Samsung Galaxy Lemot dan 5 Langkah Cerdas Mengatasinya

Selalu ada masa dimana perangkat Samsung Galaxy yang dulunya lancar diajak multitasking akan mengalami penurunan performa alias lemot. Dulu pas masih baru digunakan bermain game lancar, edit video Oke, Edit Foto gampang.

Penurunan performa hape Android merk apapun itu biasanya akan terjadi setelah melewati tahun ketiga pemakaian. Tetapi hal tersebut tidak mutlak, karena banyak juga yang umur hapenya lebih 5 tahun tapi baterainya masih awet, body kinclong, tidak lecet dan seperti baru. Semua itu tergantung dari cara kita merawat hape kita saja.

Lalu bagaimana jika perangkat Android Samsung Galaxy yang digunakan secara normal-normal saja tapi kok lemot. Penjelasanya adalah sebagai berikut...

5 Langkah Cerdas Mengatasi Samsung Galaxy Lemot 

Samsung Galaxy Lemot

Langkah 1. Periksa Aplikasi Yang Menghabiskan Banyak RAM

Buka menu Pengaturan -> Smart Manager -> RAM. Atau Pengaturan -> Pemeliharaan Perangkat -> Memori. Perhatikan data penggunaan RAM oleh Sistem dan Aplikasi beserta sisa RAM (Free RAM) yang tersedia.

Scroll kebawah untuk melihat aplikasi apa saja yang memakan memori paling banyak. Data yang didapat dari jalantikus.com aplikasi Chat seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Line, dan Jejaring  Sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter tergolong aplikasi rakus RAM.

Solosinya..hapus aplikasi tersebut dan ganti dengan aplikasi sejenis dengan tipe Lite. Aplikasi Lite adalah aplikasi versi ringan yang memiliki fungsi sama tapi menggunakan memori lebih rendah dengan resiko  pemangkasan fitur. Facebook, Twiiter, Line, FB Meseenger, Line, Twitter dan Mozila Firefox telah memiliki aplikasi versi lite.

Selain itu gunakan pula aplikasi Go dari Google untuk mengganti aplikasi Standar Google seperti Maps, Youtube dan Search. Setelah anda menginstal aplikasi Google Go, nonaktifkan aplikasi standar yang telah digantikan oleh Aplikasi Google Go tadi, agar memori internal tambah lapang.

Langkah 2. Kosongkan Lebih Banyak Ruang Memori Internal.

Memory internal yang penuh akan membuat sistem tertutup sendiri, hang dan tidak bisa menginstal aplikasi lagi. Masalah ini sering dialami ponsel Android dengan ROM kecil seperti Samsung J2 Prime.

Lalu bagaimana cara mengatasinya...?

Bersihkan Sampah Sistem Dengan Samsung Smart Manager. Sampah sistem dihasilkan dari aplikasi yang kita jalankan. Meskipun jumlah yang dihasilkan dalam satu penggunaan tidaklah banyak, namun jika dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah. Salah satunya adalah Memori Internal hape yang cepat sekali penuh.

Samsung sendiri telah membekali perangkat terbaru seperti Galaxydengan utilitas lengkap seperti Smart Manager. Program utilitas ini dapat membersihkan file sampah beserta duplikasi file hanya dengan satu kali klik.

Langkah-langkah membersihkan file sampah Galaxy:
  • Hidupkan perangkat Samsung Galaxy anda
  • Klik tombol aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi yang terpasang
  • Buka progam utilitas Smart Manager
  • Pilih menu Storage (penyimpanan)
  • Scrool kebawah lalu tekan tombol “ Delete “ atau “ Bersihkan “.
Lanjut ke langkah berikutnya...!

Backup Foto dan Video ke Media Penyimpanan Lain.

Sudah seharusnya sih pengguna hp dengan memori internal rajin-rajin melakukan backup. Cara backupnya bisa menggukan harddisk komputer atau media penyimpanan awan.

