Cara Menambah RAM Laptop. Lengkap Dengan Cara Cek Tipe RAM

Pada postingan sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana Cara Melihat Sisa RAM pada komputer dengan sistem operasi windows 7. Berdasarkan data-data yang didapat dari penjelasan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan apakah kita memang perlu menambah RAM laptop atau tidak.

Jika anda merasa performa laptop masih lambat saat menjalankan aplikasi tertentu maka Upgrade RAM adalah solusi yang patut dicoba. Sehubungan dengan itu, pada postingan kali ini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi RAM baru pada laptop lengkap dengan gambar.

Perlu diingat...Yang akan dijelaskan dalam postingan kali ini adalah cara menambah RAM fisik pada laptop, bukan RAM Virtual yang berasal dari Flashdisk atau Harddisk Internal. Menambah RAM dengan Flashdisk atau Harddisk Interna hanya bersifat membantu kinerja laptop setelah tidak ada lagi ruang pada RAM yang dapat digunakan. Jadi manfaatnya sangat kecil malahan menurut saya percuma untuk anda terapkan.

Sebelum kita masuk kemasalah bagaiman langkah-langkah menambah RAM laptop sebaiknya perhatikan 2  hal berikut yakni : Tujuan Menambah RAM dan Mengetahui Spesifikasi RAM Laptop yang akan diupgrade.

Menambah RAM Laptop

Tujuaan Menambah RAM Laptop

Menambah RAM fisik memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa sebuah laptop yang lambat. Semakin besar kapasitas RAM, maka data yang ditampung lebih banyak untuk diproses oleh CPU sehingga laptop dapat menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan dengan lebih mulus.

Tetapi..apakah anda memang benar-benar membutuhkan RAM dengan kapasitas besar untuk melakukan hal tersebut...? Silahkan analisa kembali aktifitas komputasi harian anda...!

Jika anda menggunakan laptop untuk sebatas mengetik Dokumen, Internetan, Memutar Video dan MP3 sepertinya laptop dengan RAM 2 GB sudah cukup untuk menghandle segala aktifitas anda. Tetapi kalau laptop digunakan untuk aktifitas yang lebih berat seperti mengedit gambar dengan Adobe Photoshop maka menambah RAM adalah pilihan yang tepat.

Mengetahui Spesifikasi Laptop

Saya dan pastinya juga anda tidak ingin RAM yang sudah saya beli ternyata tidak muat dilaptop yang akan saya upgrade. Atau yang lebih apes lagi, sudah beli RAM tapi slot memori tidak ada, karena laptop hanya punya satu slot. Untuk mengindari hal-hal tersebut, pastikan anda sudah kenal seluk beluk spesifikasi laptop anda.

Untuk itu sebelum membeli RAM, saya biasanya akan mengidentifikasi 6 hal berikut :

1. Kapasitas Maksimal RAM Motherboard. Pastinya anda tidak ingin RAM 8 GB yang telah dibeli dengan harga mahal setelah dipasang ternyata yang dapat dibaca oleh sistem hanya hanya setengahnya saja (4 GB saja). Perlu anda ketahui jika Motherboard punya batas (limit) kemampuan dalam membaca RAM, jadi anda harus tahu batasan tersebut sebelum anda membeli memori. Anda bisa mengetahui batas maksimal RAM laptop dengan membaca panduan ini.

2. Jenis RAM Laptop. Misalnya anda menggunakan laptop dengan sekeping 2 GB RAM DDR3L yang akan anda ganti dengan RAM baru dengan 2 keping 4 GB RAM tipe DDR3. Bisa dipastikan laptop anda tidak akan bisa berfungsi karena daya yang dibutuhkan RAM dengan jenis DDR3 L berbeda dengan RAM DDR3 biasa.

DDR3 membutuhkan daya 1.5 Volt  sedangkan DDR3L membutuhkan daya 1.35 Volt.

Untuk mengetahui jenis RAM yang laptop anda gunakan dapat anda lihat pada sticker yang terpasang pada body laptop atau mengeceknya melalui BIOS. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang RAM laptop anda menggunakan dua software bantu ini.

3. Sistem Operasi Yang Akan Digunakan. Ada dua tipe sistem operasi windows yakni 32 bit dan 64 bit. Komputer modern saat ini rata-rata menggunakan windows 10 Arsitektur 64 bit karena lebih kencang dibandingkan versi  32 bit. Tidak hanya lebih kencang, spesifikasi yang diperlukan juga berbeda seperti kapasitas ruang kosong pada harddisk dan kemampuan membaca RAM. Windows 32 bit maksimalnya hanya mampu membaca RAM hingga 4 GB sedangkan laptop dengan dengan RAM diatas 4 GB wajib menginstal windows 64 bit.
Bagaimana jika laptop dengan RAM 8 GB dipasangi dengan windows 32 bit...?

