merestart dirinya sendiri untuk menghindari kerusakan CPU (Prosesor Jebol). Yang menyebabkan perangkat android mengalami Overheat bisa jadi karena BUG pada Firmware maupun kesalahan pengguna dengan memaksakan perangkat bekerja terlalu lama.

2. Perangkat Telah Mencapai Limit RAM. Random Acces Memory (RAM) adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebelum di eksekusi oleh CPU. Semakin banyak data yang bisa ditampung oleh RAM, semakin cepat dan banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan. Terkadang, kita tidak sadar bahwa perangkat kita punya kapasitas RAM yang terbatas. Saat ini RAM 2 GB merupakan spesifikasi terendah sebuah perangkat Android.

Tetapi faktanya...

Banyak dari kita yang tidak mempedulikan kondisi tersebut dan terus menginstal aplikasi meskipun RAM yang tersedia pada perangkat telah mencapai batas (Limit). Bila sudah tidak ada RAM yang digunakan untuk menjalankan sistem, ponsel akan melakukan perbaikan sendiri dengan cara Restart otomatis.

3. Pernah Mengedit Script System. Karena sifatnya yang terbuka, Sistem Operasi Android jadi mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan penggunanya. Tidak puas dengan tampilan maupun kinerja sistem yang standard, banyak pengguna Android yang melakukan perubahan pada script system (Build.Prop). Kesalahan dalam melakukan perubahan pada script tersebut dapat menyebabkan sistem menjadi kacau lalu mengakibatkan hape Restart sendiri.

4. Terjadi Konflik Antara Sistem Dengan Data LamaSeringkali setelah melakukan Flashing pada perangkat Android terjadi konflik antara data warisan sistem terdahulu dengan sistem yang baru terpasang. Karena tidak klop, jadinya sistem tidak berjalan dengan semestinya lalu berusaha melakukan perbaikan dengan cara restart.

5. Perangkat Kehabisan Memori Penyimpanan. Samsung J2 Prime dibekali dengan memori internal yang cukup luas yakni 8 GB. Tetapi angka tersebut tidak seluruhnya bisa dijadikan tempat menyimpan data. Hanya 50% dari 8 GB tadi yang bisa anda jadikan tempat penyimapan, karena 50% lagi digunakan oleh Sistem Android dan Aplikasi beserta datanya. Angka 50% tadi sebenarnya bisa berkurang jika kelak anda menginstal aplikasi ditambah dengan data baru seperti foto tangkapan kamera atau file yang anda download dari Browser.

Kalau sudah penuh biasanya hape jadi lemot dan Restat sendiri karena kehabisan ruang untuk menjalankan sistem dengan normal.

Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Restart Sendiri

5 Hal Yang Menyebabkan Samsung J2 Prime Sering Restart Sendiri

Cara 1. Istirahatkan Sementara Samsung J2 Prime

Jika perangkat anda restart diikuti dengan peningkatan suhu tinggi karena digunakan terlalu lama, maka solusinya adalah istirahatkan ponsel Samsung anda sejenak. Tidak hanya sebatas mematikan, tetapi bongkar Baterai, SIM, Memory Card lalu biarkan perangkat selama 30 menit. Seperti halnya manusia, MUNGKIN komponen Hardware Samsung J2 Prime anda lelah dan perlu diistirahatkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, rakit dan hidupkan ponsel anda kembali.

Jangan lupa untuk rutin menjalankan pembaruan perangkat lunak agar BUG yang ada pada Firmware segera diatasi.

Cara 2.  Sortir Aplikasi Yang Rakus RAM

Jika perangkat Samsung J2 Prime anda Restart sendiri pada saat menjalankan aplikasi tertentu, anda patut curiga jika aplikasi tersebut mengkonsumsi terlalu banyak RAM. Cek penggunaan aplikasi yang dimaksud dengan cara buka Pengaturan / Perawatan Perangkat / Memory lalu perhatikan konsumsi memori dari aplikasi yang anda curigai.

Beralihlah ke aplikasi Lite seperti Instagram Lite, Twitter Lite, Facebook dan Messenger Lite karena aplikasi tipe ini sangat ramah RAM dan memori penyimpanan.

Cara 3. Reset Sistem ke Pengaturan Pabrik

Cara ini cocok anda gunakan jika perangkat anda Restart sendiri ditenggarai oleh Penyebab No.3 dan 4. Sistem yang korup (rusak) akibat edit file sistem atau adanya bentrok antara sistem baru dengan data file sistem lama solusinya hanya Hard Reset. Perlu untuk anda ingat, Hard Reset akan menghapus data dan aplikasi beserta akun-akunnya kecuali email Google.

Cara Melakukan Hard Reset :

Matikan Samsung J2 Prime  lalu Masuk ke System Recovery dengan menekan tombol Home + Power + Volume Atas, setelah muncul logo Samsung lepaskan tombol.

Pilih menu Wipe Data Factory Reset / Delete All User Data lalu Konfirmasi Penghapusan
Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memindahkan kursor dan tombol power untuk memilih opsi.

Setelah proses Reset selesai, pilih menu Reboot System Now lalu jalankan Set Up Wizard

Cara 4. Pindahkan Semua Data (Kecuali File Sistem) Dari Memori Internal

Kelihatannya saja Samsung J2 Prime memori internalnya besar padahal yang bisa digunakan sekitar 4 GB. 4 GB tidak ada artinya jika nanti anda berencana menginstal banyak aplikasi sekaligus menyimpan foto atau video beserta data lainnya. Belum lagi dikurangi Cache dan Sampah Sistem yang bisa menumpuk tanpa diketahui.

Untuk itu, sebaiknya maksimalkan saja memori internal yang terbatas tersebut untuk sistem dan aplikasi sedangkan foto, video dan lagu simpan di SD Card. Instal aplikasi Google File Go yang akan membantu anda menghapus file sampah sistem yang jika dibiarkan dapat menghabiskan memori internal. Jika anda tidak memiliki SD Card untuk menyimpan foto dan video yang terlanjur banyak menumpuk di memori internal, Gunakan layan penyimpanan awan seperti Google Foto.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori J2 Prime Cepat Penuh

Penutup

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Yang Sering Restart Sendiri, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

close