Cara Melihat Sisa RAM Laptop di Windows 7 Tanpa Aplikasi

Postingan ini merupakan catatan kecil saya yang penasaran saja tentang bagaimana cara melihat sisa RAM pada laptop. Kalau kita menggunakan hape dengan OS Android, penggunaan RAM oleh sistem dan aplikasi langsung bisa dilihat hanya dengan menekan tombol Recent Apps.

Apabila kita menggunakan laptop cara cek kinerja RAM agak sedikit berbeda. Khususnya yang menggunakan sistem operasi windows, baik itu windows 7 atau windows 10. Agak sedikit berbelit-belit tetapi tergolong mudah bagi yang sering utak atik windows maupun yang masih baru belajar sekalipun. Tujuan kita mengetahui kapasitas RAM yang terpakai pada laptop  atau komputer pada umumnya, hanya untuk Mengetahui apakah memori RAM yang terpasang sudah pas dengan kebutuhan kita sebagai pengguna. Serta untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang memakan memory paling banyak.

Oke itu saja pembukaannya...kita lanjut ke permasalahan.
Cara Melihat Sisa RAM Laptop
RAM Laptop
Secara singkat untuk mengetahui berapa RAM yang digunakan oleh sistem langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Klik kanan pada TASKBAR lalu pilih TASK MANAGER, lalu Klik Menu PERFORMANCE untuk cek sisa RAM sebenarnya . Buka RESOURCE MONITOR untuk cek penggunaan RAM oleh Aplikasi . Jika diperlukan Matikan aplikasi yang yang banyak menggunakan RAM.

Mengetahui Sisa RAM Laptop
Gambar Task Manager Windows 7
Pada bagian yang saya beri kotak merah kedua (yang ada tulisan Physicial Memory) tertera semua data yang kita butuhkan untuk mengetahui berapa RAM yang digunakan sistem dalam satuan Mega Byte (MB).

Gambar diatas akan kita jadikan contoh penggunaan RAM untuk kemudian dianalisa. Sebagai informasi, screenshoot gambar diatas merupakan Task Manager PC saya dengan RAM 4 GB DDR3 merk Kingstone. Disana tertera istilah TOTAL, CACHED, AVAILABLE, dan FREE. Maksud dari istilah tersebut adalah sebagai berikut.

Total RAM. Total artinya keseluruhan ruang pada RAM yang dapat digunakan untuk menjalankan semua aktifitas komputasi kita. Bukannya diawal tadi sudah disebutkan jika komputer yang kita bahas menggunakan RAM 4 GB, kemana larinya memory yang 900 MB...? Ternyata RAM sejumlah 900 MB itu digunakan oleh BIOS dan hardware lain yang mana dalam proses kerjanya memerlukan memori dengan cara meminjam dari memory sistem.

Saya juga baru tahu jika ternyata BIOS memerlukan RAM baru bisa diakses. Info ini saya dapat dari forum diskusi komputer www.tomshardware.com . (ASELI GAK KEPIKIRAN) Untuk membuktikan bahwa BIOS juga perlu RAM, anda tinggal cabut RAM komputer anda lalu coba masuk kedalam BIOS. Saya pastikan yang akan anda dapatkan hanya layar hitam dan bunyi BEEP panjang. Lalu dari 900 MB RAM ada juga peran hardware lain yang memerlukan memory tapi tidak memiliki memory secara fisik.

Hardware yang saya maksud adalah VGA. VGA merupakan komponen PC yang bertanggung jawab menampilkan gambar pada layar monitor kita. Tapi VGA tidak memiliki memori fisik untuk menunjang kerjanya sehingga harus meminjam sejumlah ruang pada RAM untuk dijadikan Video Random Acces Memory (VRAM).

Sebenarnya jumlah RAM yang dipinjam bisa ditekan lebih rendah hingga 32 MB saja karena Motherboard yang saya gunakan mendukung pengaturan tersebut. Dikomputer anda mungkin berbeda, karena masing-masing merk motherboard punya fitur dan kelebihan masing-masing. Pengaturan yang dimaksud dapat diakses pada BIOS. Pilihan penggunaan RAM-nya ada 3 yaitu :  32 MB, 64 MB dan tertinggi 128 MB.

Cached RAM adalah bagian memory yang dijadikan sebagai penyimpanan skala kecil oleh CPU. Didalamnya terdapat data dan instruksi dari aplikasi tertentu yang akan sering digunakan oleh CPU. Mengapa CPU memerlukan ruang penyimpanan segala, bukannya tugasnya cuman memproses saja...? Tujuan adanya Cached memory ini untuk memperpendek akses CPU sehingga aplikasi lebih cepat dibuka atau dijalankan meskipun dibuka tutup berkali-kali. Coba anda buktikan sendiri. Pada saat Apakah aplikasi terasa lebih cepat dibuka. Apakah pada saat pertama kali setelah komputer dihidupkan. Atau setelah aplikasi tersebut ditutup lalu dijalankan kembali. Faktanya Semakin besar jumlah Cached Memory akan lebih banyak juga data dan instruksi yang dapat disimpan. Manfaatnya tentu saja lebih banyak aplikasi yang bisa dibuka secara lebih cepat.

Free RAM. Kita loncat dulu yang keempat untuk membahas Free RAM. Pasti sudah tau kalau Free artinya bebas sehingga dapat disimpulkan inilah SISA RAM SEBENARNYA.

Available RAM. Available RAM maksudnya ruang pada memory yang bisa digunakan baik itu sebagai Cached Memory maupun Memory In Use atau yang sedang digunakan. Memory in Use adalah sejumlah ruang pada memory yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi dan perangkat lunak driver perangkat keras penyusun komputer. Besaran memory yang digunakan oleh sistem operasi dan driver hardware dapat dicek pada Resource Monitor. Tampilannya kurang lebih seperti gambar ini :

Mengetahui Sisa RAM Laptop

Sedangkan diatas chart batang penggunaan memory tersebut ada data penggunaan RAM oleh aplikasi yang sedang dijalankan. Sepintas dari screenshoot diatas aplikasi browser seperti Mozila Firefox dan Chrome termasuk aplikasi yang memakan RAM paling banyak. Tepatnya diatas 100 MB dan bisa membengkak hingga 400-500 MB tergantung banyak tab yang anda buka dan seberapa berat konten yang ditampilkan. Anda bisa ZOOM gambarnya jika kurang jelas.

Sehingga pada saat anda merasa komputer anda lambat gunakan Task Manager untuk mengetahui aplikasi yang banyak menggunakan RAM kemudian anda matikan prosesnya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil dari kasus diatas hanya satu... Untuk mengecek sisa RAM yang benar itu menggunakan Task Manager bukan DXDIAG. Setelah mengetahui berapa RAM yang digunakan untuk menjalankan aktifitas komputasi anda anda bisa menentukan apakah RAM yang komputer atau laptop anda sudah cukup atau tidak.

Jika terasa kurang segera tambah. Tapi sebelum anda membeli RAM baru yang saat ini harganya lumayan mahal. Pastikan spesifkasinya sudah benar serta dijamin bisa dibaca oleh Motherboard laptop atau PC anda. Caranya sudah dijelaskan dipostingan saya Identifikasi Spek RAM Laptop.

Sedangkan tehnis pemasangannya bisa anda pelajari dipostingan saya Menambah RAM Laptop Secara Mandiri , semoga bermanfaat.
close