10 Penyebab Baterai Hp Android Drop, No 7 Gue Banget

Baterai hape baik itu tipe dan kapasitasnya merupakan salah satu komponen yang jadi pertimbangan seseorang untuk membeli sebuah ponsel android. Meski demikian, setelah hp berhasil dibeli tidak banyak yang berusaha merawat baterai hp dan kerap melakukan salah satu dari 10 hal yang dapat membuat baterai hp drop, rusak dan boros.

Padahal kalau baterai sudah rusak, setinggi apapun spek hape anda tidak akan ada gunanya lagi.
Lalu apa saja 10 hal yang dapat merusak baterai hp android...?

Berikut penjelasannya.

1. Mengoperasikan hp sambil mengisi daya akan mengurangi daya simpan sel-sel baterai.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Mengoperasikan hp sambil di Charge itu jahap
Baterai ponsel terdiri atas sel-sel baterai yang akan menyimpan daya untuk keperluan mengoperasikan hp. Sel-sel yang berukuran kecil ini sangat rentan rusak apabila menghadapi suhu panas.

Suhu hp akan cepat mengalami peningkatan apabila dioperasikan sambil mengisi daya. Padahal seharusnya, proses pengisian daya adalah waktu bagi hp untuk beristirahat. Mematikan hp saat mengisi daya juga akan mempercepat proses pengisian.

2. Mengisi daya tidak sampai full 100% bila dilakukan secara terus menerus akan membuat sistem salah dalam membaca Statistik Daya baterai

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Cabut dulu nanti di charge lagi....
Normalnya, sistem android akan membaca statistik daya pada baterai sesuai dengan kondisi real daya yang ada. Pada saat persentase daya menunjukkan angka tertentu, sistem akan memberi peringatan jika hp sudah waktunya dicharge.

Masalahnya...

Sistem pembacaan daya android dapat berubah sesuai kebiasaan yang kita lakukan. Misalnya anda seringkali tidak mengisi daya hingga penuh, misalnya hanya sampai 90% saja. Lama kelamaan sistem akan menganggap angka 90% adalah angka dimana baterai telah penuh, sehingga angka penghitungannya dimulai dari angka 90%.

Ini artinya daya simpan baterai telah terbuang sejumlah 10%. Untuk itu setiap 1-3 bulan sekali, kita perlu melakukan kalibrasi baterai agar sistem penghitungan daya sistem tetap normal.

3. Tidak pernah mematikan hp bisa mengakibatkan komponen Hardware hape seperti Motherboard Error

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Matikan dulu sebelum di charge
Hape terdiri atas berbagai komponen hardware seperti CPU, RAM, Media penyimpanan, Chipset, Motherboard dan Sistem pendingin layaknya komputer. Berbeda dengan Motherboard komputer yang bisa dipasangi kipas pendingin sehingga bisa bekerja terus-menerus tanpa henti.

Ponsel punya susunan dan performa hardware lebih rendah sehingga perlu diistirahatkan guna menjaga kelangsungan hp. Waktu yang pas bagi hp untuk diistirahatkan adalah pada saat melakukan pengisian daya.

4. Mengisi daya padahal masih penuh bisa mengakibatkan kesalahan baca oleh sistem .

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Harus Chicken Diner  Nih
Seperti yang telah dijelaskan pada poin kedua tadi, sistem akan mempelajari perilaku kita tentang cara mengisi baterai. Namun mengisi daya pada saat baterai masih dalam kondisi penuh misalnya 70% lebih berbahaya dibandingkan poin kedua tadi.

Mengapa...?

Karena jika dilakukan terus menerus, sistem akan menganggap sisa daya yang tidak terpakai sebagai angka yang tepat untuk mengisi daya. Itu artinya anda telah membuang fungsi dari 70% ruang simpan daya pada baterai.

5. Selalu mengaktifkan data seluler membuat hp tetap bekerja menangkap sinyal.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Update Status dulu ahhh...
Selalu mengaktifkan data seluler membuat kita cepat update terhadap pemberitahuan dari Jejaring Sosial seperti FB dan Twitter, maupun pesan Chat yang masuk. Tetapi hal ini juga berarti hp akan terus mencari sinyal dan aktifitas ini memakan daya baterai yang besar tanpa kita sadari. Apalagi lokasi anda memiliki kualitas sinyal yang buruk.

Selain itu, selalu menghidupkan data seluler akan menghabiska kuota lebih cepat. Untuk itu matikan data seluler pada saat tidak diperlukan, terlebih pada saat bekerja supaya produktivitas  anda tidak terganggu.

