Cara Mengetahui Tipe, Kecepatan, Jumlah dan Slot RAM Laptop

Akhirnya saya berhasil juga Menambah RAM Laptop Acer Aspire yang sebelumnya 2 GB menjadi 4 GB. Meski pada  awalnya sempat kesulitan karena saya tidak punya pengalaman samasekali tentang bagaimana prosedur menambah RAM pada laptop.

Tapi berkat usaha tanpa kenal lelah, bertanya kesana kemari, masa-masa sulit itu berhasil saya lalui dan laptop Acer Aspire yang sebelumnya mentok hanya kuat menjalankan Windows 7 32 bit, kini sudah bisa menjalankan Windows dengan tipe 64 bit. Pengalaman tersebut akan saya coba bagikan kepada anda yang berencana memaksimalkan kapasitas RAM pada laptop agar performa laptop makin kencang.

Pada postingan ini saya akan menguraikan langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengetahui spesifikasi RAM yang laptop saya gunakan sebelum akhirnya membeli yang baru untuk dipasang di laptop.

Tapi sebelumnya anda mungkin akan bertanya-tanya. Mengapa kita harus tahu spesifikasi RAM laptop segala, bukannya tinggal beli lalu pasang...?

Itu dia masalahnya...

Menambah RAM tidaklah segampang itu, khususnya bagi pemula seperti saya yang baru sekali bongkar laptop. Prinsip utama dalam menambah RAM seperti penjelasan yang saya dapat dari www.laptopmag.com RAM baru harus memiliki spesifkasi yang sama dengan yang sudah terpasang kecuali merek dan kapasitas.

Oleh sebab itu sebelum anda buru-buru beli pastikan RAM tersebut sudah cocok dengan 4 hal super penting berikut :
  1. Tipe RAM Apakah itu DDR2 / DDR3 / atau DDR4. Yang jelas RAM baru yang anda beli harus sama dengan RAM yang terpasang sebelumnya.
  2. Kecepatan RAM baru sebaiknya sama dengan RAM lama karena prinsip kerja RAM itu sendiri akan mengikuti yang lebih lambat.
  3. Kapasitas RAM baru tidak boleh melebihi kapasitas maksimal yang bisa dibaca oleh Motherboard laptop anda
  4. Jumlah Slot RAM pada laptopTersedia slot kosong pada laptop untuk memasang RAM baru.
Cara mengetahui keempat poin diatas akan saya jelaskan tehnisnya satu-persatu.
Cara Praktis Melihat Spesifikasi RAM Laptop

Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop

Semua komputer modern saat ini menggunakan RAM jenis DIMM dengan tipe DDR. RAM dengan tipe DDR ini juga ada pembagiannya yakni :  tipe DDR1, DDR2, DDR3 dan yang terbaru DDR4. Memori RAM untuk laptop memiliki perbedaan berupa bentuk fisik yang lebih pendek dibanding RAM untuk PC. RAM untuk laptop biasa disebut Single Outline Dual In Line Memory Module (SO-DIMM). Laptop produksi tahun 2011 rata-rata sudah menggunakan RAM tipe DDR3.

Tapi hal tersebut tidak boleh dijadikan patokan, karena siapa tahu laptop yang anda beli ditahun 2011 merupakan produk lama yang produksinya tahun 2009. Cara paling mudah mengetahui RAM laptop tipe DDR2 atau DDR3 adalah dengan melihat sticker yang ada pada Body laptop.

Pihak manufaktur biasanya menempelkan stiker pada body yang isinya data spesifikasi singkat laptop seperti : Processor, VGA, Memory RAM, Kapasitas Harddisk serta Komponen konektifitas seperti Bluetooth dan Wifi.

Contoh stiker laptop itu yang seperti ini...!

Cara Melihat RAM Laptop
Sticker Laptop

Tapi ada juga laptop tertentu yang tidak memiliki stiker spesifikasi. Cara alternatif untuk melihat tipe RAM adalah dengan bantuan progRAM CPU-Z yang bisa anda download di www.cpuid.com.

Saya menggunakan yang versi portable dengan format Zip. Didalam file Zip ada dua tipe aplikasi yang diberikan yakni 32 bit dan 64 bit. Silahkan sesuaikan dengan tipe sistem operasi yang laptop anda jalankan.

Setelah aplikasi CPU-Z anda jalankan, klik pada tab SPD lalu perhatikan informasi tipe RAM pada kolom yang ditunjukkan tanda panah merah seperti gambar berikut :

Cara Melihat RAM Laptop
Gambar Spesifikasi RAM oleh CPU-Z
Oia...sebelum lupa.

Memori RAM DDR3 juga ada sub bagiannya, ada DDR3 dan DDR3L. Huruf “ L “  dibelakang tulisan DDR3 mengindikasikan memori tersebut tipe memori RAM hemat daya (Low) dengan voltase 1,35 Volt. Sedangkan DDR3 voltasenya lebih tinggi yakni 1,5 Volt.

Pertanyaannya....

Apakah laptop dengan RAM DDR3 bisa dipasangi RAM tipe DDR3L...?