Pada saat membuka about sistem windows RAM yang terbaca dan bisa digunakan hanya 4 GB dan 4 GB lainnya mubazir alias sia-sia.

4. Jumlah Slot RAM. Beberapa seri laptop hanya menyediakan satu slot memori RAM pada motherboardnya serta RAM yang telah terpasang bersifat permanen (tersolder). Karena sudah terpasang mati maka kita harus puas dengan performa yang diberikan karena kita tidak bisa mengganti maupun menambah RAM yang ada. Untuk itu anda harus perbanyak informasi laptop yang akan kita upgrade RAM-nya.
Satu hal lagi...

Ketahui juga tipe, jenis, kapasitas dan jumlah slot RAM agar uang yang kita belanjakan untuk membeli RAM tidak sia-sia.

Baca juga : Cara Mengecek Jumlah Slot RAM laptop

5. Garansi Laptop. Memasang RAM berarti menghanguskan garansi pada laptop anda Karena segel garansi laptop dibuat menempel pada bagian penutup baut sehingga pada saat akan membuka bagian belakang laptop segel tersebut harus dicabut. Untuk anda yang garansi laptop masih berlaku sebaiknya mempertimbangkan hal ini karena sayang sekali jika garansi hangus gara-gara hal sepele seperti menambah RAM.
Baiknya...tunggulah sampai masa garansi anda selesai atau konsultasikan dengan toko tempat anda membeli laptop prihal garansi.

6. Kesiapan Budget. Anda sudah mantap ingin menambah RAM laptop menjadi 8 GB, tetapi kesiapan dana tidak mendukung dan hanya cukup untuk membeli RAM 2 GB. Untuk itu, kembali ke penjelasan nomor 1 untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan anda dalam menggunakan laptop sehingga anda dapat memutuskan apakah tetap lanjut upgrade ke 8 GB atau cukup dengan 2 GB saja.

Langkah-langkah Menambah RAM Laptop

Alat yang akan kita gunakan untuk menjalankan aktifitas menambah RAM pada laptop berupa obeng plus untuk membuka baut laptop. Alat tambahan lain yang juga diperlukan (bisa juga tidak) adalah pick gitar dan kuas mini.

Pick gitar digunakan untuk meregangkan kedua sisi body laptop yakni bagian atas dan bawah untuk memudahkan kita melepas cover belakang laptop. Kuas mini nantinya akan kita gunakan untuk sekalian membersihkan fan CPU laptop dan saluran udara laptop. Jika anda ingin sekalian membersihkan fan laptop yang cepat sekali kotor anda juga bisa sekalian membersihkannya sebelum memasang RAM tambahan.

Langkah 1. Sebelum mulai membongkar, matikan laptop dengan menekan tombol power atau menekan menu Shut Down pada sistem.

Menambah RAM Laptop
Langkah 2. Putuskan semua aliran listrik yang tersambung ke laptop dengan melepas sambungan charger dan baterai. Apabila laptop anda tipe baterainya tanam (Non removable) maka cukup dengan melepas sambungan charger saja.


Menambah RAM Laptop


Langkah 3. Lepaskan satu persatu baut yang merekatkan penutup belakang laptop lalu tempatkan pada wadah yang aman dan berwarna putih. Pisahkan baut dengan ukuran yang berbeda (jik ada) dan jangan lupa untuk menghitung berapa baut yang telah anda lepaskan pada area tertentu untuk menghindari salah pasang atau kehilangan.

Menambah RAM Laptop


Langkah 4. Setelah semua baut terlepas, gunakan pick gitar untuk meregangkan antar penutup belakang laptop yang menempel dengan bodi atas. Jangan paksakan melepas casing dengan menariknya secara paksa, tetapi periksa lagi mungkin ada baut yang belum terlepas seperti pada posisi baterai atau yang ditutupi segel garansi.

Menambah RAM Laptop


Langkah 5. Sebelum memasang RAM luangkan sedikit waktu untuk mengecek kebersihan fan (kipas) CPU laptop dan saluran udara. Hal ini perlu agar sirkulasi udara dibagiana dalam laptop tetap lancar sehingga laptop terhindar dari Overheat yang bisa merusak laptop secara permanen. Pasang RAM dengan posisi miring dengan memperhatikan posisi PIN. Tancapkan RAM lalu tekan kebawah sampai berbunyi “klik”.

