4 Jenis RAM Laptop Modern dan Perbedaannya

Double Data Rate (DDR) merupakan jenis RAM yang digunakan oleh sebagian besar komputer modern saat ini. Sejak dirilis pertamakali 18 tahun lalu RAM dengan tipe DDR telah banyak mengalami pengembangan baik itu dari segi fisik maupun dan performa.

Tidak hanya itu RAM DDR modern saat ini memiliki konsumsi daya yang jauh lebih rendah hampir 40% dari generasi pertamanya. Mengetahui tipe RAM yang ada saat ini menurut saya sangat penting bagi kita yang aktif menggunakan komputer dalam berbagai aktifitas.

Dengan mengetahui jenis-jenis RAM, setidaknya kita bisa mandiri dalam menentukan RAM tipe apa yang kita butuhkan ketika kelak berencana Menambah RAM komputer atau laptop. Meskipun penggunaannya jarang tapi saat diperlukan pengetahuan akan jenis RAM akan menyelamatkan anda dari kerugian.

Eko teman saya baru saja membeli RAM baru merk Corsair 4 GB yang rencanya akan dipasang dilaptop Acer Aspire miliknya. Kebetulan dia mau minjem obeng tapi kebetulan saya juga sedang tidak ada aktifitas jadinya dia minta dibantuin masang RAM tersebut...

Ternyata setelah laptop dibongkar, RAM baru tidak muat pada slot memori yang tersedia dikarenakan tipe dari RAM baru tersebut beda dengan RAM yang laptop Acer si EKO gunakan. Laptop Acer tersebut menggunakan RAM tipe DDR2 (laptop eko memang jadul tapi yang punya sangat telaten merawat laptop sehingga masih awet sampai sekarang).

Setelah saya perhatikan dengan seksama, RAM yang EKO baru saja beli memiliki tipe DDR3L. DDR3L merupakan pengembangan dari RAM DDR3 biasa, tapi lebih rendah daya dari DDR3 biasa.

Alhasil uang 400 ribu yang dikeluarkan untuk membeli RAM tersebut raib sedangkan RAM 4 GB baru tidak terpakai alias mubazir. Si EKO katanya sudah memposting RAM tersebut di FJB Facebook, mudahan saja cepet laku dan modalnya balik.

Jadi dari cerita diatas saya yakin anda tidak ingin mengalami hal yang sama dengan teman saya EKO, sudah capek beli RAM baru yang harganya mahal, tapi ujung-ujungnya tidak terpakai.

1. Memori RAM DDR / DDR 1

RAM dengan tipe DDR (DDR1) pertamkali dirilis tahun 2000. RAM tipe ini memiliki bus clock antara 100-200 MHz. transfer rate RAM DDR terbilang cukup tinggi dimasa itu, dimana kecepatannya bisa mencapai 200-400 MT/s.

sayangnya RAM tipe ini dikenal memiliki konsumsi daya yang tinggi yakni 2.5 / 2.6 volt. RAM DDR1 memiliki 184 pin untuk versi dekstopnya dan 200 pin untuk versi SO-DIMM.

Jenis-Jenis RAM

2. Memori RAM DDR 2

Tiga tahun setelah kemunculan RAM DDR1, ditahun 2003 teknologi terbaru RAM DDR kembali muncul dengan kehadiran tipe DDR2. RAM tipe DDR hadir dengan bus clock dua kali lipat dibandingkan RAM DDR1 yakni antara 200-533 MHz. Kecepatan transfernyapun dirancang meningkat dua kali lipat dari generasi DDR yakni mencapai 400-10066 MHz.

Teknologi RAMah daya juga ditekankan dalam RAM tipe DDR2 dimana konsumsi daya untuk RAM tipe ini ditekan hampir 40% menjadi 1.8 volt saja.

Jenis-Jenis RAM

3. Memori RAM DDR 3

emat tahun semenjak kemunculan RAM DDR2 tepatnya ditahun 2007 para insinyur komputer kembali merilis generasi RAM DDR baru yang diberinama DDR3. RAM tipe ini memiliki bus clock antara 400-1066 MHz dengan speed clock 800-2133MHz dan 240 buah pin untuk versi DIMM dan 200 pin untuk SO-DIMM.

Penggunaan daya kembali ditekan pada RAM tipe ini dimana konsumsi dayanya turun 0.3 volt menjadi 1.5 volt saja. Selang beberapa waktu kemudian, RAM tipe DDR3 kembali hadir dengan voltase lebih rendah dan menjadi tipe RAM yang paling banyak digunakan ditahun 2018.

RAM tipe DDR3l merupakan penyempurnaan dari RAM DDR3 terutama dalam hal konsumsi daya yang semakin rendah dengan daya 1.35 volt saja.

RAM tipe ini bisa disandingkan dengan RAM tipe DDR3 biasa meskipun performa yang diberikan tidak akan sekencang RAM identik.

Jenis-Jenis RAM

4. Memori RAM DDR 4

RAM tipe DDR4 merupakan jenis RAM terbaru yang penggunaannya masih terbatas pada produk baru dan memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan RAM tipe DDR3. RAM DDR4 dirilis tahun 2014 dengan bus clock antara 800-1600 MHz. kecepatan transfer RAM DDR4 1600-3200 MHz.

Konsumsi daya pada RAM tipe DDR4 kembali ditekan dengan hanya menggunakan 1.2 volt daya, lebih rendah 0.1 volt dari RAM DDR3L.

Jenis-Jenis RAM

Penutup

Oke itulah jenis RAM DDR yang digunakan oleh komputer modern saat ini, semoga bisa memberi pencerahan. Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan jika perkembangan teknologi RAM sangat cepat, jika kita lihat siklusnya kehadiran RAM baru hadir 4-7 tahun sekali. Jadi bagi anda yang masih menggunakan RAM DDR2 buruan pindah ke perangkat komputer atau laptop dengan teknologi RAM yang lebih baru seperti DDR3.

Tidak hanya akan mempermudah pekerjaan anda tapi ketersediaan RAM tipe lama seperti DDR2 juga mulai jarang.
close