Cara Flash Asus Z00LD ZE550KL Yang Hilang IMEI

Bagi anda pengguna Smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL (Z00LD). Mulai saat ini berhati-hatilah dalam mengoprek Android hp anda. Mengoprek sistem selain menghanguskan garansi serta dapat mengkibatkan kerusakan sistem.

Banyak saya temukan orang yang dulunya senang mengoprek akhirnya menyesal karena hapenya jadi bermasalah. Salah satu masalah yang kerap kali ditimbulkan dari kebiasaan ngoprek itu adalah hilangnya Nomor IMEI.

Nomor IMEI ibarat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang membedakan antara ponsel yang satu dengan yang lain. Dengan hilangnya IMEI maka operator seluler akan menganggap hape tesebut ilegal dan tak terdaftar.

Imbasnya...

Operator seluler akan memblok segala akses yang dilakukan oleh perangkat Android tersebut seperti Telpon, SMS, dan Internet. Mendapati ponsel Android dengan kondisi tersebut tentunya sangat merugikan. Karena semua fungsi pokok dari dari sebuah Smartphone tidak dapat dijalankan.

Lalu bagaimana solusinya.

Ada 2 (dua) solusi yang bisa saya berikan untuk mengatasi hp Asus Zenfone yang tidak bisa menampilkan Nomor IMEI yaitu : Hard Reset dan Flash

Berikut penjelasan lengkapnya...!

Cara Flash Asus Z00LD ZE550KL Yang Hilang IMEI

Cara Flash Asus

1. Hard Reset

Konsekuensi yang harus anda tanggung dengan melakukan Hard Reset pada hp Asus Z00LD anda adalah semua aplikasi beserta datanya akan terhapus. Jadi setelah ponsel kembali normal, anda harus mendownload ulang semua aplikasi tersebut. Kecuali anda telah melakukan Backup menggunakan aplikasi Titanium.

Cara melakukan Hard Reset bagaimana...?
  1. Matikan perangkat dengan cara lepas baterai kemudian pasang kembali. 
  2. Masuk ke Sistem Recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume bawah secara bersamaan.
  3. Lepaskan Tombol Power setelah ponsel bergetar tapi jangan lepaskan Tombol Volume bawah sambil ditekan berulang-ulang.
  4. Setelah masuk Sistem Recovery, pilih opsi Wipe Data Factory Reset-> Delete All User Data dengan menekan (Volume +) atau (Volume -) untuk memindahkan kursor dan tombol power untuk memilih opsi.
  5. Restart perangkat dan setting kembali ponsel seperti laiknya hape baru.

2. Flash Manual

Seperti namanya, cara ini kita akan melakukan proses upgrade firmware dengan cara menginstalnya secara manual dari perangkat Zenfone tanpa menggunakn PC yang disunting dari forum Zentalk https://www.asus.com/zentalk/thread-1158-1-1.html .

Yang kita perlukan hanya firmware yang sesuai dengan Seri, Kode, Tipe dan SKU dari perangkat Zenfone yang kamu gunakan.

Contoh :
  • Seri  : Zenfone 2 Laser
  • Kode : ZE550KL
  • Tipe : Z00LD
  • SKU : WW
Perhatian :

Pastikan firmware yang kamu download SKU-nya sesuai dengan SKU yang tertera diperangkat Zenfone. Misalnya WW -> WW, CN -> CN, TW -> TW. Memilih SKU yang tidak sesuai akan menyebabkan proses instalasi gagal.

Anda tidak bisa merubah firmware yang tadinya memiliki SKU WW -> TW, serta tidak bisa melakukan Downgrade firmware. Misalnya versi firmware yang Zenfone digunakan saat ini V2.20.40.13 kemudian anda akan menginstal firmware dengan versi dibawahnya misalnya V2.19.40.18 maka dipastikan proses instal akan gagal.

Pada saat proses upgrade sedang berjalan pastikan perangkat Zenfonemu tidak kekurangan daya. Dari keterangan pihak Asus sendiri cukup dengan 15 % daya, tapi saya pribadi sebaiknya 100 % full.

Kunjungi situs dukungan firmware Asus di http://www.asus.com/tw/support untuk mendownload file pembaruan sistem yang diperlukan dengan memperhatikan tiga catatan diatas. Setelah fimrware selesai kamu download, cek kembali kondisi firmware tersebut menggunakan Winrarr atau 7Zip.

Jika didalam file Zip hanya tertera 1 file dan masih dalam keadaan tercompres (format Zip) ekstrak kembali sehingga yang didapat berupa file Zip dengan beberapa file didalamnya, perhatikan gambar berikut :

Cara Flash Asus Z00LD ZE550KL Yang Hilang IMEI

Firmware yang berwarna merah harus diekstrak lagi, sedangkan firmware sebelah kanan yang berwarna kuning siap untuk diinstal. Setelah itu, copy file firmware tersebut ke memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder kembali. Maka sistem akan otomatis membaca keberadaan file update denga icon tanda seru dipojok kiri atas menu bar.

Cara Flash Asus Z00LD ZE550KL Yang Hilang IMEI

Klik icon tersebut lalu perangkat akan resrtart kemudian masuk Recovery Mode. Tunggu proses instalasi selesai yang dapat memakan waktu 15-30 menit. Booting pertamakali akan sedikit lebih lama karena ada proses pemasangan sistem dan aplikasi baru.


Cara Flash Asus Z00LD ZE550KL Yang Hilang IMEI

Agar hasil yang didapat Optimal, saat perangkat Asus Z00LD tidak bisa menampilkan IMEI sebaiknya lakukan kedua langkah diatas berurutan. Dari pengalaman, seringkali sistem baru bentrok dengan data sistem lama sehingga perlu untuk dihapus dengan cara Hard Reset.

Penutup

Demikian tutorial Cara Flash Asus Z00LD yang tidak bisa menampilkan nomor IMEI tanpa PC, semoga bermanfaat.
close