Nah itu dia yang pada awalnya bikin saya bingung setengah mati. Pada saat mencari RAM di Lazada, RAM dengan tipe DDR3 susah sekali saya temukan. Yang banyak tersedia itu tipe DDR3L. Akhirnya saya putuskan membeli RAM dengan tipe DDR3L saja. Setelah dipasang ternyata bisa dibaca dengan baik oleh sistem.

Jadi begini...

Laptop dengan tipe RAM DDR3 bisa disandingkan dengan RAM DDR3L karena voltase dayanya lebih tinggi dari RAM DDR3L yakni 1,5 Volt. Sebaliknya, laptop dengan tipe RAM DDR3L tidak akan kuat mengangkat RAM DDR3 karena voltase daya yang diberikan hanya 1,35 Volt.

DDR3 = 1,5 Volt sedangkan DDR3L = 1,35 Volt

Tapi ada sedikit perbedaan performa yang diberikan ketika anda menggunakan RAM yang tidak identik. Saya tahu perbedaanya setelah mencoba memasang RAM laptop lain yang kebetulan sama persis dengan RAM laptop Acer Aspire saya.

Cara Mengetahui Kecepatan RAM Laptop

RAM adalah komponen komputer yang paling setiakawan Karena RAM yang kecepatan yang lebih tinggi akan mengikuti RAM dengan speed lebih rendah agar seimbang. Untuk itu...ketika anda mau beli RAM, pastikan kecepatannya sama atau lebih tinggi.

Sedangkan untuk mengetahui kecepatan sebuah RAM kembali kita menggunakan aplikasi CPU-Z.
Perhatikan gambar diatas sekali lagi...! Max Bandwidth yang ditunjukkan aplikasi CPU-Z menunjukkan jika RAM yang sedang digunakan memiliki kecepatan 800 MHz dengan kode PC3-12800.

Jadi kalau saya mau menambah RAM, saya pastikan speednya seperti itu.

Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM

Apa jadinya jika setelah anda beli RAM, ternyata hanya tersedia satu buah slot RAM pada laptop.
Rugi donk pastinya. Untuk menghindari kejadian tersebut, kita harus tahu dulu berapa jumlah slot RAM yang tersedia pada laptop.

Caranya masih sama, gunakan CPU-Z lalu klik pada menu SPD dan alihkan perhatian pada tombol SLOT.

Cara Melihat RAM Laptop
Jumlah Slot RAM oleh CPU-Z
Masing-masing slot ditandai dengan tanda pagar (#)
•    #1 = Slot 1
•    #2 = Slot 2
•    dst

Cara Mengetahui Kapasitas Maximal RAM

Masing-masing laptop memiliki kapasitas maksimal RAM yang berbeda meskipun memiliki merek dan tipe yang sama. Ada yang 8 GB, 10 GB, 16 GB dst.

Contoh kasus : Laptop Asus X455l.

Laptop ini hadir dengan dua varian, ada yang menggunakan CPU Intel Core i3 dan i5. Varian Core i3 hanya menggunakan RAM 2 GB dan bisa diupgrade hingga 10 GB. Sedangkan varian i5 telah terpasang RAM 4 GB namun bisa diupgrade hingga 12 GB. Kedua laptop tersebut memiliki dua buah slot, tapi slot pertama sifatnya permanen dan tidak bisa dibuka.

Lalu bagaimana caranya mengetahui maksimal RAM yang bisa dibaca oleh Motherboard laptop...?

Untuk masalah kita butuh bantun satu aplikasi lagi. Namanya Crucial’s Memory Scan Tool. Ya aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan hardware Crucial yang juga memproduksi RAM. Kunjungi halaman ini untuk mendownload aplikasi Crucial’s Memory Scan Tool.

Setelah anda download, jalankan aplikasinya. Tunggu beberapa saat sehingga muncul hasilnya pada layar laptop anda.

Oia..aplikasi ini harus terhubung ke internet, dan komputer atau laptop yang anda gunakan hendaknya laptop yang ingin anda tahu berapa kapasitas maksimal RAM-nya.

Berikut ini contoh hasil scan dari aplikasi Crucial’s Memory Scan Tool.

Cara Melihat RAM Laptop
Gambar oleh https://www.laptopmag.com/articles/ram-upgrade-tutorial
Mudah bukan...?

Selain menampilkan berapa jumlah maksimal memory, aplikasi ini juga memberikan data yang lengkap tentang hardware laptop anda, termasuk apa tipe RAM, Kecepatan, dan Jumlah Slot RAM yang sebelumnya kita cek dengan CPU-Z. Kalau tidak mau repot menggunakan CPU-Z gunakan saja aplikasi ini dari awal.

Crucial’s Memory Scan Tool juga memberikan data hardware lain seperti Harddisk laptop. Apabila anda berencana melakukan upgrade HDD ke SSD, akan ditampilkan pula berapa ukuran HDD atau SSD yang pas agar muat di laptop anda.

Oke sekarang anda sudah tahu bagaimana melihat spesifikasi RAM laptop anda dengan benar. Anda juga sudah tahu tool apa saja yang dibutuhkan jika kelak ingin upgrade RAM laptop milik teman atau saudara. Langkah terahir tentu saja beli RAM-nya. Karena diluar sana ada beragam merk RAM anda bisa bacaartikel  merk RAM terbaik saat ini.

Sedangkan untuk cara pemasangannya akan saya jelaskan di postingan Cara Menambah RAM.
close