Cara Flash Samsung J2 Pro 2018 Bootloop dan IMEI Null

Bagi kebanyakan orang, Flashing Firmware hape hanya dilakukan jika perangkat android mengalami masalah. Memang benar jika Flashing dapat mengatasi masalah-masalah umum pada perangkat android seperti : Bootloop, IMEI Null dan Softbrick.

Adakalanya flashing diperlukan saat perangkat dalam kondisi baik, misalnya ingin menginstal Stock Firmware terbaru. Seperti yang sudah diinformasikan pada postingan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J2 Pro. Perangkat android yang satu ini dipastikan mendapatkan update sistem operasi ke android Oreo 8.0.

Guna meningkatkan versi Android Nougat 7.1.1 yang sebelumnya terpasang anda bisa mengupgrade secara online via OTA atau Flashing menggunakan PC seperti yang akan dijelaskan didalam panduan ini. Sedangkan untuk masalah Firmware, anda bisa download disitus mana saja. Tetapi jika anda mencari rekomendasi situs terbaik tempat download firmware terlengkap, maka saya rekomendasikan SamMobile.com .

Sebelum lanjut, ada beberapa persiapan penting yang harus dilakukan supaya proses flashing firmware lancar sperti Mengisi daya perangkat Samsung anda hingga penuh (minimal 60%), Membuat cadangan file seperti Foto, video, Kontak dan Data Aplikasi (Game). Tidak lupa pula untuk menyediakan 2 GB ruang kosong pada Memori Internal serta Download Driver USB Samsung dan program Odin

Baca Juga : Cara Update Versi Android Samsung J2 Pro ke Oreo Tanpa PC

Cara Flash Samsung J2 Pro 2018 Bootloop dan IMEI Null

Cara Flash Samsung J2 Pro 2018 Menggunakan Odin

Langkah 1. Instal Samsung USB Driver. Jika  sudah terinstal Samsung KIES di komputer  maka lewati langkah ini. Driver USB berfungsi agar Sistem Operasi windows dapat membaca ponsel android.

Langkah 2. Aktifkan USB Debugging. Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan / Opsi Pengembang / Pendebug USB. Jangan lupa juga untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM  ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas). Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka Pengaturan / Tentang Perangkat / Versi Pita Basis (tap selama 6-8x).

Langkah 3. Masuk Download Mode. Matikan perangkat Samsung Galaxy anda lalu masuk ke Mode Download dengan cara Menekan tombol Home + Power + Volume Bawah. Pada saat handphone bergetar lepaskan tombol Power tapi tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home. Setelah masuk Download Mode  anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi Firmware dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.

Langkah 4. Jalankan Program Odin Dengan Bertindak Sebagai Administrator. Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer. Tampilan Odin akan tampak seperti gambar berikut :

6 Langkah Mudah Flash Stock Firmware Samsung J2 Pro 2018

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung. Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna.

Pada Message Box akan muncul pesan “Added” sesaat setelah Ponsel Android tersambung. Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “.

Langkah 5. Masukkan Fimrware dan Instal Menggunakan Odin. Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari banyak file seperti : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC.

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File. Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst. Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing. Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Langkah 6. Restart dan Jalankan Set Up Wizard. Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Penutup

Itulah 6 Langkah Mudah Menginstal Stock Firmware Android Samsung J2 Pro 2018 menggunakan PC sebagai alternative jika Update Secara Online dirasa terlalu berat karena butuh data internet yang banyak.

Selain menghemat data internet, anda juga bisa menyimpan firmware untuk anda gunakan nanti saat diperlukan sehingga tidak perlu minta tolong tukang service hape.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.
close