Backup menggunakan PC :
  • Instal Driver USB Samsung atau Samsung KIES
  • Sambungkan Samsung Galaxy anda ke komputer menggunakan kabel data
  • Salin semua file penting anda ke komputer dengan folder khusus
  • Setelah itu hapus file yang ada di memori internal
Tetapi ada satu masalah...

Pada saat kita ingin melihat / membagikan foto yang telah kita backup di harddisk komputer, kita harus buka komputer dulu lalu menyalin foto tersebut ke hape. Setelah diupload ke facebook misalnya, foto tersebut dihapus lagi...

Ribet kan...?

Untuk itu saya lebih mengajurkan anda untuk membuat cadangan foto dan video secara online melalui sinrkonisasi perangkat Galaxyanda dengan aplikasi Google Foto. Setelah anda  menyinkronkan perangkat dengan Google foto, anda bisa menghapus foto-foto lama yang sebelumnya tersimpan di memori.

Jika kelak anda butuh foto tersebut, anda tinggal buka Google foto.

Bagaimana..simple kan...?

Menghubungkan Perangkat Samsung Galaxy Dengan Google Foto
  • Download aplikasi Google Foto lalu Jalankan aplikasinya dengan cara login menggunakan akun Google (Gmail).
  • Pada bagian atas kiri tap menu atau swipe layar kekanan untuk menampilkan semua menu.
  • Pilih menu setelan -> Backup & Sinkronisasi -> Tap opsi aktifkan dan menonaktifkan Backup & Sinkronisasi.
  • Scrol layar kebawah dan atur opsi pencadangan, apakah hanya menggunakan Wi-Fi atau Data seluler.
  • Setelah semua foto dan video anda backup, kembali kehalaman utama aplikasi Google Foto.
  • Tampilkan semua menu lalu klik menu kosongkan penyimpanan untuk menghapus semua foto dan video yang telah anda backup.

Langkah 3. Jalankan Opsi Hard Reset.

Setelah menjalankan dua langkah pertama diatas dan Samsung Galaxy anda masih lambat, mungkin penyebabnya ada disistem yang perlu disegarkan. Yang jelas caranya bukan disiram, tapi dikembalikan kepengaturan pabrik. Meski hanya dengan dua cara pertama tadi seharusnya perangkat Samsung yang normal sudah bisa kembali ke performa awal.

Cara Reset Samsung Galaxy :

Buka Pengaturan -> Backup and Reset (Pencadangan)-> Factory Reset -> Centang bagian persetujuan tap tombol Reset. Prosesnya agak lumayan lama, tergantung dari seberapa banyak data yang ada dimemori anda. Setelah itu setup perangkat seperti laiknya hape baru.

Langkah 4. Upgrade Android

Android sebenarnya berjalan pada sebuah Emulator seperti Bluestack di sistem operasi Windows. Kalau anda masih menggunakan sistem operasi Android lawas seperti Jelly Bean atau Kit-Kat, sebaiknya lakukan pembaruan sistem ke Android terbaru jika pembaruan sistem tersedia.

Langkah-langkah upgrade Android telah dijelaskan disini.

Langkah 5. Download Aplikasi Lazada

Setelah melakukan upaya maksimal untuk mengatasi masalah lemotnya kinerja hape Samsung Galaxy anda tapi masih saja lambat. Mungkin bukan salah hapenya, tapi anda yang perlu hape baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Untuk itu download aplikasi Lazada atau sejenisnya lalu cari Smartphone Samsung terbaru yang memiliki spek, desain dan sistem Android terbaru.

Cara kelima ini saya jamin berhasil mengatasi masalah hape Samsung Galaxy yang lambat.

Penutup

Demikian informasi tentang cara cerdas mengatasi hape Samsung Galaxy yang lemot agar tidak kumat lagi.

Semoga Bermanfaat.
close