Spek dan Kelebihan Lenovo A6000, Wajib Tahu

Sebelum membeli ponsel android saya biasanya mencari informasi terlebih dahulu tentang spek dan kelebihan dari hape incaran. Baru setelah itu mulai mencari harga yang pas dengan kondisi bujet.

Berhubung saya pernah menggunakan Lenovo A6000 selama beberapa bulan, bagi anda yang bernecana membeli hape ini sebaiknya baca dulu review saya ini. Meskipun tidak terlalu lengkap karena hape yang saya gunakan barang second dan telah saya jual, setidaknya informasi ini bisa memberi sedikit gambaran tentang Lenovo A6000.

Tanpa basa-basi lagi berikut penjelasannya yang akan dimulai dari spesifikasinya dulu.

Spek dan Kelebihan Lenovo A6000

Spek dan Kelebihan Lenovo A6000, Wajib Tahu
Sumber : https://www.gsmarena.com/lenovo_a6000-pictures-6938.php

Spesifikasi Lengkap Lenovo A6000

  • Jaringan : GPRS, EDGE, UMTS, HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+, 4G LTE
  • Kecepatan Jaringan : HSPA+ 42.2/5.76 Mbps / 4G, LTE Cat4 150/51 Mbps
  • Tipe SIM Card : Dual Micro SIM
  • Ukuran Layar: 5 inchi
  • Dimensi Layar : 141 x 70 x 8.2 mm
  • Teknologi Layar : IPS Capacitive Touchscreen, 16M warna
  • Resolusi: 720 x 1280 pixel
  • Berat : 128 gram
  • Sistem Operasi (OS) : Android KitKat versi 4.4.4 (bisa diupgrade ke Lollipop)
  • SOC : Qualcomm Snapdragon 410
  • CPU Core : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • Memori RAM: 1 GB
  • ROM (internal storage) : 8/16 GB dapat di tingkatkan hingga 32 GB dengan External microSD 
  • Kamera Kamera Utama: 8 MP auto-focus
  • Kamera Depan : 2 MP
  • Sistem Audio : Dual speaker, Dolby Digital Plus, Vibration, MP3, WAV ringtones
  • Baterai / Kapasitas : Removable Li-Po 2300 mAh battery / Stand by: 264 jam / Talk Time: mencapai 22 jam
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, USB 2.0, Bluetooth versi 4.0, FM Radio
  • Kelengkapan Sensor : Accelerometer, Proximity
  • Ketersediaan Warna : Black (Hitam)

Kelebihan Lenovo A6000

1. Ukuran Layar Pas di Genggaman

Karena ukuran telapak tangan yang tergolong kecil, saya agak kesulitan untuk menggenggam ponsel dengan layar 5,5” keatas. Selain susah mengoperasikan dengan satu tangan, perangkat android dengan layar lebar lebih rentan jatuh karena genggaman tangan kurang pas.

Untungnya Lenovo A6000 memiliki ukuran layar 5” saja yang tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar. Mengoperasikannya juga mudah meskipun menggunakan satu tangan, kecuali untuk keperluan tertentu seperti mengetik SMS atau bermain game.

2. Audio Kualitas Dolby

Karena jarak dari rumah ke kantor cukup jauh dan melelahkan, diatas motor saya biasanya memutar lagu-lagu Rock dengan earphone di Lenovo A6000 supaya tetap bersemangat bekerja.

Mendengarkan lagu menggunakan earphone di Lenovo A6000 memberikan sensasi yang berbeda karena kualitas Audio dari hape ini sudah menggunakan teknologi Dolby Digital Plus. Saking bagus kualitas audio yang dihasilkan, lagu apapun kalau diputar dengan volume agak tinggi jadi  ikutan enak didengar, saya sendiri terkadang heran, ini lagunya yang memang bagus atau karena hapenya yang bagus.

Entahlah...

3. Sudah Menjalankan Android Lollipop

Google melakukan perombakan besar-besaran terhadap sistem operasi mobile Android pada versi Lollipop. Pada edisi Android ini pula Google memperkenalkan Antarmuka Material Design yang selanjutnya diterapkan pada generasi Android terbaru seperti Nougat dan Oreo.

Beruntungnya Lenovo A6000 dan A6000 Plus mendapatkan pembaruan sistem dari yang semula Kit Kat 4.4.4 ke Lolipop 5.0.2. Untuk melakukan upgrade OS, bisa via OTA atau Flash manual di SD Card.

4. Mendukung Jaringan 4G LTE

Dibandingkan dengan jaringan 3G, ponsel yang menggunakan jaringan 4G LTE akan menghasilkan kecepatan dalam berkomunikasi yang lebih lancar. Hanya saja, terkadang tidak semua lokasi sudah bisa dijangkau oleh jaringan 4G LTE, seperti ditempat tinggal saya sinyal 4G tidak stabil.