6. Menggunakan Charger merk lain mungkin terlihat sederhana, tapi tahukah anda jika Voltase charger yang satu dengan yang lain tidaklah sama.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Pinjem Charge Bang
Voltase charger merk yang satu dengan yang lain tidaklah sama. Mungkin ada yang sama tapi saya yakin sebagian besar dari kita tidak akan memperhatikan hal-hal tersebut saat butuh mengisi daya dengan segera.

Tetapi tahukah anda jika mengisi daya dengan charger yang memiliki Voltase berbeda dapat merusak sel-sel baterai. Jika dibiarkan, satu persatu sel-sel baterai tersebut akan kehilangan daya simpannya dan baterai menjadi drop.

7. Main Game di Hp dalam waktu lama dapat menyebabkan panas berlebih yang dapat mematikan fungsi dari sel-sel baterai.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Tanggung Nih
Game yang bagus adalah Game dapat membuat penggunanya ketagihan untuk memainkannya. Game online seperti Mobile Legend dan PUBG adalah dua judul game populer yang tidak cukup dimainkan 5-10 menit. Game ini juga tidak afdol jika dimainkan hanya satu kali sehari. Bahkan banyak kita temukan orang yang keseluruhan harinya dihabiskan untuk memainkan game ini.

Selain sifatnya yang dimainkan online sehingga hape harus bekerja mencari sinyal, game-game ini juga memiliki kualitas grafis tinggi yang akan menguras resource CPU dan RAM. Sedangkan seperti yang kita tahu CPU dan RAM akan bekerja berdasarkan daya dari baterai.

Seperti yang sudah diinformasikan diawal tadi bahwa baterai tersusun atas sel-sel yang rentan mengalami kerusakan. Salah satu musuh utama dari sel-sel baterai ini adalah suhu tinggi. Suhu tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : Penggunaan hape sambil mengisi daya dan bermain game dalam waktu lama.

Jika hal ini dibiarkan, satu persatu sel baterai akan rusak dan daya tahan baterai anda akan drop secara permanen dan minta diganti dengan baterai baru.

8. Menjalankan Android versi Lama seperti Gingerbread atau Jelly Bean selain terlihat kuno juga tidak memiliki fitur penghemat daya yang bagus.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Android Nougat
Android terbaru seperti Nougat dan Oreo punya sistem penghemat daya yang sangat baik. Tidak hanya pada kualitas penekanan penggunaan daya, tapi mengaktifkan fitur tersebut juga sangat mudah.

Berbeda dengan kedua versi android diatas (Nougat dan Oreo), OS Android versi jadul seperti Jelly Bean cenderung lebih boros karena fitur penghemat dayanya belum ada.

Untuk itu, bagi anda yang masih menggunakan versi android lama sebaiknya segera melakukan Upgrade OS Android ke versi terbaru.

Baca Juga : Cara Upgrade OS Samsung ke Android Oreo dan Pie

9. Kecerahan layar yang terlalu tinggi akan menghabiskan daya lebih cepat.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Silau Men
Kecerahan layar adalah salah satu faktor yang paling banyak menghabiskan daya pada baterai. Kecerahan layar yang tinggi sebenarnya diperlukan pada saat berada diluar ruangan. Tapi layar yang terlalu cerah dapat memberikan berdampak buruk terhadap kesehatan mata kita.

Supaya lebih mudah menyesuaikan kecerahan layar, aktifkan fitur Kecerahan Layar Otomatis pada ponsel anda, sehingga tidak bolak-balik menu setting untuk mengatur kecerahan layar.

10. Menggunakan Custom ROM yang tidak stabil dapat menyebabkan kekacauan menajemen daya pada hp.

Dapat Menyebabkan Baterai Hp Android Drop/Rusak/Boros
Enak nih

Berbeda dengan Stock ROM yang dikembangkan oleh insinyur Google dan Developer perusahaan besar seperti Samsung dan Asus. Custom ROM adalah istilah untuk ROM / Firmware Android yang dikembangkan oleh pengembang independen.

Karena keterbatasan sumber daya, ROM yang dihasilkan tentu tak sesempurna ROM pabrikan yang telah melalui rangkaian uji coba. Custom ROM juga kerap memiliki bug-bug yang membuat sistem tidak dapat bekerja dengan normal.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Custom ROM adalah banyak fitur yang tidak bekerja dan daya baterai yang terkuras lebih cepat.

Untuk itu, jika anda ingin mengoptimalkan hp anda sebaiknya gunakan Stock ROM yang telah teruji kestabilannya dan menjamin fitur yang ada di hape berfungsi sepenuhnya.

Baca Juga : Cara Update Stock ROM Xiaomi Semua Tipe

Penutup

Demikian informasi tentang 10 Kebiasaan yang dapat membuat hape Android Drop, Rusak, Boros beserta solusinya.

Semoga bermanfaat
close