Menambah RAM Laptop


Langkah 6. Sebelum menutup casing belakang kembali, perhatikanlah posisi hardware lain seperti Harddisk dan DVD drive apakah sudah terpasang atau berubah posisinya. Pengalaman saya...DVD drive seringkali berpindah posisi sehingga tidak bisa berfungsi setelah laptop dirakit kembali. Pasang baut sesuai dengan posisi semula dan jangan biarkan satu lokasipun terpasang tanpa baut.


Menambah RAM Laptop


Langkah 7. Cek hasil dengan menghidupkan laptop kemudian buka About System dengan membuka Computer / Properties. Perhatikan total RAM yang terbaca oleh sistem, apakah sudah sesuai dengan spek atau tidak.


Menambah RAM Laptop

 

Masalah-Masalah Setelah Menambah RAM

Menambah RAM bertujuan meningkatkan performa laptop. Namun terkadang akibat cara pemasangan yang kurang tepat dan penyebab lain yang tidak terduga menyebabkan kegagalan sistem untuk menggunakan memori RAM tersebut dengan semestinya. Kegagalan tersebut dapat berupa RAM baru tidak terbaca dan laptop mengalami Blue Screen.

1. RAM Baru Tidak Terbaca. Ketika kita memasang RAM kebanyakan kita mungkin tidak memperhatikan kebersihan slot RAM yang akan dipasangi stick RAM. Slot yang lama tidak terpakai biasanya menjadi tempat menumpuknya debu halus yang dalam kurun waktu lama akan menimbulkan masalah. Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah RAM yang terpasang pada slot tersebut tidak terbaca. Untuk itu, sebelum anda buru-buru memasang RAM, sebaiknya gunakan kuas mini untuk membersihkan slot tersebut.

Pastikan pula Memori RAM yang baru dipasang anda cek dulu pada BIOS, apabila telah terbaca dengan sempurna di bios bararti tidak ada masalah dengan RAM tersebut.

2. Blue Screen of Death (BSOD). Blue screen setelah memasang RAM bisa disebabkan oleh banyak hal seperti : sistem operasi yang tidak cocok, driver vga yang tidak kompatibel dan RAM yang tidak cocok. Laptop dapat mengalami masalah Blue Screen apabila sistem operasinya tidak mendukung penambahan RAM. Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh desain laptop itu sendiri dimana dengan jumlah RAM tertentu maka sistem operasi yang digunakan tertentu pula.

Contoh kasus laptop Toshiba Satelite C640 yang terus mengalami Blue Screen setelah upgrade RAM.
Ternyata masalahnya bukan pada RAM tetapi laptop tersebut menginginkan sistem operasi yang lebih tinggi yakni tipe 64 untuk RAM diatas 1 GB.

Laptop juga mengalami Blue Screen jika anda menginstal Driver VGA yang tidak kompatibel dengan spesifikasi vga yang laptop anda gunakan. Pastikan setelah selesai instal ulang laptop Driver VGA yang anda gunakan sesuai dengan spesifikasi VGA yang laptop anda gunakan.

Misalnya vga laptop menggunakan AMD Radeon HD 6230, maka installah driver vga untuk GPU AMD Radeon HD 6230 bukan yang lain. Penyebab ketiga yang dapat menyebabkan laptop mengalami bluescreen adalah RAM yang tidak kompatible dengan Motherboard laptop.

Seperti yang dijelaskan diawal tadi, sebelum membeli RAM sebaiknya jenis, tipe dan kecepatan RAM yang dibeli sudah identik dengan RAM yang sudah ada sebelumnya. Untuk memastikan penyebab Bluescreen adalah RAM baru, sebaiknya lakukan restart lalu masuk ke BIOS dan kembalikan settingan BIOS ke Optimize Setting atau Default Setup. Jika tidak berhasil, buka RAM baru dan hidupkan kembali laptop.

Jika ternyata laptop menyala tanpa masalah setelah RAM baru dicabut, maka bisa dipastikan penyebabnya adalah RAM baru tersebut tidak cocok dengan spesifikasi Motherboard. Sebelum memvonis, akan lebih baik lagi membersihkan ulang slot RAM dan mencoba kembali memasang RAM baru (hanya untuk memastikan).

Penutup

Demikian penjelasan tentang cara menambah RAM laptop acer semoga dapat memberi pencerahan kepada anda yang berencana upgrade RAM laptop.
close