Teknologi jaringan 4G LTE memang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan 4G LTE yang dimaksud adalah Kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps. Download mp3 dengan ukuran file 3-4 MB hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Selain itu, aktifitas Streaming Youtube saya yang dirumah selalu Buffering menjadi lebih lancar kalau streamingnya ditempat kerja yang sinyal 4G sudah full. Makanya, saya sering sengaja agak terlambat pulang untuk menghabiskan kuota yang terkadang sampai akhir bulan selalu ada sisa.

Kekurangan Lenovo A6000

1. Kapasitas Baterai Mini

Sangat disayangkan memang apabila sebuah produk Smartphone yang telah mengadopsi teknologi jaringan 4G harus dibekali dengan baterai kurang dari 3000 mAh. Dari informasi yang saya dapat, hape dengan jaringan 4G lebih boros daya dibanding ponsel jaringan 3G/2G. Lenovo A6000 sendiri hanya memiliki kapasitas baterai 2300 mAh dengan type Lithium-Polymer.

Praktis kondisi ini akan membuat perangkat tidak akan mampu bertahan seharian penuh apalagi data seluler selalu aktif. Memutuskan membeli Lenovo A6000 berarti harus siap juga membeli Power Bank.

2. RAM Kecil

Ditahun 2018 perangkat Android dengan RAM 2 GB digolongkan sebagai Smartphone kasta terendah. Sedangkan Lenovo A6000 hanya dibekali dengan RAM 1 GB saja.

((((RAM 1 GB Kastanya Apa YA))))

Tren penggunaan RAM yang semakin tinggi menurut saya disebabkan oleh kebutuhan aplikasi khususnya Game baru yang semakin tinggi kebutuhan RAM-nya. Maka tidak heran kalau produsen hp menjadikan 3 GB sebagai standar baru ponsel kelas medium.

Kalau Anda ingin mengikuti jejak saya membeli Lenovo A6000, anda harus menghindari aplikasi rakus RAM seperti Facebook dan Mesengger, kalau ingin hapenya tidak lemot. Kedua aplikasi ini akan melahap hampir 50% RAM jika berjalan bersamaan.

Anda bisa beralih ke aplikasi Lite seperti Facebook dan Mesenger Lite. Selain Facebook, Twitter, Line dan Instagram juga telah merilis aplikasi Lite. Kalau mau lebih hemat lagi, gunakan juga aplikasi Go dari Google yang dibuat sebagai alternative versi standar yang memakan lebih sedikit RAM dan ROM.

Aplikasi Go yang sudah tersedia saat ini antaralain : Youtube Go, Maps Go dan Google Search Go.

3. Kamera Depan Nanggung

Bagi yang suka selfie dan Vloger Lenovo A6000 sepertinya bukan pilihan yang tepat untuk dibeli. Ponsel ini hanya dibekali dengan kamera depan beresolusi 2 MP kualitas VGA.

Dengan kualitas kamera depan yang sedemikian, pasa saat selfie sebaiknya tidak menggunakan kamera bawaan, tapi gunakanlah aplikasi foto selfie seperty Beauty Plus agar minur kamera dapat ditutupi.

4. Tanpa Pelindung Layar

Kekurangan selanjutnya Lenovo A6000 adalah layar yang tidak dirpoteksi dengan lapisan Gorila Glass pada umumnya tapi dari lapisan kaca biasa. Untuk itu memasang Tempered Glass merupakan keharusan jika tidak ingin layar hape mudah lecet.

5. Memory Internal Sempit

Tersedia dua varian Lenovo A6000 berdasarkan kapasitas penyimpanan yakni versi 8 GB dan 16 GB. Secara angka, ruang penyimpanan 8/16 GB sudah sangat luas kedengarannya. Tetapi faktanya, setelah digunakan untuk sistem dan aplikasi ruang penyimpanan yang bisa dipakai simpan data hanya 50% saja. Jika Ingin ruang lebih, harus beli memori Eksternal.

Harga Lenovo A6000Tahun 2018

Lenovo sudah menghentikan produksi Lenovo A6000 sehingga anda akan kesulitan menemukan produk Lenovo A6000 kondisi baru. Harga baru untuk Lenovo A6000 berkisar Rp.1.500.000 untuk versi 8 GB ROM. Sedagkan versi 16 GB Rp.1.700.000. Harga bekas Lenovo A6000berkisar Rp. 600.000 s/d 700.000.

sumber : laku6.com

Penutup

Itulah informasi dari saya tentang spek dan kelebihan Lenovo A6000 yang saya gunakan beberapa bulan. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa jadi pertimbangan anda sebelum beli hape lenovo A6000.
close